Ketika Blogger Kontroversi Mengisi Super Blog Moderat

Wisata Banyu Mili di Carang Wulung Wonosalam Jadi Obyek Wisata Terbaru dan Kekinian di Jombang

Dua hari lalu tulisan saya dipublikasikan melalui blog fadlymuin.com. Untuk membuat artikel ini saya membutuhkan lebih banyak waktu. Banyak memikirkan efek tulisan daripada content sebenarnya.

Maklum saja, selama ini blog mas Fadly terkenal angker dengan artikel motivasi yang mampu membuat pembaca tersepona. Terus yang kedua, karakter mas Fadly yang tenang dan moderat cenderung bertabrakan dengan sifat saya yang suka membuat artikel kejutan.

Jadi, saya sempat berpikir ulang. Bagaimana reaksi mas Fadly jika sebuah super blog yang dibangun dengan susah payah reputasinya hancur gara-gara sebuah artikel kontroversi dari Agus Siswoyo.

Kembali saya memakai jurus blogger bonek. Masalah tulisan kena cekal yang punya blog, itu sudah jadi resiko co-writer. Yang penting saya maju dulu. Kalau pun nanti bakalan kena sensor, saya masih punya segudang ide lain untuk ditulis di kemudian hari.

Meski pada awalnya mas Fadly sempat bimbang, akhirnya tulisan saya diluluskan juga. Dan… dimulailah ujian itu. Saat itu saya mengangkat topik pembicaraan Blogger Moralis yang keberadaannya abu-abu. Ada yang setuju ada pula yang berteriak lantang menentang.

Saya tidak mengira respons pengunjung blog begitu hebohnya. Saya sendiri sempat geleng-geleng kepala, mau jawab pakai bahasa yang gimana ya? Untungnya yang punya rumah berbaik hati memberikan solusi tengah bagi perdebatan yang kalau diteruskan mungkin nggak akan ada habisnya.

Buat mas Fadly, terima kasih kesediaannya memberi saya kesempatan penting dalam proses berpikir, menuangkan ide dan berpendapat di hadapan puluhan manusia online lainnya. Jangan kapok blognya saya bikin geger ya. Hehehe…

Bagikan artikel ini melalui:

96 Replies to “Ketika Blogger Kontroversi Mengisi Super Blog Moderat”

  1. :ngakak Senang dapat pertamax di blog kontroversi ini
    saya ucapkan selamat mas, terobosan terobosan menjadi co-writer makin hari makin meningkat saja saya lihat. tidak salah pilihan mas iwan menyebutkan mas sebagai salah satu calon super blogger indonesia

  2. tulisan-tulisannya selalu memotivasi blogger lain nih… hebaattt… pakai jurus blogger bonek juga ya… hehehehehe

    1. @Seputar-Internet, Saya senang jika artikel blog ini bermanfaat bagi pengunjung blog.

      Kalau mau jujur sih, iya mas. Saya ini ngeblog dengan nekad aja deh. Yang penting saya punya niat baik untuk berbagi info. Perkara nanti diterima ya syukur, kalau ditolak ya berarti harus mengulang lagi.

      :lapar

  3. saya berikan dua jempol buat kejujuran dan kehebohan mas Agus dalam berekspresi dan mengutarakan pendapat melalui artikel. Keep up the good work :cendol

    1. @Catatan Hery, Yang saya tunggu-tunggu datang juga nih…

      :hotrit

      Acara "berantem" di blog mas Fadly kemarin menarik lho. Saya antusias sekali. Hehehe…

      Makasih sumbangsih pikiran mas Herry. Saya jadi lebih terbuka menerima pemikiran baru. Juga berani bertanggung jawab terhadap pernyataan yang telah saya buat.

      :thanks2

  4. tulisan mas kemarin memang kontroversi dan bukan hanya sekedar kontroversi tapi juga sarat dengan makna… keren pokoke deh….

  5. Hukum alam, siapa yang menabur pasti akan menuai, hehe…
    Yang kontroversi, pasti berpotensi menimbulkan tsunami… semoga gak sekedar cari sensasi, tapi betul-betul berisi, yang berangkat dari hati nurani. Just stay cool aja deh!
    Nikmati saja prosesnya, Mas. Hingga pada saatnya nanti, karakter itu akan sesuai untuk Mas Agus.
    Salut, atas perjuangannya menggarap artikel multikarakter.

    1. @Umar Puja Kesuma, Semoga Surabaya nggak kena dampak tsunami kiriman Lapindo mas.

      :hope

      Saya sendiri terpacu untuk menunjukkan bahwa artikel kemarin itu bukan sekedar cari sensasi. Butuh waktu untuk membuktikan kapasitas saya yang sesungguhnya. Semoga saya bisa.

      :rate

  6. wuih….! anda sudah membangunkan blog sekampung mas Agus
    selain motivator, saya juga pembaca karakter loh mas 😀

    jadi saya sudah membaca gelagat anda menawarkan artikel yang agag “gahar”. komentar-komentar anda sebelum-sebelumnya yang berharap saya menetaskan artikel yang sedikit menggoyang dunia blogging pun sudah saya rasa..

    kenapa di blog mas arief, artikelnya begitu slow… di blog mashengky begitu rilex.. dan ketika di blog fm jadi Gempar? he he he… anda ingin saya goyah dan bersikap sedikit agresif? terima kasih mas Agus untuk itu. tapi intinya saya tetap menghargai perbedaan.

    namun ada satu hal yang saya ingin berucap terima kasih untuk mas Agus, Karena sudah mempertebal karakter saya sebagai “Blogger moderat”. saya baru sadar 😀

    *untuk berikutnya silahkan saja mas..

    1. @fadly muin,

      Memang, karakter dan watak seseorang nggak bisa diubah mas. Dia ada sejak kecil hingga tumbuh dewasa. Inilah yang membedakan satu blogger dengan lainnya.

      Pintar baca karakter saya nih? Hihii… Takut ah, jangan-jangan pintar juga baca pikiran lewat telepati…

      :takut

    1. @dafiDRiau, Iya mas, saya jadi lebih tahu persaingan yang sebenarnya dalam blogging. Selain itu, saya mendapati banyak hal baru dari blog yang berbeda-beda karakter dan segmentasi.

  7. Menulis di super blog adl sarana menguji kemampuan. Sbrp jauh qta bs survive menghadapi komunitas super blog. Tentunya setelah melewati saringan dari penulis blog. Dlm hal ini FM.com memang blog kelas berat. Saya suka membaca > 1x utk menangkap makna tulisannya. Congrats mas Agus bisa tembus disana.

    1. @arief maulana, Waduh, saya sempat nervous juga mas. Terasa beraat menanggung imej mas Fadly. Untungnya mas Fadly welcome dan berbaik hati memberi saya kesempatan.

      Anyway, saya masih penasaran mengisi blog Arief lho. Sekarang lagi nabung artikel untuk itu…

      :rate

  8. bedeuh bedeuh…… sepak terjang sang CO-Writer….

    kasian rumah orang udah damai, dibuat gempa seketika…

    oia, ngobrol2 anchor text saya " Khalid AbdullAh" mas… bukan " Khalid AbdullOh "

  9. jadi ngiri sama mas agus nih…

    selain bisa posting tiap hari…

    juga sudah melanglang buana ke beberapa super blog…

    saluto…

  10. ah iya….

    saya kemaren sempet baca di blog mas Fadly, cuman nggak berani komentar 😀

    saya ni termasuk tipe "monggo sampeyan benar, tapi tolong saya jangan disalakan" 😀 (terutama dalam kaitannya menyikapi tipikal blogger yang mas Agus sebut di artikel di blog tetangga itu)

    pola pikir "orang baru" mas. endak ada nyali tapi mau berkreasi.

    jadi kalo udah nyerempet2 begitu ana mundur aja mas… haha…

    any way, maap loh ini mas kalo ada salah2 kata 😀

    1. @febri, Kalau berkreasi tanpa nyali, karyanya jadi apa ya? Pasti setengah-setengah deh. Asal tulisan bisa dipertanggungjawabkan, saya pikir never mind.

  11. Yang jelas saya sangat salut untuk setiap penulis yang berani berada dalam zona "kurang aman" …wkwkwkw

    Asal jangan keterusan aja nulis yang kontroversial. Kita juga perlu menyelingi dengan model tulisan lain, biar ada variasi.

    1. @iskandaria, That's right! Terlalu sering mengumbar sensasi bisa bikin gawat karir ngeblog. Pembaca juga pastinya bosan dengan acara berantem melulu. Sekali-kali akur juga baik.

  12. haik haik haik mantap euy tulisannya :recsel

    kalo saja saya bisa memikirkan hal seperti itu, karena saya juga ogah jadi jamur duam……yang cuma nongol pas musim ujan n kalo musim panas ngilang….

    1. @mh, kalau mengalahkan sih bukan mas, masih perlu waktu untuk membuktikannya. Tapi blogger muda sekarang lebih ekspresif dalam berpikir dan lebih berani ambil resiko.
      :hotrit

  13. Terimakasih dan selamat malam mas agus, sudah berkunjung ke BBM, tetap mas rupiah itu jati diri, kira kira berkenan ga ya nulis di BBM atau di muklis.com, salam sukses selalu di tunggu ya Mas Agus, atau mungkin kurang top kali ya BBM dan muklis.com ha…ha…gubrak

  14. apapun bisa terjadi asal mau berusaha n semngat hehehe

    makasihh review na jd tambah smngat omz

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih 😀

  15. cakep juga nih mas

    sesuatu yang beda jadi insfirasi..

    belajar ah dari para master

    abdimah jalmi alit atuda…..

    sendal aja no 2

    nyambung gk?????

  16. Di situ kelebihannya justru menurut saya Mas!

    Ada penyeimbang, Blog yang biasanya berisi artikel-artikel yang ketika membacanya harus bercucuran "keringat", diselingi dengan karakter artikel yang bikin kejutan. ITU SEBUAH TERAPI yang menyehatkan 😀

  17. Intinya, siapa yang mau jadi co-writer. Jangan berpikir aneh-aneh dulu. Take action aja dan perhatikan apa yang terjadi. hehehe

  18. Ping-balik: Ashly Madison
  19. Ping-balik: Free dating online
  20. Ping-balik: Travel guide

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *