Keunggulan Ngeblog di WordPress Yang Wajib Anda Ketahui

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Kalau mau jujur, saya sebenarnya menyesal kenapa dulu start ngeblog di blogspot, bukan di WordPress (WP). Karena setelah pindah ke domain berbayar, baru saya tahu bahwa ngeblog di WP tidak rumit dan mempunyai banyak keunggulan.

Karena sudah banyak pembahasan tentang hal ini, saya akan membahas singkat saja. Kalau mau penjelasan panjang lebar, silahkan kunjungi artikel blogger lain. Heheheโ€ฆ

Keunggulan yang saya maksudkan antara lain:

Pertama, template blog mudah diganti. Bagi yang mudah bosan dengan tampilan blog yang itu-itu saja, hal ini tentu membantu proses klak-klik blog tanpa takut kehilangan widget yang masih aktif. Template WordPress ada ribuan dan bisa didownload secara gratis di internet. Kalau punya duit agak banyak, Ada bisa beli wordpress theme berbayar yang punya beberapa fitur ungulan yang tidak dimiliki theme gratisan.

Kedua, cepat ter-index oleh search engine. Ini cocok bagi blogger yang memfokuskan diri jualan link, ikut kontes ngeblog dan jualan produk. WordPress memang bukan buatan Google. Tapi WordPress punya banyak plugin yang berguna sekali dalam membangun optimasi web. Misalnya nih ada plugin Jetpack by WordPress yang komplit bin lengkap banget untuk bekerja para fulltime blogger.

Ketiga, tersedia plugin untuk menambah kemampuan blog. Sedikitnya ada 15 plugin unggulan dengan berbagai manfaatnya. Dan semuanya tersedia gratis di wordpress.org. Plugin wordpress juga ada yang tersedia dalam versi berbayar, dengan fitur unggulan tertentu pastinya. Butuh fitur apapun ada di gudang wordpress.

Keempat, bisa memblokir pengunjung dari IP address tertentu. Kalau anda tidak suka dikomentari blogger tertentu, bisa kok di blacklist. Gimana cara melakukanna? Pakai plugin wordpress tentunya.

Kelima, adanya halaman statis yang melayani info pengunjung blog. Hal ini membantu kita memantau perkembangan blog per hari, minggu dan bulan. Ini tersedia gratis dari plugin Jetpack. Cukup hubungan website wordpress.org Anda dengan website wordpress.com Anda. Dan selesai!

Kalau menurut CD panduan WP yang saya punya, sebenarnya masih ada banyak keunggulan lain. Tapi daripada dibilang lebay, lebih baik Anda membuktikan sendiri asyiknya ngeblog di WP.

Bagi teman-teman yang masih pakai domain gratisan di blogspot, saya menyarankan untuk segera belajar ngeblog di wordpress.com. Supaya terbiasa dengan lingkungan WP. WordPress memiliki banyak keunggulan yang membantu Anda ngeblog lebih baik.

Ngomong-ngomong, ada yang tahu keunggulan WP lainnya?

36 Replies to “Keunggulan Ngeblog di WordPress Yang Wajib Anda Ketahui”

    1. Hihihi…

      Memang, bagi dukun blogger kayak Mas Hengky, sudah pasti basi. ๐Ÿ˜› Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk teman-teman lain.

  1. saya ingin menambahkan sedikit Mas.
    untuk point pertama itu hanya berlaku untuk wordpress.org tidak untuk wordpress.com sedangkan blogspot semua bisa walaupun masih gratisan.

    point ketiga blogspot mempunyai lebih banyak gedget (istilah lain plugin) yang dapat diinstal ke blognya dan bisa mengadaptasi plugin-plugin punya wordpress.

    point kelima masalah halaman statis di blogspot.com bisa dibuat Mas jika anda tahu caranya.

    yang penting saya sebagai blogger tidak minder ama pengguna wordpress.org.

    makasih banyak…

    point kedua kenapa wordpress lebih cepat terindex, dikarenakan mereka menggunakan SEO booster. blogspotpun bisa lebih cepat terindeks hanya dengan memainkan meta content dan meta description..

    1. Saat saya pakai blogspot dulu juga berpikiran seperti Anda. Tapi saat praktek langsung, ternyata sama mudahnya.

      Peribahasa mengatakan: alah bisa karena biasa. Jadi, mengapa tidak dibiasakan sejak sekarang?

  2. Ini kan curahan pengalamannya Mas Agus. Sah-sah aja kalo Mas Agus bilang WP lebih unggul. Nggak ngebantah, ah.

    1. itulah gunanya blog mas…
      Isi blog adalah pengalaman priibadi yang punya, bukan pengalaman orang lain. Atau ngaku-ngaku pernah menjalani tapi sebaliknya.

  3. Ngomentari mas Rudy:

    "sedangkan blogspot semua bisa walaupun masih gratisan."

    Emangnya blogspot ada berapa macem mas? Hehehe.. Lha wong cuman 1 ya jelas aja semua hahaha

    "point ketiga blogspot mempunyai lebih banyak gedget"

    Ups.. lebih banyak? Gak salah nih.. Hmm.. coba cari gadget untuk bikin forum diskusi di blogspot aah. atau bikin buku tamu atau mungkin blogspot juga bisa buat web affiliasi hehehe

    "point kelima masalah halaman statis di blogspot.com bisa dibuat Mas jika anda tahu caranya"

    Caranya, bikin artikel biasa lalu dikasih link di halaman utama.. Tapi tahu tidak, page di WP bisa dibuat nested. Jadi ada Page ada sub page, dst

    "kenapa wordpress lebih cepat terindex, dikarenakan mereka menggunakan SEO booster. "

    Wah istilah baru nih SEO Booster. Setahu saya, yang bikin WP unggul ya seluruh komponennya, mulai sitemap, robot.txt, sampai komponen2 lainnya. Gak ada tuh istilah booster2an

    "blogspotpun bisa lebih cepat terindeks hanya dengan memainkan meta content dan meta description.."

    Jadi pengen tahu ada yang bisa menang hanya dengan cara diatas.. ๐Ÿ˜€ Oh iya, meta content itu apa ya? hi..hi..hi… Setahu saya sih yang ada tuh meta keyword dan meta description aja

  4. Wah Mas Lutvi kok dateng aja ya dimana-mana kalau membahas masalah ini???
    Emang top nich konco, nggak salah beliau termasuk yang disegani kalau bicara masalah wordpress..he..he..he..

    Saya ini ibarat tong kosong nyaring bunyinya, berlagak ngomentari tapi ilmu kurang banyak. Anyway kita tidak tahu apa yang salah jika kita tidak mencobanyakan???

    Intinya blogspot bisa menampung segala kreatifitas yang dibuat penggunanya Mas, mereka bisa berkreasi apa saja tanpa ada dibatasi.. kalau wordpress sepertinya agak sulit ya kecuali dia udah menjadi member cafebisnis.com..he..he..he….

  5. Nah kalau yang ini baru setuju saya. Menampung segala kreatifitas.

    Seperti yang saya lakukan di web DPRD Sidoarjo, rata2 web pemerintah pakai Joomla, saya malah pakai WordPress.. hahaha

  6. Wah, sudah pada ramai comment nih…

    Mas Lutvi juga ikutan nimbrung, terima kasih kunjungan kalian semua. ๐Ÿ˜€

    Saya mau sedikit meluruskan. Posting ini saya hadirkan atas dasar pengalaman pribadi dan tidak bermaksud untuk membuat blok-blok yang condong ke pihak tertentu.

    Kalaupun ada perbedaan ide, pendapat dan pemikiran, itu wajar saya. Beda kepala, beda isinya juga khan. Hehehe…

    Mari kita jalin pertemanan lewat blogging. Karena prinsip saya: Sekali blogging, tetap blogging.

    Hidup Blogger Indonesia!

  7. Wewww…. Salut buat Mas Agus. Selamat! Saya pas mendarat disini terkejut lihat blog ciamik ini ๐Ÿ˜€

    Saya juga ada rencana untuk menggunakan WordPress untuk blog bisnis ke depan. Tapi, Sudeska.Net tetap akan dipertahankan di Blogspot. Saya akui, untuk bisnis, basic yang cocok saat ini memang WP deh…

    O, ya… link Mas Agus di blog saya berarti diganti juga ke alamat ini ya? Ok…

    Sukses buat Mas Agus…

  8. kalo untuk newbie menurut saya lebih mudah pake blogspot karna mudah kostumisasinyaa..
    tapi kemaren sayaa coba pake wp, ternyat asik juga,, edit templatenya juga tidak membingungkan.

  9. Blogpot.com dan wordpress.com adalah fasilitas gratisan. Tapi bila kita sebagai pebisnis online Blogpot lebih unggul dari pada wordpress gratisan, karena wordpress gratisan tidak bisa di apa-apain, lainnya halnya dengan blogspot.

    Bila kita sudah beli domain sendiri, gunain wordpress itu lebih bagus karena wordpress yang kita install sendiri bisa kita kustomisasi sendiri tanpa ada hambatan dan halangan. Kita bisa masukan tema sesuai hati kita, tambah plug-in semaunya bahkan bisa kita tambahan script ppc untuk monitais web kita.

    Jadi jangan menyesal bila kita belum mampu beli domain, gunain aja blogpsot untuk fasilitas yang lebih beragam dan komplit.

    Lain dengan saya, saya selalu gunakan domain milik sendiri bila mau bisnis, seperti web yang satu ini http://www.kayadaribisnisonline.com

    Salam Sukses

  10. Waaah asyik neeeh, jawara-jawara blog turun ngasih tuntunan.

    sy pemula bangeet ngeblog…

    tolong dunk info blog yang akan membimbing saya mempelajari WP atau pun blogspot. biar cepet pinter dan bisa menyalurkan hobby baru saya.

    kasip seeh memang, tapi lebih baik terlambat dari pada g punya kemauan, betul khaaaan.

    thanks beraaaaat buanget buat semua

  11. Pengalaman saya dg Mas Agus sama juga rupanya. Tapi saya lihat sekarang di blogspot sudah bisa membuat halaman statis dan pilihan templatenya sudah lebih canggih, dan fitur-fitur widgetnya sudah bertambah. Kalau untuk urusan SEOnya, memang hanya pakar-pakar blogspot yang tahu.. WordPress memang praktis. Kalau dalam urutan dedengkot blog, wordpress tetap masih nomor 1.

    Salam kenal dan salam sukses.

    1. @endang kusman, salam kenal juga Pak Endang. sekarang kan sudah pakai yang berbayar, jadi komen ini hanya pelengkap saja. hehe…

  12. Salam kenal,
    memang WP kalo masih gratisan emang nggak bisa diapa2in yak? apalagi dipasangi script PPC..heheh ๐Ÿ˜› maklum masih pemula…jadi belum banyak tahu…. tapi kalo kita sudah terlanjur bikin blog gratisan wordpress.com, apabila kita upgrade langsung, apakah kita bisa pasang script PPC ke WP nya itu ya?? soalnya saya bingung, di WP.com ada dua pilihan..upgrade domain sama upgrade customize CSS…pilih yang mana ya mas, supaya kita bisa monetize blog kita….? makasih sebelumnya..sibb!!

  13. In recent times I have seen so many posts about auto blogging. I have seen articles on many blogs which claim auto blogging does not work. Some go as far as saying the practice is stealing of content.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *