Lain Ladang, Lain Belalang

Perayaan Hari Kartini Tahun 2018 oleh Guru-guru SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Perayaan Hari Kartini Tahun 2018 oleh Guru-guru SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Apa kabar sobat blogging se-Indonesia Raya?

Rasanya sudah lama tidak menulis di dashboard blog ini. Tiga hari terakhir, update artikel blog diisi oleh kawan-kawan peserta Kontes Menulis. Sementara itu, karena saya terbiasa menjelajah blog tetanggga,  jadinya saya mengungsi sebentar ke blog mas Arief.

Ngomong-ngomong tentang penulis tamu, ada kesan yang berbeda setiap kali saya menulis di dashboard blog tetangga. Kadang kala saya cukup tertekan oleh image superblog yang disandang blog tuan rumah. Tapi tak jarang saya bisa berpikir nothing to lose, santai dan easy writing.

Contohnya, saya sempat membuat satu kesalahan saat mengisi blog Mas Hengky. Maunya membuat tulisan santai yang bisa ‘nendang’ pikiran khas gaya penulisan bandar VCC Indonesia, eh malah jadi kacau. Pembahasan tidak komplit, pemikiran dangkal dan terjebak pada model blog owner.

Beda lagi keadaannya saat saya menulis artikel menciptakan Moment Kebangkitan di blog Mas Arief. Karena merasa satu aliran blogging, saya bisa lebih enjoy dan mendalami setiap kata yang saya tulis. Selain itu, faktor kedekatan emosional juga membuat pikiran saya lebih terbuka dan kalimat-kalimat posting hadir begitu saja.

Dan masih ada beberapa blog lain yang memiliki keunikan masing-masing. Salah satu keunikan adalah, blogging bisa menjadikan diri saya berpikir ala kanak-kanak dan dewasa dalam sekali waktu.

Saat menulis artikel paling garing di blog Arief Rizky, saya merasa menjadi orang tua yang sedang memberi teka-teki anak-anaknya tentang sebuah topik pembahasan.  Dan ibarat orangtua yang sedang mendidik putranya, saya belajar bersabar menerima pendapat para komentator.

Bagaimana, apakah Anda punya kesan-kesan lain yang bisa dibagikan dengan kawan-kawan lainnya? Atau justru belum pernah menulis di blog lain?

Bagikan artikel ini melalui:

121 Replies to “Lain Ladang, Lain Belalang”

  1. Saya malah pernah crash mas sama penulis lain yg juga penulis tamu di blog org (sy rahasiakan). Hehehe… Salah saya sih. Waktu itu terlalu congkak. Akhirnya gara" crash itu, saya lantas berbenah diri. Manusia, kadang" khilaf hehehe…

    1. @Ahmad Subandono, Ada yang salah tafsir nih. Publikasinya memang selama dua bulan, yaitu tgl 1 Maret-28 April 2010.

      Tapi harap dibaca juga tambahan dibawahnya: Artikel dipublikasikan di blog AgusSiswoyo.com selama waktu kontes pada hari Senin, Selasa dan Rabu.

      Kalau selama 2 bulan penulis tamu terus yang eksyen, bisa-bisa saya stress karena nggak kebagia menulis di blog ini. Hehehe…

      :ngakak

  2. belum pernah nulis di blog orang mas jadi g bisa cerita, baru kemarin di kontes blog ini. itu yg pertama mudah2an bisa menambah pd saya.

      1. @Agus Siswoyo, aduh pak, maaf, saya gak bisa online terus sekarang. yah, saya cuma ngikut berpartisipasi aja. gak dinilai juga gak pa2 kok pak, santai aja saya… hehehe… :recsel

  3. tentu dong.. kesan sangat beda dan ada perasaan lain saat menulis di blog tetangga. tapi tetap nikmat mas.. sensasional gitu loh..!

    kalau masalah respon yang berbeda, mungkin karena pembaca blm terbiasa saja….

    1. @fadly muin, sensasinya tak bisa hilang tujuh hari tujuh malam. Bahkan untuk blog FM.com masih membekas sampai detik ini.

      Kepala masih terasa berat…

      :hammer

      :ngakak

    2. @fadly muin, bener mas nulis di blog sendiri nggak terlalu deg-degan karena memang saya sendiri yang menentukan. Tapi di blog lain, wuih sensasinya… Tak terkatakan!

  4. wah yang pasti kesannya bangga, namun seperti mas agung bilang ada rasa tertekan karena blog dimana kita menulis sebagai tamu adalah blog tenar….. :ngakak

  5. menulis di blog orang lain itu selain dibutuhkan keberanian, juga diperlukan seni tersendiri, salah satunya memahami karakter blog si empunya, tanpa menghilangkan karakter kita sendiri..Alhamdulillah saya telah 4 kali berkesempatan menulis di blog orang lain, blognya mas Tri W, dik Arif bebegendut, mas Budhi Untung, dan blognya mas Agus ini (belum publish)..masing2 punya sensasi tersendiri..pokoke enjoy it aja lagi! :recsel :recsel

  6. sayangnya saya belum pernah nampang di blog lain. seperti kata mas Agus, masih jago kandang.

    Hehehe…

    :ngakak

    1. @Info Islami, anda benar, salah satu tujuan diciptakan perbedaan antar manusia adalah agar saling mempelajari kekurangan dan kelebihan masing-masing orang. Sehingga, makin banyak kita berinteraksi dengan blogger lain, kemungkinan makin besar untuk memperbaiki kemampuan diri.

  7. Senang rasanya jika bisa nulis diblog lain, ya ada pelajaran berharga bg saya ms, untuk bisa menarik pengalaman biar terasa tidak menyakitkan jika nanti nulis dblog rekan lainnya

  8. Pengalaman yang menarik mas.

    Saya juga punya niat untuk menulis di blog lain. Namun berhubung blog saya masih baru, saya harus memperbanyak konten blog sendiri dulu. Minimal sampe 20 artikel. Sebab bagaimana pun juga, para pengunjung baru dari hasil kita menulis tamu di blog lain harus bisa kita konversi menjadi pengunjung tetap blog kita nantinya.

    Bukan sekadar pengunjung pertama kali dan terakhir kalinya. Mungkin ini poin atau trik sebelum terjun sebagai penulis tamu. Kalo blog Mas Agus ini sih kondisinya memang sudah sangat layak untuk menjadi penulis tamu. Artikelnya udah banyak dan karakternya udah mulai terbentuk.

    Keep posting ya.

    1. @iskandaria, Nggak usah nunggu sampai punya banyak koleksi tulisan mas. Meski baru posting 3 biji, nggak ada salahnya membiasakan diri merasakan atmosfer dashboard blog tetangga.

  9. saya belum pernah nulis di blog orang lain…jadi hanya bisa membaca artikel mas Agus ini, dan mencoba merasakan… seperti apa kira-kira rasanya…

    good guest writer !

  10. Mas agus hebat ya bisa nulis artikel di blog lain.Saya pernah baca juga artikel mas agus di blognya mas arief.

  11. mas, besok hari minggu bisa ngajarin aku bikin blog nggak? makin penasaran ngeblog juga. sepertinya sampeyan kok enjoy di luar kegiatan kantor doremi.

    1. @Sasha, emangnya dik Sasha aja yang mau di ajari, saya yang tiap hari ketemu aja nggak pernah ditulari ilmu babar blas. gimana nih bos…

    2. @Sasha, kelihatan enjoy ya? syukurlah. Padahal sebenarnya otak mumet mikir jadwal yang sering bentrok.

      Hari minggu? Call flexi saya aja ya.

  12. cuma sekali mas di blog mas trie

    dua tawaran berikutnya blm bisa saya penuhi

    masih sibuk offline

    (cari alasan : mode on hehehe)

  13. Lain Ladang Lain Belalang, Lain Lubuk Juga Lain Ikannya Mas… he he he… intinya kita harus menyesuaikan diri dengan karakter blog tempat kita jadi penulis tamu.. saya sudah coba mas tapi masih draft di blog ini.. masih butuh beberapa perbaikan lagi

    1. @dodypku, oke mas, terima kasih sudah ambil bagian dalam kontes ini.

      Status tulisan mas Dody masih pending review kok. Rencana saya publikasikan hari Rabu, 10 Maret 2010 pukul 05.00. Masih ada waktu beberapa hari untuk edit tulisan.

  14. What i don’t realize is actually how you are not really much more well-liked than you might be right now. You’re very intelligent. You realize therefore significantly relating to this subject, produced me personally consider it from numerous varied angles. Its like men and women aren’t fascinated unless it is one thing to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs nice. Always maintain it up!

  15. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

  16. Nicely completed, wonderful job We have to say you actually realize to conquer and grap the focus of the readers

  17. Aw, this was a very nice post. In concept I wish to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to get something done.

  18. This website is actually a walk-through for all of the data you desired about this and did not know who to ask. Glimpse right here, and you willl definitely discover it.

  19. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  20. Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A design like yours with a few simple adjustements would really make my blog jump out. Please let me know where you got your theme. Many thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *