Macam-macam Aksesoris Pada Kamera Profesional

Tips Fotografi Pemula - Mengenal macam-macam aksesoris kamera
Tips Fotografi Pemula – Mengenal macam-macam aksesoris kamera

Apa kabar sobat blogger Jombang? Saat ini siapa yang tak mengenal foto selfie? Hampir semua manusia suka berswafoto. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga manula memiliki antusias bergaya di depan kamera. Tidak bisa disangkal lagi, kamera adalah salah satu kebutuhan utama dalam berkomunikasi sekaligus mengabadikan peristiwa-peristiwa menarik dalam hidup. Sayangnya, kebanyakan pengguna kamera saat ini tidak memiliki kemampuan mengoperasikan kamera dengan baik.

Teknik pengambilan foto diri sendiri ini banyak digunakan untuk memamerkan gaya hidup seseorang. Namun untuk keperluan yang lebih besar seperti kegiatan seni, perjalanan bisnis, hingga saat mengabadikan moment-moment indah dan penting tentu akan kurang sempurna jika hanya diambil dari foto handphone menggunakan tehnik selfie. Diperlukan kamera dan juru foto profesional yang memiliki berbagai aksesoris pendukung kerja camera lengkap untuk dapat menghasilkan foto yang sempurna.

Pengetahuan fitur-fitur unggulan dalam kamera berpengaruh dalam menghasilkan gambar foto yang bagus. Oleh karena itu, kenali terlebih dulu beberapa jenis lensa kamera dan piranti lain dalam kamera. Jika Anda berniat memiliki alat rekam gambar dan memotret yang bagus, ada beberapa jenis kamera dan lenda di pasaran yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Jenis lubang jarum.
  • Range Finder.
  • Twins Lens Reflex.
  • Single Lens Reflex.
  • Format 120.
  • Format besar.
  • Lomo.
  • DSLR.

Bukan hanya mengenal berbagai macam jenis gaya dalam foto, Anda pun hendaknya memahami jenis lensa dan teknik pencahayaan yang benar agar bisa menghasilkan foto yang unik dan berkesan. Selain itu, kenali juga berbagai aksesoris kamera yang mampu mendukung kinerja Anda dalam memotret. Berbagai perlengkapan yang mendukung kerja atau biasa disebut aksesoris dalam pemotretan dapat dikategorikan sebagai berikut:

Lensa

Lensa dapat dikatakan sebagai bagian dari alat perekam gambar yang paling penting. Ada beberapa jenis lensa yang dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan atau tujuan pemotretan sehingga didapatkan gambar yang pas. Beberapa jenis lensa antara lain:

  • Lensa normal

Adalah jenis lensa yang digunakan untuk mengambil gambar seperti pada sudut pandang manusia.

  • Lensa fixed

Lensa ini memiliki panjang fokus yang tidak dapat diubah-ubah.

  • Lensa Tele

Lensa tele adalahlensa yang memiliki panjang fokus lebih dari 50mm, digunakan untuk memperbesar objek atau mendekatkan objek pada lensa.

  • Lensa sudut lebar

Lensa ini memiliki panjang fokus kurang dari 50mm, digunakan untuk mengambil gambar yang lebih luas.

  • Lensa mata ikan

Memiliki sudut pengambilan gambar sebesar 180° sehingga menghasilkan gambar seperti mata ikan.

  • Lensa makro

Merupakan lensa fokus yang digunakan untuk mengambil detail atau gambar yang berukuran kecil.

Tahukah Anda bahwa jenis-jenis lensa tersebut akan  mempengaruhi sudut pengambilan kamera sehingga gambar yang dihasilkan dapat menjadi lebih detail atau lebih lebar tergantung dari jenis lensa yang digunakan?

Peralatan Lighting

Pada pemotretan profesional baik di studio maupun outdoor para fotografer pastinya akan membawa sebagian atau semua peralatan lighting untuk membantu proses pemotretan. Peralatan lighting yang penting diantaranya:

  • Lampu kilat.
  • Lampu flash build in dan eksternal.
  • Lampu studio power.
  • Barndoor filter.
  • Light stand.

Semua aksesoris tersebut dapat digunakan pada seluruh jenis alat pemotretan sehingga bersifat universal. Namun untuk keperluan personal, Anda tidak perlu memiliki semuanya, hanya yang diperlukan dalam pengambilan gambar sehari-hari misalnya lensa normal dan lensa fixed. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahwa penggunaan kamera dengan tujuan personal hanya dilakukan pada momen-momen yang wajar dan normal, tanpa tujuan komersil.

Untuk lensa normal pastinya sudah Anda dapatkan ketika pertama kali membeli alat potret jenis apapun. Selain aksesoris di atas, Anda akan memerlukan tas untuk membawa keperluan fotografi Anda agar lebih aman dan nyaman. Harga tas kamera saat ini sangat bervariasi ditawarkan di pasarkan, baik pasar nyata maupun pasar online. Anda tidak perlu terpancing harga tas murah. Pahami bahwa keamanan dan kenyamanan penggunaan jauh lebih utama dibanding faktor lainnya.

Saat ini penggunaan kamera DSLR menjadi trending dalam pengambilan gambar bukan hanya profesional namun juga personal. Hal tersebut karena DSLR memiliki fitur yang lengkap untuk edit gambar tanpa menggunakan komputer. Itulah sebabnya banyak fotografer pemula berlomba-lomba membeli kamera DSLR. Kamera DSLR mampu mengubah fotografer amatir bisa beraksi dan menghasilkan gambar bagus layaknya fotografer profesional.

Namun bukan berarti Anda hanya dapat menghasilkan gambar yang bagus menggunakan DSLR saja, yang lebih diperlukan adalah teknik dalam pengambilan gambar dan objek yang Anda potret. Terkadang bahkan memotret objek-objek alam dengan angle tertentu yang sudah Anda survey terlebih dahulu akan menghasilkan foto yang lebih baik dari pada memotret objek yang sama menggunakan camera canggih.

Nah, demikian tips singkat mengenal macam-macam aksesoris kamera untuk menghasilkan foto mengesankan. Semoga tips fotografi pemula bersama The Jombang Taste ini bermanfaat untuk aktifitas blogging Anda. Selamat mencoba!

One Reply to “Macam-macam Aksesoris Pada Kamera Profesional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *