Blogger Pemula Bingung Mau Bahas Topik Apa Lagi?

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia
Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Ribuan terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman blogger atas dukungannya pada posting perdana lalu. Komentar kalian adalah oksigen yang memberi nafas atas kelangsungan hidup blog ini.

Namun, segera setelah posting perdana dipublikasikan, pikiran saya tidak berhenti sampai disitu. Pertanyaan penting bergaung di telinga saya: mau bahas topik apa lagi?

Yes, it’s about topic!
Ada begitu banyak blog yang membahas bisnis online di Indonesia. Masing-masing hadir dengan topik yang yang berbeda-beda. Ada yang sukses sebagai bahan referensi blogger lain. Ada juga yang ‘berhasil’ tergerus arus blogosphere dan menjadi blog S-E-P-I.

Setelah memikir-mikir plus minusnya, saya memutuskan mengkhususkan diri dalam Bisnis Online di Indonesia. Masih ikut arus blogger Indonesia pada umumnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, saya lebih banyak mengulas artikel motivasi diri sehingga blog ini berubah nama menjadi Catatan Motivasi Blogging Indonesia. Perkembangan alam berpikir saya mengantarkan saya untuk mengubah lagi nama blog ini menjadi The Jombang Taste. The Jombang Taste memiliki cakupan topik lebih luas, bukan hanya bisnis dan motivasi.

Saya tidak takut apapun yang akan terjadi pada blog saya. Apakah nanti akan sepi pengunjung atau tidak, never mind! Blogging is blogging. Ini tentang aktualisasi diri dalam berkehidupan di blogosphere. Saya memandang aktifitas menulis sebagai bagian dari gaya hidup yang harus dilestarikan. Menulis adalah bagian dari budaya sebuah bangsa. Masyarakat yang tidak mau menulis akan lebih mengedepankan debat kusir mulut dengan mulut dan berpotensi mengundang konflik.

Selain itu, banyak orang di sekitar saya yang sampai detik ini masih menyangsikan kemampuan pebisnis online dalam bersaing dengan bisnis offline. Ekstrimnya lagi, mereka seolah-olah membuat sekat pembatas antara bisnis internet dan dunia nyata. Keduanya mampu bersatu dalam sebuah mekanisme alami. Bahkan hampir tidak ada bisnis yang tidak menggunakan internet saat ini.

Kecanggihan internet telah menjangkiti segenap sendi-sendi kehidupan. Contoh nyata adalah pemanfaatan Facebook oleh Pizza Hut untuk mempermudah system order. Anda juga dapat memanfaatkan atribut artis, bisnis dan grup pada pada Facebook. Selain mempermudah upaya pendekatan dengan calon customer, hal ini juga dapat menjadi sarana promosi yang murah, ampuh dan terbukti efektif.

Salah satu topik blogging yang akhirnya menarik perhatian saya adalah pendidikan anak-anak. Anak-anak adalah aset bangsa. Kemajuan bangsa kita 20 tahun mendatang dapat kita tentukan sejak sekarang. Artikel-artikel pendidikan anak dalam blog ini terinspirasi oleh aktifitas sehari-hari saya ketika mengajar di TPQ Al-Mujahiddin, mengajar di Sanggar Genius Yatim Mandiri, maupun saat aktif di Bimbingan Belajar Islami Rumah Cerdas Islami.

Maka, saya tidak ragu memilih topik ini. Saya yakin inilah dunia saya. It’s my world! Apakah Anda setuju dengan saya?

18 Replies to “Blogger Pemula Bingung Mau Bahas Topik Apa Lagi?”

  1. I was on Yahoo and found your blog. Read a few of your other posts. Good work. I am looking forward to reading more from you in the future.

    Tom Stanley

  2. Semua topik sekarang memang bisa ditulis Mas… Dan saya sangat menyukai blog yang punya topik khusus seperti blog saya 😀

  3. gimana kalau topik mereview blog Mas, yang pertama Mas review blog saya dulu karena blog saya punya trafik tinggi lho sampai 20 visitors perhari (lho kok??).. just kidding Mas, don’t mentioned oke….

    1. Topik me-review blog lain memang masih punya daya saing mas Rudy, Mas Hengky aja dulu juga mengawali blogging begitu, dan terbukti manjur saran anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *