Membuat Waktu Berpihak Kepada Anda

Jika bisa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, mengapa Anda tidak melakukannya? Buatlah waktu berpihak kepada pencapaian tujuan Anda.

Memang betul waktu terus berlalu meski tanpa kita minta. Hiruk pikuk blogging terdepak update Google Panda tidak bisa dicegah, perang antar situs jejaring sosial kian ganas, kontes SEO makin bikin ngiler para blogger. Waktu mengalir seperti sebuah rantai sepeda yang tak berujung pangkal. Penggunaan waktu yang efektif menuntut agar Anda terkait dengan rantai tersebut, bukan sekedar mengamatinya. Jadilah pelaku sejarah, bukan sekedar pencatat saja.

Setiap rencana atau proyek memerlukan masa pertumbuhan secara bertahap. Anda memerlukan waktu untuk memperoleh data, menganalisa, dan merangkumnya. Kemudian menjual gagasan, memperoleh penyerahan jasa maupun produk, mendapat reward dan seterusnya. Kalau Anda tidak sigap dengan gegap-gempita ini, Anda bisa jadi akan ngos-ngosan mengejar deadline dan tepar di tengah jalan.

Hanya ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan waktu secara lebih produktif. Cara pertama adalah menemukan teknik-teknik baru sedemikian rupa sehingga Anda dapat menyelesaikan tugas tertentu dalam waktu yang lebih singkat. Sebagai seorang blogger dan pebisnis online, cara ini dapat Anda temukan dengan mudah dengan belajar dari pengalaman. Mengapa? Karena tugas Anda pada dasarnya adalah tugas rutin. Anda menjalankan tugas yang sama secara berulang-ulang yang pada dasarnya dibagi menjadi 3 hal utama, yaitu riset keyword, membangun website, dan promosi web.

Sekali Dayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui

Cara kedua untuk lebih memanfaatkan waktu secara lebih produktif adalah dengan memulai beberapa tindakan sekaligus agar lebih banyak rencana dapat diselesaikan secara serempak. Menetaskan 5 butir telur pada waktu yang bersamaan tidak akan mengurangi masa penetasan menjadi setengah dari masa penetasan 10 butir telur. Tetapi tindakan tersebut tetap akan menghasilkan anak ayam sesuai telur yang dierami oleh induk ayam.

Jika faktor-faktor penunjang kesuksesan blogging dimulai dengan serempak di bidang pengetahuan gagdet terbaru, belajar marketing, cara menulis artikel, optimasi web, membangun subscriber, menggalang dukungan komunitas blogger, Anda akan menghasilkan perbaikan berlipat ganda daripada yang Anda dapatkan seandainya Anda menjalankan perubahan hanya satu langkah secara berurutan.

Anda tidak akan tahu sejauh apa ketertinggalan diri sampai satu saat Anda melihat teman yang dulu berangkatnya bersamaan kini telah jauh melesat meninggalkan level yang Anda capai saat ini. Kalau sudah begitu apa yang berbeda dari Anda dan dia. Kuncinya adalah waktu. Mari lebih bijak mengelola aktifitas sehari-hari dan buatlah waktu berpihak kepada Anda dan kesuksesan Anda.

Semangat Berjuang!

34 Replies to “Membuat Waktu Berpihak Kepada Anda”

  1. Hhmm…
    Benar sih, kalau tak pandai mengelola diri, kita akan tertinggal dari yang lain. Kita start duluan tapi di tengah jalan kita disalip oleh yang baru…

    1. Ada yang bilang disiplin waktu itu kuncinya kepada penentuan prioritas kerja. Untuk mbak Imelda prioritasnya memang keluarga dan mengajar di kampus. Jadi bolehlah ngeblog just for fun. Yang penting semua senang. 🙂

  2. Waktu itu seperti busur yang telah lepas dari busurnya, nggak ada yang bisa menghentikannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *