Menaikkan Standard Pencapaian Dengan SMART

Setelah kemarin ter-interupsi oleh artikel Blogger Sumbu Pendek, hari ini saya melanjutkan pembahasan tentang menaikkan standard pencapaian. Bagi yang terlewat belum baca, silakan baca disini.

Setelah membaca artikel tersebut, saya berharap teman-teman sudah membuat satu keputusan dan motivasi bulat untuk memperbaiki pencapaian saat ini.

Saya bersyukur sekarang mempunyai kesempatan untuk berkecimpung di bidang manajemen SDM yang berkutat dengan program-program rutin perusahaan. Sehingga, setidaknya saya telah membiasakan diri untuk lebih terpacu mewujudkan goal-goal yang ditentukan.

Agar usaha mencapai peningkatan standard berjalan mulus dan tanpa terasa menyiksa diri, ada baiknya kita buka lagi pembahasan ilmu manajemen tentang singkatan SMART. Apa saja hal tersebut, chek out this!

1. Spesific.

Artinya jelas, utuh dan berbentuk sebuah kesimpulan tunggal. Ibarat seorang pemain sepakbola, sasaran spesifiknya jelas gawang lawan. Bukan wasit, pelatih, alat vital pemain lawan, apalagi Β gawang sendiri.

2. Measurable.

Artinya dapat diukur. Misalnya, suatu blog berhasil mendapat PR 4 dengan Alexa Rank di kisaran 80.000-an dan mendapat pendapatan rutin Rp 50 juta per bulan.

3. Attainable.

Artinya memiliki kelayakan rasional untuk kita capai. Alias masuk akal. Contohnya, kalau saat ini kita berada pada anak tangga kedua, akan sangat tidak masuk akan kalau kita langsung menargetkan pada anak tangga ke-dua belas.

4. Relevan.

Artinya memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan keadaan diri kita saat ini sehingga dapat membangkitkan motivasi diri. Kalau saat ini Anda baru belajar ngeblog di domain gratisan, akan lebih sulit mendapatkan tawaran JV dengan blogger senior daripada mereka yang sudah lama ngeblog dengan domain dot com.

5. Time Scale.

Artinya memiliki jenjang waktu (tahapan) untuk mencapainya. Tentukan hari, tanggal, bulan dan tahun untuk melaksanakan tahap demi tahap perencanaan yang telah dibuat.

Jadi, nggak perlu sampai stress berkepanjangan untuk sebuah obsesi naik level dalam karir ngeblog. Cukup tentukan standard yang ingin dicapai, lalu tetap aktif ngeblog dengan SMART.

Semoga mendapat sedikit pencerahan dari artikel ini.

Enjoy Blogging, Enjoy Blogwalking SMART-ly!

57 Replies to “Menaikkan Standard Pencapaian Dengan SMART”

  1. Berarti setiap waktu kita memiliki goal goal tertentu dan itu berbeda dan terus meningkat ke goal goal yang lebih tinggi.

  2. sekian panjang artikel ini, yang kena ke saya cuman no 5 mas πŸ˜€ *tanpa mengurangi rasa kagum sama 4 yang laen loh*

    saya ini orangnya buru2. walaupun biasanya memang yang saya inginkan bisa didapat dalam waktu singkat. tapi setelah itu jadi malas dan nggak ambil langkah lain untuk maju. jadi itu no 5 pas banget dah ke saya itu πŸ˜€
    bagi saya no 5 itu bisa diartiin : set visinya, ukur, kemudian proses secara perlahan tapi pasti. jangan gas puol, tapi pas sampe keabisan bensin dan bisa kemana2 lagi. :hammer

      1. @Agus Siswoyo,

        hehehe… semoga pemahamannya bisa dapet menyeluruh mas πŸ˜€

        btw, ini default role buat member yang register kayaknya masih di set ke subscriber y mas? soalnya saya belom bisa nulis ini πŸ˜€

  3. waah SMART itu singkatan ternyata… btw yang Spesific.. goal memang harus ditentukan dari awal… tapi contohnya itu yang ga enak mas :ngakak

    1. @Arief maulana, Thanks mas Arief.

      Meniru kata-kata ahli manajemen, Blogger tidak hanya harus bekerja keras, tapi juga bekerja cerdas. Biar nggak sport jantung tiap hari dan tetap aktif berpikir.

    1. @fadly muin, Tulisan ini terinspirasi banyaknya keluh-kesah teman-teman yang mengaku ingin naik level ngeblog tapi bingung mau ngapain dan caranya gimana. Semoga bermanfaat…

      :hotrit

  4. ngeblog dengan SMART pasti bisa bernilai lebih bagi diri kita maupun orang lain… ternyata SMART memiliki makna penting dibaliknya…

  5. yah intinya setiap hal yang kita gelutin memiliki cara dan proses yang perlu secara bertahap kita lewati, kecuali dia memiliki hal yang tidak mungkin dimiliki di dunia maya yaitu kolusi untuk memperoleh PR yang tinggi dari mbah google… :hammer

    salam kusut kang

    ghe

  6. SMART dalam ngeblog itu yg bisa sy maksimalkan biar sukses…singkatan yg kreatif mas Agus….tadi sempet takkirain bahas SMART CDMA …hehehehe

  7. sedikit mirip dengan yang ditulis mas hengky dalam salah satu artikel saya, "Target Saya Di 2010 Adalah…"

    target atau goal setting harus SMART yaitu:

    spesific = jelas dan terinci

    measurable = sesuai kemampuan kita

    achievable = bisa diraih (bukan sekedar mimpi)

    resourcefull = ada sumber daya yang bisa digali

    time bound = ada batas waktu, misalkan target hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, 3 tahun ke depan dsb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *