Mengapa Pagerank Blog Turun? Kenali 3 Penyebabnya

gambar ilustrasi internet
gambar ilustrasi internet

Sebenarnya saya nggak terlalu mempermasalahkan berapa pagerank (PR) blog ini. Walaupun saya pakai ekstensi SEOQuake pada browser Google Chrome, saya lebih suka untuk tidak mengaktifkannya. Saya lebih fokus ke konten, bukan angka hasil generate ekstensi. Iseng-iseng saya pengen tahu berapa PR salah satu blog saya setelah lama saya nggak menggarap SEO blog yang berisi artikel motivasi ngeblog ini.

 Jreng.. jreng… !!! Ternyata PR blog tersebut turun menjadi 2. Wow, kado awal tahun yang indah buat saya! Beberapa bulan lalu saya lihat blog tersebut masih PR 3. Hmm, ada apakah gerangan dirimu wahai Oom Google? Saya coba kilas balik beberapa bulan ke belakang. Ada beberapa moment penting (yang berupa masalah) menghampiri blog ini. Beberapa diantaranya adalah:

1. Pindahan server

Database blog ini pindah dari layanan webhosting yang ngantor di Surabaya menuju ke jasa webhosting yang pusatnya di Tangerang. Selama pindahan rumah tersebut, untuk sementara website Catatan Motivasi Blogging Indonesia nggak bisa diakses. Pindahannya sih sebentar, tapi proses agregasi DNS itu yang kadang di luar harapan para blogger dan bisa memakan waktu selama berhari-hari.

2. Server high load

Setelah pindahan server, masalahnya nggak berhenti sampai disitu. Ternyata online-nya website ini menyebabkan server yang saya tumpangi menjadi high load. Konsekuensinya nggak tanggung-tanggung: akun website ini langsung disuspend. Dan suspend tersebut terjadi secara otomatis, bukan manual. Celakanya, saya lagi sibuk offline dan nggak sempat ngecek publikasi artikel secara otomatis di blog ini.

3. Optimasi web terhenti

Sejak beberapa bulan ini saya menghentikan proses optimasi web yang gila-gilaan seperti yang saya lakukan beberapa bulan lalu. Nggak ada backlink dari forum, nggak ada submit artikel ke Vivalog, dan saya nggak pernah blogwalking. Hehehe. Tapi ada untungnya juga. Artikel unik yang ada di website ini jadi dilirik Google karena artikel SEO itu sifatnya alami, tanpa melibatkan mesin-mesin spinning.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab mengapa PR blog ini merosot. Dan balik lagi ke paragraf awal, basically saya nggak terlalu mempermasalahkan PR blog ini berapa. Asalkan saya bisa tetap menulis dan eksis, itu sudah cukup. Bagaimana dengan pengalaman Anda selama ngeblog? Pernah mengalami PR blog turun juga? Ayo berbagi cerita disini.

Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Mengapa Pagerank Blog Turun? Kenali 3 Penyebabnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *