Menilai Blogger Sebagai Satu Paket Utuh

Setelah capek nonton film kartun Avatar The Last Air Bender: Final Battle, kemarin malam saya sedang memantau timeline Twitter. Sekedar mengikuti perkembangan berita seputar pencekalan hastag, chit chat dengan teman-teman dan menyerap pemikiran beberapa tokoh idola saya.

Tiba-tiba: Ting! Seeismic saya berbunyi. Ternyata ada reply dari Pak Arief Maulana. Pak Arief memberi tahu dapat kiriman salah alamat di wall Facebook. Seperti apa isinya, cek screen shoot di bawah ini.

 

Saat membaca kiriman tersebut, sungguh saya ngakak nggak berhenti. Dalam hati saya berkata:

Yang kerja di Doremi Pizza adalah saya, tapi yang ngetob kok malah mas Arief. Hehehe…

Ini pasti ada yang salah dengan cara ngeblog saya selama ini.

Kalau saya ingat-ingat, sebelum artikel ini terbit saya belum pernah mencantumkan kalimat Doremi Pizza sebagai anchor text artikel blogging. Sebaliknya, mas Arief justru beberapa kali mengulas pekerjaan offline saya dalam kaitannya dengan motivasi blogging.

Bukannya saya malu mengungkap jati diri saya yang sebenarnya. Hanya saja saya merasa tidak sreg mencampur adukkan pembahasan ghost writer dengan aneka menu pizza yang rajin saya utek-utek tiap periode.

Lantas, kalau sekarang justru mas Arief yang dikenal sebagai bagian manajemen Doremi Pizza Pusat, maka ada 3 kemungkinan:

  • Hasil dari personal branding building yang sukses membentuk imej seorang Arief Maulana Wira Negara sebagai bagian dari tim marketing Doremi Pizza yang sedang giat ekspansi mengarah ke konsep waralaba nasional. Wow, selamat ya!
  • Minimnya tulisan-tulisan blog ini yang mengulas topik seputar pekerjaan offline saya, khususnya yang berhubungan dengan profesi Cost Analyst.
  • Mas Syaiful belum paham siapa-siapa yang terlibat dalam manajemen Doremi Pizza dan asal menulis saja.

Well, apapun alasan yang melatarbelakangi munculnya tulisan ini setidaknya membuat saya sadar diri. Sudah bukan saatnya menciptakan pembatasan diri dalam menulis. Apapun yang ada di dalam otak saya, itulah adanya saya.

Biarlah orang menilai saya sebagai satu paket utuh dengan segala plus dan minusnya. Bukannya terpisah-pisah menurut segmentasi yang sedang dibahas. Agus Siswoyo cuma satu. Tidak ada bedanya Agus sebagai blogger dan Agus sebagai orang kantoran dengan gajian rutin tiap bulan (bukan curbung lho).

Mungkin Anda akan bertanya, apa tidak takut menghasilkan branding yang bertabrakan?

Mengapa mesti takut. Pengguna internet sekarang makin cerdas luar dalam. Menilai seseorang bukan hanya dari sebuah artikel yang ditulis dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lebih dari itu, pemikiran dan tingkah laku sehari-hari pun tak luput dari pengamatan mereka.

Siapa sangka motivator handal sekelas Mario Teguh akhirnya dipaksa mengalah terhadap opini publik yang tidak menyukai update 140 abjad di Twitter MTSC. Kontrol sosial makin ketat, terutama kepada orang-orang yang telah dikenal khalayak umum.

Akhirnya, saya hanya bisa berkata: just be yourself! Jadilah diri Anda sendiri dengan kepribadian Anda. Biarkan Indonesia menilai Anda apa adanya. Kalau dapat cendol harap disyukuri. Kalau kena hujan batabig berarti Anda harus mawas diri. Siapa tahu juragan batabig lagi cuci gudang. 😛


Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Menilai Blogger Sebagai Satu Paket Utuh”

  1. I in addition to my guys appeared to be viewing the excellent tricks found on the blog and the sudden got a horrible suspicion I never expressed respect to the blog owner for those secrets. All of the people happened to be as a result excited to read through them and now have in fact been taking pleasure in those things. I appreciate you for simply being indeed thoughtful and then for making a choice on variety of really good resources most people are really needing to be aware of. My personal sincere regret for not expressing gratitude to you sooner.

  2. whoah this blog is wonderful i love reading your posts. Keep up the great work! You know, a lot of people are looking around for this information, you could aid them greatly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *