Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berinternet

121715_0558_5.jpgKesehatan tubuh itu penting bagi siapa saja, termasuk blogger. Saat lagi asyik ngeblog jangan lupakan kesehatan diri ya. Tetap makan secara teratur dengan gizi seimbang, rajin olahraga dan menjaga pikiran agar selalu happy. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga. Pepatah itu masih berguna sampai sekarang. Kalau tubuh kalian sehat, pikiran pun ikutan sehat dan nggak gampang stress.

Kali ini saya berbagi informasi kesehatan blogger buat teman-teman semua. Artikel ini saya kutip dari buku panduan Internet Sehat yang diterbitkan oleh ICT Watch. Harap dibaca baik-baik ya, lalu dipraktekkan.

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berinternet Ria

  1. Gunakan kursi yang secara dinamis dapat diatur tinggi rendah dan senderan punggungnya. Hal ini bisa membuat kita lebih santai waktu ngetik. Kursi yang dinamis artinya bisa membuat Anda nyaman dan bisa diganti tinggi rendahnya. Nggak harus beli yang mahal asal fungsina sama.
  2. Posisi monitor bagian paling atas setidaknya setinggi 5-8 cm di atas arah pandang mata. Kalau posisinya terlalu tinggi, bisa menyebabkan peredaran darah terganggu. Orang Jawa leher kita akan terkena kenger dan menghasilkan rasa tidak nyaman ketika berjalan, berdiri dan membaca.
  3. Untuk menghindari efek silau dari layar monitor, bisa gunakan filter atau pelindung anti silau. Kalau nggak gitu, pakai kacamata biasa, yang nggak ada minus atau plusnya.
  4. Duduklah dengan jarak satu rentangan tangan dari monitor. Rentangan tangan siapa? ya tangan sendiri dong. Jangan malas mengukur. Lakukan saja tahap ini demi kesehatan Anda waktu online depan komputer.
  5. Kaki harus dapat menjejak pada lantai atau pada pijakan kaki yang stabil. Jangan sampai kaki kamu melayang, karena kalau melayang kamu bisa dianggap hantu lagi online. Jangan paksakan online dengan menggunakan kursi yang terlalu tinggi karena kaki Anda akan tergantung dan peredaran darah tidak akan lancar.
  6. Jika menggunakan alat pemegang atau penjepit dokumen, tingginya samakan dengan layar monitor. Jangan sampai lebih rendah atau lebih tinggi. Hal ini membantu Anda mencegah kelainan mata plus, minus maupun silindris. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.
  7. Antara siku dan pergelangan tangan sejajar dan lurus saat menggunakan keyboard. Kalau siku ditekuk, nanti bisa bermasalah dengan sendiri dan otot tangan. Ini bahaya lho.
  8. Lengan dan siku berada dalam posisi santai dekat dengan tubuh anda. Santai aja men! Kalau online pikirannya spanneng bisa bikin  depresi loh.
  9. Monitor dan keyboard posisikan di tengah hadapan anda. Jangan sampai pakai keyboard milik tetangga sebelah. Bisa-bisa kamu digampar pakai sandal. Tata dengan rapi dan jangan acak-acakan. Ingat, kondisi lingkungan yang nyaman membantu kita online dengan produktif di internet.
  10. Gunakan keyboard yang memilki bagian pengungkit di bawahnya untuk mengatur posisi. Harganya nggak mahal kok. Masih bisa dijangkau anak kost. Gimana kalau sudah terlanjur beli keyboard yang nggak ada pengungkitnya? Pasang sendiri aja. Anda tidak perlu keluar uang terlalu banyak. Mungkin cuma perlu sepasang kayu kecil di pojok kiri dan kanan bagian depan keyboard.
  11. Gunakan alas kerja atau meja yang stabil atau tidak goyah. Indonesia negara rawan gempa loh. Kalian kan nggak tahu kapan gempa terjadi dan menimpa keluarga kalian. Wedew, oleh karena itu siapkan diri sebaik-baiknya untuk keamanan diri. Posisi yang stabil membantu Anda bekerja di depan komputer dengan nyaman.
  12. Sesekali lakukan istirahat pendek dengan berdiri, peregangan dan melihat arah lain. Olahraga gerak badan itu bagus dilakukan secara berkala biar otot nggak kaku. Olahraga ringan secara rutin juga bagus untuk mencegah hal-hal yang tiak baik dari dampak terlalu lama online di depan komputer.

Sumber: www.internetsehat.org

2 Replies to “Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berinternet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *