Mindset Lagi, Mindset Lagi…

Melalui artikel ini, saya ingin mengingatkan kembali bahwa fasilitas dan sarana bukanlah faktor utama kesuksesan karir blog seseorang. Mungkin di rumah Anda telah tersedia netbook, koneksi internet unlimited dan waktu luang. Tapi apakah hal tersebut menjamin Anda rajin ngeblog? Belum tentu.

Bisa jadi anda malah sering tergoda nongkrong di jejaring sosial, situs dewasa atau games online yang kian beraneka ragam bentuknya. Tanpa terasa fokus Anda telah teralihkan dari tujuan awal ngeblog.

Sebaliknya, saya sering mendapati seorang newbie rajin bolak-balik warnet meski dana dan waktu yang dimiliki sangat terbatas. Baginya, semua fasilitas pendukung tidak harus milik sendiri. Yang penting, bisa update artikel 2 hari sekali sudah merupakan pencapaian yang bagus.

Saya sendiri pernah mengalami. Keluar-masuk warnet hanya sekedar untuk melihat komentar terbaru blog ini di awal-awal publikasi dulu. Tidak perlu ditanya seberapa capeknya. Pasti melelahkan.

Lalu, apa yang menjadi pembeda dua orang di atas? Jawabnya: mindset. Anda pasti sudah bosan membaca kata ini. Mindset lagi, mindset lagi. Memangnya nggak ada pembahasan lagi. Hehehe…

Tapi faktanya memang demikian. Semua diawali dari otak kita dalam menanggapi suatu tindakan. Boleh jadi bagi yang punya laptop ngeblog bisa dilakukan sewaktu-waktu. Mau menulis pagi siang sore ataupun malam oke saja. Mau pakai koneksi internet tinggal colok. Dan dari kemudahan ini kebanyakan membuat kita menggampangkan (kalau tidak boleh dikatakan meremehkan) aktivitas blogging.

Sebaliknya, blogger warnet dituntut efisien mengalokasikan uang dan meminimalkan aktivitas online yang tidak berdampak pada traffic blog. Sehingga setiap detik billing internet dapat dimanfaatkan sepenuhnya.

Maka, alangkah beruntungnya blogger yang bisa online di rumah dan tidak terlalu sering terpancing ‘gangguan yang menyenangkan’ seperti friendster, mafia wars, live chat dan sejenisnya. Bila hal ini dilakukan secara kontinyu, saya yakin akan ada perkembangan berarti dalam kelanjutan blog Anda.

Bagi yang masih online dari warnet, janganlah berkecil hati. Kesuksesan bukan dilihat dari tempat anda online. Publikasi artikel blog lebih banyak berbicara sebagai perwujudan Anda masih layak disebut blogger ketimbang fesbuker.

Ada yang mau menambahkan pemikiran?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

8 thoughts on “Mindset Lagi, Mindset Lagi…”

  1. Hello, I noticed a 3 of your interesting posted posts and wished to ask in case you would be keen on reciprocal pages? Team have weblog about alexis texas ass! Anyway, in my language, there usually are not much good source like this.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *