Mobile Blogging – Cara Mudah Ngeblog Lewat Handphone

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kian memanjakan manusia. Banyak hal-hal yang dulu kayaknya nggak mungkin terjadi, namun berkat teknologi bisa jadi kenyataan. Dulu orang mengandalkan surat tertulis yang dikirim lewat pos untuk berkomunikasi dengan saudara, kerabat atau teman di kota lain. Yang paling parah adalah kalau kirim surat ke luar pulau. Kirimnya pas lebaran Idul Fitri, sampainya bisa-bisa pas Idul Adha.

Hadirnya handphone (telepon genggam) telah merevolusi sebagian besar perilaku masyarakat dari tradisional dan beranjak ke tahap yang lebih modern. Orang jadi lebih mudah berkomunikasi dan bertukar pikiran, bahkan dengan orang di belahan negara lain sekalipun. Hal uniknya adalah saya pernah mendapatkan bapak-bapak yang lagi menyabit rumput di sawah lagi telpon-telponan sama isteri di rumah tentang menu makan siang yang dipesan buat dibawakan ke sawah. Great news!

Bagaimana dengan perkembangan dunia blogging? Pasti nggak mau ketinggalan dong. Apalagi para blogger yang notabene para penggemar gadget terbaru, pasti tidak mau ketinggalan info. Seperti halnya perkembangan komputer, pada awalnya terkesan eksklusif dan berat di jangkau dengan sejumlah kelemahan yang dimiliki. Blogging juga pada awalnya menjadi barang eksklusif yang hanya bisa dimiliki komunitas pengguna internet tertentu yang benar-benar tertarik blogging.

Kini mewabahnya blog gratisan, terutama dari WordPress.Com dan Blogger.Com secara tidak langsung telah menjadikan blogging bukan lagi konsumsi elite tertentu. Semua kalangan bisa memiliki blog pribadi secara cepat hanya dalam hitungan beberapa menit. Hal ini makin mengukuhkan era narsisme yang berkembang saat ini. Dan puncaknya adalah dengan hadirnya mobile blogging, yaitu aktifitas update artikel blog melalui handphone atau telepon genggam. Dengan bermodalkan platform Java, seorang blogger sudah bisa berbagi ide dan pikiran melalui mobile blogging.

Cara Mudah dan Cepat Berbagi Ide

Ngeblog lewat handphone itu mudah. Kita nggak perlu buka laptop atau komputer, colokin listrik, tekan tombol power dan seterusnya. Kebanyakan handphone saat ini telah dilengkapi browser Opera yang memakai platform Java dan tersedia shortcut atau cara pintas langsung masuk koneksi internet. Anda tinggal klik beberapa langkah lalu bisa segera curhat unek-unek yang sedang dialami. Bentuknya bisa panjang atau pendek tergantung gaya menulis Anda.

Apakah tampilan blog versi mobile blogging berat diakses? Tenang, jika blog Anda memakai platform WordPres, tersedia beberapa plugin yang membantu mengubah blog Anda menjadi versi mobile yang mudah diakses alias loadingnya cepat. Salah satu plugin tersebut adalah Mobile Press. Plugin ini adalah menu wajib koleksi blog saya. Tentu saja kita nggak berharap tampilan bakal semeriah versi PC. Kalau pakai mobile version tampilan bakal lebih sederhana.

Bagaimana soal tarif akses internet? Mahal nggak ya? Untuk urusan yang satu ini Anda bisa mempercayakan kepada Indosat Mobile. Tarif yang belaku relatif murah dan bisa ter-custome alias dipilih sesuai kebutuhan. Anda nggak harus memilih paket bulanan seperti halnya Blackberry. Anda bisa memilih paket harian atau mingguan pula. Jadi menurut saya sangat terjangkau bagi para blogger dua inchi yang berstatus pelajar dan belum punya penghasilan sendiri.

Peluang Cerah dan Menjanjikan

Meski saat ini situs jejaring sosial kian gencar menggempur jagat blogging, namun eksistensi blogging masih memiliki daya tarik dan peluang cerah yang patut ditekuni siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet. Bloging memiliki banyak manfaat secara langsung maupun tidak langsung, baik untuk tujuan mencari uang atau sekedar menampilkan diri dalam hiruk pikuk perkembangan teknologi informasi.

Mobile blogging adalah salah satu jawaban atas kemudahan mengakses internet melalui blogging. Ngeblog lewat blogging menjadikan subscriber Anda bisa dengan cepat tahu isi pikiran Anda, paham jargon-jargon bisnis Anda, dan bisa jadi mereka adalah salah satu prospek potensial Anda. Dan efeknya bisa diduga, semakin cepat informasi tersebar, berarti semakin cepat peluang duit masuk kantong.

Mewabahnya jejaring sosial justru bagi sebagian blogger menjadi hal yang menguntungkan dalam kecepatan penyebaran artikel, membangun backlink, mempercepat indeks mesin pencari, dan tentu saja limpahan traffic. Begitu Anda submit artikel terbaru ke salah satu jejaring sosial, boleh jadi follower atau kawan Anda yang sedang tiduran sambil online segera meluncur ke halaman web tersebut. Ini sangat memudahkan bagi ABG sekarang yang menyukai kepraktisan.

Bagaimana dengan blog Anda, apakah sudah dipersiapkan untuk versi mobile?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

29 thoughts on “Mobile Blogging – Cara Mudah Ngeblog Lewat Handphone”

  1. Dan rasanya mikroblog seperti twitter yg cocok dg mobile. Lebih ringan, mudah dan cepat. Kalau blog layak wp atau blogger.com masih terlalu sulit.

  2. Sekarang makin praktis kalau mau akses internet. Papan ketik hp jenis QWERTY memudahkan kita dalam mengetik, sehingga ngeblog lewat hp sama saja seperti lewat laptop, hanya beda ukuran layar.

    Kalau ada ide tulisan yang numpang lewat, 😀 tinggal ketik di hp. jadi ngga lupa. Praktis dan cepat.

  3. dulu pernah coba ngeblog via hp, tentu saja ga senyaman via PC.
    Paling-paling pake HP kalau ada draft atau ide posting yang perlu di tulis di kemudian hari.
    Adapun blog, sudah saya setting mobile versionnya biar ga lambat klo diakses via HP

  4. klo aku pake blogger mas, tampilan kg se Pleksibel wordpress, tapi bagi saya layanan blogger sangat simple. Untuk blogging sendiri saya udah 2 tahun pake nokia 3230. Kendalanya mengatasi kemalasan bw ke sesama blogger aja deh kayaknya.

  5. Alhamdulilah dari semua akun yang pernah aku buat, semua pake hp, dan mengurusnya pun pake hp, meski hp masih tertinggal jauh fiturnya, masih bisa berkarya, itulah yang membuat nikmat… Hehe…

  6. A lot of specialists state that aid people to live their own way, just because they are able to feel free to buy needed goods. Furthermore, some banks present car loan for all people.

  7. apalagi sekarang ada android haha makin gampang aja dah internetan

    Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011

  8. kalau menurut saya membuat blog pribadi itu merupakan aset masa depan dan asisten di internet, terlebih adanya situs jejaring sosial yang dapat membantu memperluas link dan jaringan informasi yang kita buat. Salam kenal mas Agus 🙂
    @deny_a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *