Mobile Blogging – Kelebihan dan Kekurangan Ngeblog Melalui Handphone

temp_regrann-1451515171501.jpgMasyarakat yang makin dinamis dengan didukung kecanggihan teknologi terkini memungkinkan kegiatan blogging bisa dilakukan melalui telepon genggam secara mudah.

Aktifitas blogging bukan hanya didominasi melalui perangkat personal computer (PC) maupun laptop. Kemudahan mengakses internet melalui telepon genggam menjadikan kegiatan blogging semakin menarik, mudah, tidak ribet dan bisa dilakukan dimana saja. Ada banyak operator telepon seluler yang menawarkan paket internet yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun demikian, terdapat kelebihan dan kekurangan mobile blogging yang patut Anda ketahui.

Kelebihan Mobile Blogging

Ngeblog dapat dilakukan dengan mudah pada smartphone maupun handphone biasa asalkan bisa connect internet. Anda bisa mengupdate artikel blog dengan cara mengirim email ke platform blog yang Anda pakai. Baik WordPress, Blogger, Typepad, Tumblr, maupun LiveJournal sudah mendukung layanan update posting melalui kiriman email. Bahkan kalau mau kirim posting berupa audio-video juga bisa langsung di upload dari hape.

Kalau lagi ngejar waktu pesawat take off (bagi blogger artis yang super sibuk bepergian by plane, ceileee…) sambil menunggu Anda bisa update artikel tanpa repot-repot membuka laptop, cari wifi maupun pasang modem dan cari sinyal. Jika mata Anda lelah pantengin monitor PC maupun laptop tiap hari, dengan mobile blogging Anda bisa update sambil leyeh-leyeh di atas ranjang atau sambil menemani anak nonton acara televisi kesukaannya.

Kekurangan Mobile Blogging

Selain memiliki kelebihan, mobile blogging juga memiliki kekurangan. Bila Anda mengelola beberapa blog yang memiliki platform yang berbeda, Anda harus rela bolak-balik sign in dan mengupdate secara berkala. Saat ini memang telah ada beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola semua blog dari satu akun, namun tidak semua platform blog mendukung layanan ini. Hal ini tentu saja menguras banyak waktu Anda.

Kekurangan lainnya adalah tidak semua blogger suka ngetik di hape dengan tombol yang kecil-kecil. Dari sononya kita semua cenderung lebih suka mengetik melalui komputer atau laptop yang memiliki bidang lebih luas dan lega. Selain itu, sewaktu pakai mobile blogging Anda tidak akan leluasa mengedit hyperlink, melakukan tag photo, dan edit html. Beberapa smartphone memang sudah mendukung layanan tersebut namun Anda harus merogoh kocek agak dalam untuk memilikinya.

Bagaimana pengalaman Anda selama ini saat ngeblog lewat hape? Ada yang mau menambahkan?

13 Replies to “Mobile Blogging – Kelebihan dan Kekurangan Ngeblog Melalui Handphone”

  1. Jika menggunakan platform WordPress, maka WordPress sendiri sudah ada sedia aplikasi untuk berbagai jenis ponsel, semisal Nokia (symbian), WP for android, blackberry dan semacamnya.

    Namun saya lebih menikmati mobile photo blogging. Upload gambar, ceritakan gambar sekenanya lalu kirim serta via email. Posterous yang lumayan cakep untuk jenis blogging macam ini.

    Untuk bercerita panjang lebar, lebih enak melalui PC atau tablet. 😀

  2. kalau aku sih sebagian besar ngeblog lewat hp, karena kagak punya pc ato laptop pribadi. Kalo ke warnet, sekitar 30 km dri rumah. Maklum, rumahku jauh di pedesaan, hee. Kalo menurutku, kegiatan yg paling berat lewat hp adalah pz blogwalking

  3. kalau aku malah belum terbiasa blogging via phone. kemarin nyoba nulis artikel 200 karakter aja udah capek.hehe
    jadi selama ini masih sering memakai laptop, jika pakai phone paling pas buka email atau facebook dan ym aja.

  4. Pingback: Bail Bonds Los Angeles
  5. I need to say, as very much as I enjoyed reading what you had to express, I couldnt support but lose interest following a while. Its as should you had a good grasp on the subject matter matter, but you forgot to include your readers. Perhaps you should think about this from more than one angle. Or perhaps you shouldnt generalise so much. Its far better if you take into consideration what others may have to say rather than just going for the gut reaction for the theme. Consider adjusting your own thought procedure and giving other people who may study this the benefit of the doubt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *