Notifikasi WordPress: Your Browser Is Out Of Date, Apakah Mempengaruhi Kecepatan Akses Blog?

Sejak setahun terakhir ini saya memakai Google Chrome sebagai peramban favorit untuk aktifitas berselancar di internet. Menurut saya, Chrome lebih cepat loading dan kaya ekstension menarik yang membantu kegiatan ngeblog dan jejaring sosial. WordPress dan Chrome adalah perpaduan yang tepat untuk akses internet cepat dalam kegiatan blogging. Meski terkadang saya tertarik memakai Mozilla Firefox, tapi karena sudah terbiasa dengan interface Chrome akhirnya saya balik lagi.

Ada hal menarik yang terjadi waktu saya masuk dashboard blog ini, yaitu notifikasi dari WordPress bahwa browser yang saya pakai sudah memiliki versi terbaru alias sudah out of date. Ini jarang saya temukan karena biasanya Chrome mampu update otomatis bisa terdapat pembaharuan versi. Tapi dengan alasan biar nggak merusak pandangan mata waktu login ke dashboard blog WordPress, akhirnya saya update juga browser yang diprediksi bakal menjadi raja peramban ini.

Notifikasi WordPress Your Browser Is Out Of Date, Apakah Mempengaruhi Kecepatan Akses Blog
Notifikasi WordPress Your Browser Is Out Of Date, Apakah Mempengaruhi Kecepatan Akses Blog

Nggak enaknya install Chrome adalah tidak bisa install secara offline. File installer Chrome memang tidak seberapa besar memorinya, jadi waktu download pun cepat. Tapi giliran dijalankan install, file-nya lumayan gede. Kondisi ini menjadikan kita harus update online berkali-kali kalau punya beberapa komputer atau notebook. Selain itu, jika kita lihat dalam menu Control Panel Notebook, besarnya file Chrome hampir sama dengan disk space yang dibutuhkan untuk meng-install OpenOffice yang punya banyak fitur. Selain itu, koneksi internet di Indonesia yang rata-rata tidak stabil juga menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk akses internet secara broadband.

Saya tidak yakin apakah update browser ini bisa mempengaruhi kecepatan akses internet. Setiap orang mungkin memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam hal ini, namun yang saya temui adalah justru nggak ada pengaruhnya terhadap kecepatan akses internet. Disamping faktor internal lainnya (misalnya besarnya RAM yang tertanam dalam notebook dan layanan internet yang dipakai), browser Chrome malah sering mengalami crash. Kejadian Chrome ngadat waktu dipakai online ternyata banyak dijumpai teman-teman saya lainnya. Kata mereka sih, Chrome nggak bisa jalan mulus bila kita membuka banyak program sekaligus.

Lalu, bagaimanakah pengalaman teman-teman? Apakah setelah update browser lalu koneksi internet jadi lebih kencang? Atau malah seperti saya, update nggak update sama saja nggak ada bedanya? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

22 Replies to “Notifikasi WordPress: Your Browser Is Out Of Date, Apakah Mempengaruhi Kecepatan Akses Blog?”

  1. Google Chrome asalnya kan dari Chromoium, jadi ya jelas akan selalu ada peringatan tidak update, karena selalu selangkah di belakang dibandingkan asalnya. Kecuali nanti sistem deteksinya bisa mendeteksi Google Chrome secara tersendiri.

    Tapi saya rasa ndak ada masalah kok.

  2. Setelah saya baca artikel ini lewat GreatNews, saya langsung buka dashboard blog, dan ternyata benar mas, ada notifikasi update dari chrome. Saya langung unduh installernya karena update otomatis ternyata lelet banget. Terus saat instal jg lumayan lama, sekitar 4 menit disini.

    Btw, tampilan update chrome terbaru yang kentara adalah kita bisa membuat label sendiri yg akan muncul di bawah peramban saat membuka tab baru. Labelnya bisa diisi dgn situs2 yg sering dikunjungi/pilihan juga aplikasi.

    Pengalaman pertama pake rasanya ga ada beda dalam hal kecepatan. Bedanya mungkin cookies yg hilang, karena saya harus ngisi nama dan password lagi dan membiarkan chrome mengingatnya lagi 🙂

  3. tidak juga mas, update browser tidak serta merta langsung mempercepat koneksi internet, cuma kelebihan chrome dibandingkan browser lain adalah kemampuannya untuk menyimpan cache halaman lebih baik. Jadi saat mengunjungi halaman yang pernah kita akses sebelumnya menggunakan chrome akan terasa lebih cepat. (asumsi >> cache browser tidak pernah dihapus).

    biasanya yang crash itu, akibat menggunakan yang versi beta mas, (pengalaman saya)

    Jadi kembali lagi kepada pilihan koneksi provider yang digunakan, mungkin mas bisa berpndah2 provider, mana yang lebih nyaman digunakan untuk surfing, mana yang nyaman untuk download ^^

  4. Saya juga tiap ada upgrade versi chromme gak langsung saya update kok mas, nunggu koneksi kenceng dulu,hehe… Selama ini tidak terasa turun performa kok mas..

  5. Aku sekarang pakai Chrome, FF sudah ga enak, koneksi internet lebih cepat sih ga, tapi kalau aku kira kecepatan Chrome dalam membuka halaman lebih cepat dari versi sebelumnya

    kalau ada bug di Chrome, yah semua browser juga punya bug :p

  6. I have observed that on the internet education gets favorite simply because getting your diploma on the internet has become a popular selection for many people. A lot of people have definitely not had a opportunity to attend an ordinary university or college yet seek the actual elevated earning potential and a better work that a Bachelor’s Degree gives. Still other people may have a diploma in one discipline but wish to pursue something they now develop a desire for.

  7. Google Chrome performa nya emang luar biasa, tapi setelah saya mencoba nya, kelemahan paling besar dari Chrome adalah rakus dari segi resources memory coba aja cek task manager sebanyak apa chrome ambil memory

  8. sepengalaman saya sama saja kecepatannya. Tidak ada perubahan yang signifikan. tapi yang membuat saya mengupdate browser adalah kehawatiran akan keamanan akses internet, karena di setiap peringatan update pernah juga saya membaca ada peringatan keamanan jika tidak update. Jadi menurut saya tetap penting melakukan update browser

  9. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *