Panduan Dasar Blogging Untuk Pebisnis Online Pemula

bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup
bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup

Sampai detik ini masih banyak yang tanya gimana sih cara ngeblog yang baik dan benar? Apa ada kiat-kiat khusus supaya blogging bisa bertahan lama, bahkan kalau perlu ditingkatkan menuju tahap monetisasi atau cari duit lewat ngeblog?Β  Well, kali ini saya katakan, nggak ada resep ngeblog yang benar-benar teruji sukses buat semua orang. Setiap orang itu unik dan punya gaya belajar masing-masing. Satu cara cocok buat saya, belum tentu cocok buat yang lain.

Makanya, aneh pula kalau ada blogger yang belum saya kenal sebelumnya tiba-tiba bertanya: Langkah apa yang terbaik buat saya? Bikin duit dari internet itu gimana? Bla..bla..bla… Waduh mas, bukannya saya nggak mau berbagi ilmu. Tapi ya lucu aja, belum tahu kapasitas dan kemampuan dia, tapi saya disuruh kasih advice. Ibarat pasien yang masuk ruang praktek dokter, belum bilang apa-apa sudah keburu minta disuntik. Kalau nggak salah suntik pakai obat sakit kepala untuk gajah aja udah untung dia.

Maksud saya begini. Kecuali kalau tiap hari saya memantau perkembangan ngeblog seseorang, mengikuti tahap demi tahap ebook yang dibaca, baru deh saya bisa kasih sedikitΒ  kritik dan saran untuk perbaikan. Jadi newbie pun harus cerdas. Jangan keburu tanya sebelum googling dilaksanakan.

Menurut pengalaman saya dan beberapa kawan lain, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini.

0. Suka membaca

Sengaja saya kasih nomor 0 (nol) karena membaca adalah syarat wajib kalau mau eksis di internet. Hampir 80 persen kegiatan ngeblog adalah membaca. Sisanya adalah menyimak tayangan video dan konsultasi via telpon. Membaca bukan saja bermanfaat menambah ilmu, tapi juga mengajari kita untuk bersikap sabar dan menikmati proses. Jadinya sangat aneh kalau blogger nggak suka baca. Kecuali dia bisa ilmu telepati.

1. Dimulai dengan sederhana

Sebelum mencapai angka 9 kita harus melewati angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Punya impian setinggi langit boleh saja. Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana. Kumpulan sukses kecil pada akhirnya akan terakumulasi menjadi sukses besar di kemudian hari. Bahkan anda tidak pernah menyadari kalau sukses kecil telah Anda dapat. Tahu-tahu duarrr..! Terjadi lompatan dahsyat dalam hidup Anda.

2. Posting setiap hari

Salah satu blogger yang mempraktekkan one post per day adalah Andi Sakab. Pada awalnya saya nggak yakin metode ini bisa membantu blogger menggali ide secara kontinyu. Buru-buru mau nulis, buka laptop tiap hari aja belum tentu. Namun hasilnya, silakan lihat sendiri di blog tersebut. Ibarat pisau, makin di asah makin tajam. Kalau lama nggak dipakai biasanya cenderung berkarat dan rapuh.

3. Hindari artikel kontroversi

Kontroversi di satu sisi bisa melambungkan popularitas seseorang. Tapi cara ini adalah teknik menulis paling melelahkan yang pernah saya alami. Saya lebih suka berbagi informasi melalui pilar content yang masih bisa relevan dipelajari sepanjang jaman. Blog yang memakai cara ini misalnya Satrya Bima yang rajin bahas tutorial WordPress.

Kidpreneurs - Young Enterpreneurs with Big Ideas book
Kidpreneurs – Young Enterpreneurs with Big Ideas book

4. Bergabung dengan komunitas

Komunitas tidak harus identik dengan acara kopdar atau kumpul-kumpul sambil pamer gaya. Yang ditekankan dalam hal ini adalah sharing informasi mengenai satu bidang dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Untuk komunitas online, Anda bisa join di forum diskusi terbuka di portal berita, milis Yahoogroups, forum membership produk affiliasi dan sebagainya.

5. Nyatakan tujuan ngeblog secara jelas

Apa jadinya kalau ngeblog nggak punya tujuan. Ibarat seorang pengendara mobil yang ngalor-ngidul menghitung panjang jalan dan nggak punya tujuan. Kalau nggak kehabisan bensin di tengah jalan, bisa-bisa kena tilang pak polisi karena melanggar marka jalan. Tentukan tujuan ngeblog sekarang juga agar langkah yang Anda ambil nggak sia-sia.

6. Jaga kualitas tulisan

Ini memang nggak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Untuk menjaga kualitas tulisan, kita mesti pintar baca update berita dan info terbaru tentang bidang yang kita tekuni. Karena nggak bisa bahasa asing jangan jadikan alasan terpaku pada referensi dalam negeri. Ilmu di luar sana sangat melimpah dan menanti untuk dibaca dan dipraktekkan. Kata iklan di tivi: open your mind.

7. Buat arsip blog secara khusus

Arsip blog bisa berupa back up database (ini yang sering dilupakan), membuat daftar artikel yang telah diterbitkan (saya biasanya bikin di Excell) dan menyimpan salinan text artikel dalam format pdf. Ini kelihatan sepele. Tapi banyak blog yang mengalami lost data karena lupa tidak membuat sistem arsip yang rapi.

8. Jiwai setiap tulisan

Nah, ini dia yang bikin tulisan Anda dikangeni ribuan subscriber. Apa jadinya kalau semua nulis artikel dengan gaya yang sama. Maka blogging tak ubahnya panggung pertunjukkan mesin SpinnerChief. Sentuhan khas penulis, jokes segar dan kemampuan berinteraksi dengan komunitas baik di blog maupun jejaring sosial tetap dibutuhkan untuk memberikan soul pada artikel.

Artikel model begini sudah banyak beredar di internet. Tapi saya nggak akan pernah bosan mengulang-ulang dalam penulisan. Setiap hari selalu muncul pendatang baru yang mencoba peruntungan di blogging. Dan saya yakin mereka tetap butuh informasi blogging bahkan yang basic sekalipun.

Buat Oom-Oom blogger senior, tolong tulisan kali ini jangan diketawain. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan leave comment. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

83 thoughts on “Panduan Dasar Blogging Untuk Pebisnis Online Pemula”

  1. Wew.wew.wew,mantab mas,
    ehm,memang kadang-kadang karena impian kita yg terlalu tinggi dan pengen lgsg dpt hasil,mmbuat kita sering lupa hal dasar yg seharusnya kita lakukan terlebih dulu.

  2. “newbie pun harus cerdas”. setuju mas..

    terkadang ‘mereka’ malas untuk belajar dulu, malas untuk menggali ‘sesuatu’ yang dia sukai. Sudah keburu tanya:
    “kenapa saya kok….”, “gimana caranya….”, dkk.
    Saya rasa orang seperti itu bukannya harus belajar “gimana caranya”, tapi belajar percaya dengan talentanya..

  3. saya sadar bahwa saya juga masih belajar mas, dan belajar itu ada tahapannya, ada tingkatannya, ada levelnya. Makanya mas, blog saya saya kasih nama belajarlevelsatu dengan harapan saya bisa belajar mulai dari yang paling dasar.

  4. Mugo2 tulisan ini tercatat sebagai amalnya Mas Agus…
    Mugo2 Mas Agus selalu diberkahi, sehat kuwarasan dan makin sukses…
    Makasih sodaqoh ilmunya
    Salam!

  5. Yang susah adalah menjiwai setiap tulisan. .
    kalo tujuannya buat dpt duit. .uda susah..
    tapi kalo untuk berbagi baru gampang

  6. Tujuan awal saya ngeblog sebenernya ingin menulis cerita2 tentang motivasi dan kekuatan pikiran sekaligus ingin mencari teman yang mempunyai visi yang sama. Tidak ingn sekedar ngejunk, nyepam, seo, atau apalah itu… Akhirnya tujuan itu semakin terbuka dan semakin mendekat… ketemu orang2 huebat…

  7. Untuk point Posting setiap hari, menjaga kualitas tulisan dan menjiwai tulisan kita memang sangat berat menurut saya.. Kadang menurut kita tulisan kita sudah baik tapi banyak diluar yang itu merupakan ilmu yang sudah lama dia miliki.. Jadi saya hanya untuk dokumentasi pribadi dulu sambil belajar terus…

    1. waktu pertama kali ngeblog saya ga punya tujuan secara spesifik.. namun dengan berjalannya waktu baru mulai bisa terlihat tujuannya karena sering baca blog2 oranglain.

      sampai sekarang pun belum terlalu jelas tujuannya.. nah yang begini bagaimana pendapat mas??

      1. Saya yakin sebenarnya tiap orang punya tujuan tertentu untuk setiap tindakan yang diambil. Termasuk dalam hal blogging. Hanya saja tujuan itu seringkali tidak tampak nyata, tapi masih samar-samar dalam pikiran. Nah, disinilah yang membedakan satu blogger dengan yang lain. Ada yang begitu menemukan tujuan tsb, ada pula yang masih ngambang.

        Cara termudah untuk mendapatkan wujud nyata tujuan adalah dengan sesering mungkin publikasi artikel. Semakin terasah kemampuan kita, semakin jelas ketertarikan kita di bidang mana. Sebagai contoh, saya baru sadar dunia saya adalah ghost writer setelah publish artikel ke 212. πŸ™‚

  8. Sayapun kini sadar betapa pentingnya mengasah kecerdasan dalam memilih tema postingan. Semakin banyak membaca semakin banyak juga inspirasi yang datang di pikiran….

  9. Hampir 80 persen kegiatan ngeblog adalah membaca.

    Bagaimana dengan yang memiliki Disabilitas dalam penglihatan ? Mereka tidak membaca tapi mendengar dengan bantuan ‘screen-reader’. Apakah mereka tidak mungkin menjadi seorang blogger ?…..he..he..he… Just Kidding..

  10. Wah, ada yang bernama Om-om dipanggil di sini makanya saya datang ke sini. πŸ˜›

    Kadang kalau harus jawab pertanyaan yang terlalu, maaf naif (bodoh) malah susah jawabnya. Bingung mau diberi jawaban apa.

    Contoh misal ada pertanyaan seperti ini dari seorang blogger newbie: “Bagaimana caranya dapetin duit dengan cepat dari internet?”

    Pertanyaan saya kepada Mas Agus Siswoyo, kira-kira dijawab apa kalau menjumpai model pertanyaan seperti itu, Mas? πŸ˜›

    Jangan bilang kalau disuruh pelihara tuyul, ya. Ha Ha Ha πŸ˜€

  11. salam hangat mas. Ngeblog emang merupakan trend terbaru dimana setiap orang dapat menjadi penulis bagi dirinya sendiri, bukan seperti penulis offline dimana tulisannya akan dinilai dulu sebelum terbit, tapi blog dapat memunculkannya sesuka hati, sehingga perlu pembelajaran terus menerus agar blog itu “hidu” sebagai mana mestinya.

      1. baru soalnya mas agus, hehe, saya kembali menulis, dengan gaya berbeda dari sebelumnya. hehe. lebih ke opini ke timbang sharing turotial blogging atau wordpress… πŸ˜€

  12. hahahahahah….

    panduan yang mendasar banget…

    aseeekkkkkkk

    ada yang masuk kriteria dasarku…

    uhuy

    πŸ˜€

  13. point terakhir sepertinya fase yang paling sulit..
    kalau sekedar menulis dan mempublish semua bisa,tapi ketika harus menjiwai,walah,sumpah,itu bagian yang paling sulit

  14. waduh jadi malu euy. nama saya kesebut ow ow.

    kebetulan beberapa hari ini lagi sibuk jadi belum sempet update. buru-buru kabur ke kandang mau nulis lagi ah.

  15. Terima kasih tips blogging-nya pak, Insya Allah akan saya laksanakan untuk menambah kualitas blog saya. Kebetulan ada juga beberapa tulisan saya yang membahasa dunia per-blogging-an, termasuk tips membuat dan mengelola blog.

    Salam kenal dan persahabatan antar blogger

  16. When you are updating your content or website, resist the urge to reinvent the wheel. If your niche topic is truly an evergreen one, use this fact to your advantage.

  17. Some time ago, I really needed to buy a car for my firm but I did not have enough cash and could not purchase anything. Thank heaven my mother proposed to get the from banks. Therefore, I did that and was satisfied with my car loan.

  18. Following my own investigation, billions of persons all over the world get the loan from well known creditors. So, there’s good possibilities to find a commercial loan in any country.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *