Pemula di WordPress? Ketahui Tips dan Trik Ngeblog Berikut Ini

Word Blog with colourful letters. 3D concept
Word Blog with colourful letters. 3D concept

Setelah mengetahui berbagai keunggulan WordPress, apakah Anda makin tertarik ngeblog di WP? Atau masih ingin belajar yang gratisan dulu?

Jika masih pendatang baru dan bingung mau memulai dari mana, saya sarankan Anda mengunjungi situs pembuat WP di http://www.wordpress.org. Jangan keburu tanya kepada orang yang ngaku-ngaku jago WP tapi belum terbukti kemampuannya. Hehehe…

Di situs tersebut Anda akan mendapat penjelasan panjang lebar langkah apa saja yang harus dilakukan. Pada dasarnya ada 4 hal yang akan anda lakukan:

Pertama, memahami pengetahuan dasar seputar blogging. Apa itu blogging, wordpress, pilihan fitur yang tersedia di wordpress dan persiapan install wordpress. Tidak masalah jika Anda tidak bisa berbahasa Inggris. Saat ini WordPress sudah support Bahasa Indonesia dan hal itu akan memudahkan Anda memahami cara kerja WordPress lebih baik.

Menurut saya, mempelajari hal dasar ini wajib dipahami karena langkah-langkah selanjutnya akan berhubungan. Jangan mempelajari dengan meloncat-loncat. Karena hal itu hanya akan bikin pusing dan menghabiskan waktu.

Kedua, membuat daftar perencanaan. Dalam hal ini adalah pemilihan nama domain, web hosting, memilih username dan password. Mengapa username dan password perlu direncanakan? Ya agar mudah mengingatnya. Anda mungkin butuh satu buku khusus yang akan mencatat semua data-data pribadi Anda, termasuk password dan username blog. Simpan rapi dan jangan bagi dengan orang lain.

Karena nanti kita akan berhubungan dengan beberapa akun, jangan sampai kita nggak bisa login hanya karena lupa username dan password. Nggak lucu khan…? Itulah gunanya manajemen blogging. Anda akan merasakan manfaatnya saat Anda telah mengelola banyak akun blog.

Ketiga, meng-install wordpress. Akan terlalu ribet kalau saya jelaskan disini. Untuk langkah detailnya silahkan baca Panduan WordPress yang dapat dipercaya. Saat ini sudah banyak tersedia panduan ngeblog pakai WordPress di internet, baik yang gratisan maupun berbayar. Masing-masing cara memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing.

Keempat, menata tampilan luar dalam blog. Seperti halnya dalam blog gratisan, langkah yang dijalankan hampir sama. Misalnya theme/template blog, moderasi komentar, profil pengguna, pengelompokan kategori, dan lain-lain. Meski tampilan luar blog itu penting, namun jangan terlalu lama bermain di layout blog. Ingat, konten blog adalah raja. Jangan sampai terlalu asyik edit tampilan blog lalu lupa update konten blog.

Next, pakailah tampilan blog yang sederhana. Berlebih itu tidak baik. Blog yang memakai terlalu banyak fitur dan aplikasi keren malah bisa memberatkan kecepatan loading blog. Apalagi sekarang sedang ngetrend mobile blogging. Kalau kecepatan loading blog Anda lambat, pengunjung akan segera kabur dari blog Anda pada lima detik pertama.

Demikian sedikit info dari saya. Bagi yang sudah tahu, dilarang tertawakan posting ini. Selamat menulis artikel blog. Semoga kesuksesan menyertai Anda.

26 Replies to “Pemula di WordPress? Ketahui Tips dan Trik Ngeblog Berikut Ini”

  1. WP emang keren banget…Qu dah takjub ama kemampuannya
    luar biasa banget
    hanya kadang hosting masih membebani
    tapi untung udah ada yang perbulan 5rb rupiing

  2. mas agus… beli hosting yang berapa sih kalo buat pemula…? yang pro? atau yang gimana?
    saya mau beli hosting tapi ragu2 ngga karuan soalnya belum pernah nyoba wordpress sama sekali..

    1. Hari gini masih pusing… πŸ˜€

      Nggak jamannya lagi mas…

      Saya memulai blogging cuma modal nekad. Awalnya saya beli paket profesional 180 MB. Lalu panduan dari Cafe BIsnis juga awalnya belum ngerti sepenuhnya. Tapi yang penting bersedia terus belajar. Kita manfaatkan support center dari tiap pengelola.

      WordPress sebenarnya nggak sulit-sulit amat kok mas…

      Hampir mirip dengan Blogspot, cuma format kolom admin saja yang beda. Buruan beli domain mas, nanti keburu disambar orang tuh… πŸ˜›

    1. Wah senangnya di kunjungi sama Lia…

      Saya sering posting artikel tentang blogging. Sering-sering aja Lia mampir kesini. πŸ˜€

  3. Sebelum punya TLD sendiri, dulu saya pakai wordpress.com ( ibadnet ) ,

    Alhamdulillah.. Ternyata pindah ke Domain sendiri ternyata Nggak Sulit dan Nggak Mahal..

    So, walau banyak Design yang bisa dipake (dreamweaver,joomla,Frontpage,publisher,flash4wd…. ) saya lebih suka pakai WP.. ( bisanya cm itu seh πŸ™‚ )

    Dan dengan Rp.185000 / Tahun saya bisa kelola Web saya sendiri.

    Mau pindah ke dot Com..? Hub. 085767450000 (SHL / Ibad)

    Saya siap membantu… ( Domain 90000/Tahun ) dan ( Hosting Terpercaya 95000/Tahun ) . Satu bulan saya kelola Web ini, Modal sudah kembali 5 kali lipat.

    Yang punya Web Terimakasih.

    Salam Kenal

    Pengumpul Uang Receh

    Lampung

  4. Hi Webmaster, If you’re interested in making money from your blog and driving thousands of free visitors to your website then i will show you a secret way to build a Blog Empire that earned over $1,107,693! Just check it out now:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *