Pengorbanan Terbesar Seorang Blogger

Sejak kemarin sore hingga beberapa hari ke depan, ramai terdengar suara manusia mengucap takbir. Idul Adha telah tiba. Kambing dan sapi menjadi buruan umat Islam untuk berkorban sebagai wujud keikhlasan beribadah kepada Allah.

Nah disadari atau tidak, selama ini seorang blogger yang aktif pun telah berkorban. Dua pengorbanan terbesar adalah:

Pertama, Uang.

Kita butuh duit untuk beli domain, menyewa hosting, membeli ebooks, themes, pasang iklan dan lain-lain. Padahal, selalu ada godaan untuk menghabiskan dana yang kita miliki untuk kegitaan lain.

Misalnya, daripada dipakai untuk nonton di XXI bersama teman-teman satu geng, saya cenderung lebih suka meng-investkannya untuk pasang iklan berbayar. Terdengar kejam memang. Tapi inilah pengorbanan.

Kedua, Waktu.

Ini adalah bentuk pengorbanan yang tidak tergantikan. Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama, yaitu 24 jam. Namun tidak semua blogger bersedia menghabiskan sebagian waktunya untuk kegiatan online-nya.

Mungkin kita berpikir lebih baik nongkrong bareng teman-teman di warkop sebelah daripada berpikir mencari ide untuk posting blog berikutnya. Padahal seorang blogger sejati seharusnya tahu bagaimana membagi waktunya, minimal 2 jam per hari untuk kegiatan bisnis online.

Atau bisa juga sudah online, tetapi tidak menggunakannya secara efektif untuk ngeblog. Bukannya mencari ide bisnis, malahan asyik game online, komentari fesbuk teman, gabung forum yang tidak jelas tujuannya dan lain lain.

Jangan sampai, apa yang sudah kita korbankan menjadi tidak berarti apa-apa. Karena apa yang kita tanam hari ini pasti akan kita panen di kemudian hari.

Selamat hari Raya Idul Adha 1430 H!

21 thoughts on “Pengorbanan Terbesar Seorang Blogger

  1. waah… kalo aku ngeblog cuman buat have fun 'n tempat berbagi siih.. he.he.. jadi kadang sekenanya aja, tapi aku akui juga.. gara-gara ngeblog aku jadi kebanjiran job bikin web ama desain.. plus dapet kenalan beberapa rekan bisnis yg membawa keuntungan materi yg gak sedikit buat aku sekarang.. btw, nice tips nih.. thanks :)

  2. Pengorbanan 1 lagi mas. Korban pikiran. Ya, sometimes kita mikir jg utk membuat posting, merencanakan visi blog ke depannya, dsb.

  3. tambah lagi mas..>korban perasaan! apalagi ngerasa dah usaha hampir setengah hari setiap hari kok fulus gak mo lengket2..(belum rejeki kali yeee..)

  4. ini nih pemikiran orang sukses. Berani menunda kebahagian sementara untuk meraih kebahagian yang lebih baik kedepannya. Semoga sukses mas agus

    Selamat hari raya idul adha 1430 H

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

    1. Ya begitulah Pak, di saat teman-teman seusia saya menghabiskan malam minggu dengan girlfriend/boyfriend mereka, saya malah asyik bikin artikel di depan komputer. Hehehe… :D

  5. Pendapat saya, pengorbanan terbesar seorang blogger adalah waktunya untuk membuat tulisan di blog. Salam.

    1. Kemampuan tiap orang memang berbeda. Tetapi Ada juga lho blogger yang bilang cuma butuh waktu 5 menit untuk membuat satu artikel….

  6. Tanpa pengorbanan jangan harap akan tergapai keberhasilan. So, Pengorbanan besar niscaya memberi hasil yang jauh lebih besar pula. Yakinlah…

  7. kalau aq cukup pak blogspot u/ rumah q, susah paya ngejar PR domain cuma setahun, ebook aq banyak koleksi g perlu beli alias gratis, ngenet pun juga gratis, bloh q terbangun aq belajar oto dididak alias belajar dari inet, tp mang bener yang paling besar pengorbanannya adalah uang

  8. sebelunya salam kenal mas ya..
    sebenarnya dari dulu saya pengen ikutan bisnis on-line, namun terhalang oleh biaya, untuk sewa domain dan hosting, krag masih yg gratisan, ada gk cara memaksimalkan blog gratisan, biar berpenghasilan, hehe,,setelah itu baru pke yang premium,,
    di bantu ya,,
    salam!!!

Leave a Reply