Senangnya Blog Dikomentari, Tapi Sayang Tidak Berkualitas

PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter
PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter

Salah satu tolak ukur blog populer bisa dilihat dari banyak sedikitnya kunjungan. Apalah artinya ngeblog kalau tidak ada kunjungan. Lebih khusus lagi komentar. Bagi saya, komentar adalah sumber terbesar munculnya semangat ngeblog. Entah komentar baik dan buruk terkait tulisan saya, itu semua menjadi pemacu saya untuk lebih aktif ngeblog di The Jombang Taste.

Selain itu, posting blog dapat menjadi wadah diskusi yang cukup interaktif dengan adanya nested comment. Bisa saling membalas komentar dan berinteraksi ide-ide yang sebelumnya tidak pernah disangka. Itulah enaknya ngeblog. Anda bisa memiliki komunitas diskusi yang memudahkan Anda memperluas lingkungan pergaulan. Anda bisa memiliki banyak teman dari berbagai daerah di Indonesia meski tanpa pernah tatap muka.

Namun, tidak semua komentar serta-merta membawa kemajuan bagi perkembangan hidup mati blog. Namanya saja pergaulan di internet, kita tidak pernah tahu apa isi pikiran seseorang. Ibaratnya, ada yang bisa menjadi vitamin yang berguna memelihara kerja tubuh. Namun adapula yang mampu berubah jadi racun disaat kita lengah. Apa saja jenis komentar itu?

Pertama, komentar yang mem-fokuskan kalimat komentar pada topik pembahasan. Misalnya: kalau sedang membahas panduan WordPress, yang dibicarakan tentu tidak jauh-jauh dari WP. Ini adalah komentar ideal yang diharapkan dalam setiap posting. Komentar jenis ini bisa membantu mencerdaskan pemikiran Anda dalam pengetahuan blogging.

Kedua, komentar yang isinya memuji melulu. Bagi saya, ini adalah jenis komentar jebakan karena bisa membuat pemilik blog jumawa atau merasa benar sendiri. Ujung-ujungnya jadi skeptis terhadap pendapat blogger lain. Inilah jenis komentar yang menjebak Anda pada kesuksesan semu. Apa yang dia ucapkan bisa menjadi blunder bagi masa depan blogging Anda.

Ketiga, komentar yang berisi spam iklan. Jujur saja, saya dapat menyebutkan hal ini karena dulu saya pernah melakukannya. Hehehe… Please, don’t try this at blogosphere! Untuk jenis komentar ini, biasanya langsung ditangkap sama Akismet. Komentar spam dilakukan baik oleh manusia maupun robot yang memang ditujukan untuk menyebar link suatu website.

Tuh kan, ternyata tidak semua komentar bisa membawa manfaat. Apakah Anda punya pendapat lain?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

86 thoughts on “Senangnya Blog Dikomentari, Tapi Sayang Tidak Berkualitas”

  1. Senangnya blog dikomentari, tapi…

    TIDAK SEMUA PENGUNJUNG yg datang dan MEMBACA meninggalkan komentar.
    Sy cek di google analytcs… Ada ratusan pengunjung harian but komen? 20% doang.

    Tp yg jelas klo di blog saya mas siswoyo, kondusifitas tak jaga. Biar tetep positif dan nyaman disana.
    Ada ngga da komen, saya tetep nebglog.

    Maju terus blogger Indonesia.

    1. Seperti dalam posting saya sebelumnya, blogging adalah sarana aktualisasi diri. Tempat menunjukkan identitas diri. Biarpun nggak ada komentar, blogging maju terus, nggak pernah surut.

      Nice comment mas Arif.. 😀

  2. Assalaamu’alaikum

    Saya suka membaca posting ini… memberi komentar punya pelbagai reaksi yang sememangnya itu yang harapkan.. hars terima semuanya dengan baik dan dibahas dengan baik agar jalinan persahabatan terus terjalin. salam mesra selalu.

  3. kalo sayah mw komen terus terang tergantung sm yg punya blog. Kalo belum bgitu kenal, biasanya komennya yg sopan2. tapi kalo dah akrab, suka OOT kemana2 komennya, hehe. Kalo untuk blog ini saya masih sopanlah, baru kenal soalnya, hihi…
    Tapi kadang juga sayah bela2in gugling untuk mencari tau topik yg sedang dibahas sm yg punya blog, kalo sy belum begitu ngerti dengan pembahasannya.
    Intinya sebenarnya adalah saling menyemangati dalam ngeblog dengan kunjungan kita ke blognya. Dan indikator kalo kita mengunjungi kan lewat komen. 🙂

  4. saya sepaham dengan artikelnya. Namun di blog saya saya memberikan keleluasaan kepada kawan-kawan untuk berkomentar apapun, kecuali spam dan menggunakan kata2 yang tidak baik tentunya saya sensor.
    Trims atas artikelnya yang mengingatkan. Salam 🙂

  5. bener tuh, apalagi ngak ada komentar apa apa eh isinya malah iklan, misalnya kunjungi link ini anda akan mendapat ini, kalo yang begituan bakal saya hapus hehehe

    1. Kalau ditulis dalam bahasa asing sih wajar. Tapi kalau masih pakai bahasa Indonesia, saya pikir kita bisa meninggalkan komentar sesuai pengalaman pribadi.

  6. meski singkat, komentar harus lah bermanfaat…

    baca dulu postingan nya, pahami tema yang sedang dibahas baru komentar, seperti mas agus bilang d postingan di atas bahwa komentar haruslah relevan dengan tema postingan. bagi saya, komentar seseorang mencerminkan integritas dan kepribadian seseorang serta wawasan yang dimilikinya..

    salam

  7. Salam Kenal Mas.

    Saya setuju dengan point pertama, memberikan komentar harus sesuai dengan topik pembahasan tapi bagaimana kalo topik yang akan dibahas tidak dapat memancing sebuah komentar??

  8. Berarti yang nulis artikel kurang kreatif tuh.

    hahaha… 😀

    Ada banyak cara untuk memancing komentar pengunjung. Salah satunya adalah memberi pertanyaan pamungkas di akhir kalimat.

  9. Thanks udah ke blog T 🙂

    Btw saya cuma tau ngasih komentar aja di blog orang 😛 mo sifatnya mendukung or tidak, tergantung kondisi *wah kayak kepolisan aja nih main 'kondisi2'* hahaha…

    Salam.

      1. Kondisi yang; kalo emang menurut saya tulisan itu mesti didukung ya saya dukung 😀 kalo kadang nggak sesuai sama pandangan saya, ya saya sampaikan apa yang ada di otak saya soal tulisannya itu… nggak selamanya mendukung si pemilik blog, nggak selamanya menentang tulisan si pemilik blog hehehehe..

    1. Makanya saya menghindari penulisan artikel yang terlalu panjang. Karena hal ini dapat membuat mata lelah dan pada akhirnya pengunjung kabur sebelum selesai baca.

  10. blog gak di komen sih gak ada masalah buat saya.

    tetep ngeblog aja…

    saya jawab komentar aja banyak nggak seriusnya hahahha

    1. Blogging is blogging. Seperti posting saya sebelumnya, blog adalah aktualisasi diri. Biarpun nggak adayang komentar, the blog must goes on…. 😀

      Mantab mas Candra…

  11. terkadang postingan orang sangat panjang,mungkin itu lah sebab akibat orang hanya berkunjung dan berkomentar salam kenal atau bla bla bla….

    seperti saya ini…

    salam blogger kalsel

    1. postingan blog saya yang terakhir emang agak kepanjangan mbak, pada males tuh pengunjung ngasih komentar…he…he…he….

    2. Penulisan yang terlalu panjang dapat disiasati dengan menampilkan point-point penting saja. Saya aja males kalau over kalimat yang nggak perlu… 🙂

  12. Maaf, mau mengamankan posisi KEDUA PULUH LIMA dulu, bolehkan?!

    blog sayapun senang kalau banyak yang mengomentari, berarti tulisan-tulisan yang saya buat membuat pengunjung merasa perlu untuk berkomentar.

    tapi kebanyakan komentar apa nggak buat loading blog jadi lelet?

    1. Saya yang Ke-26 aja deh mas Rudy… 😀

      Banyak komentar nggak selalu bikin lelet koneksi. Memory tulisan khan sedikit mas…

  13. salam super,,,

    betul mas, terkadang saya juga aneh kalau ada komentar yang memuji muji terus,,,

    saya lebih senang justru kalau yang berkomentar di blog saya mengajukan pertanyaan, karena itu menjadi semangat tambahan sekaligus memperbesar keinginan menghadirkan manfaat lewat tulisan tulisan saya !!

  14. saya lebih suka berkomentar dan menerima komentar apa adanya, sesuai dengan pengetahuan kita. Jika kontra, ya bilang saja kontra tapi dengan alasan yg tepat dan jika ternyata pendapat kita salah, ya harus bisa menerima dengan baik….

    biasanya (kalau yg koment gak banyak), saya baca satu persatu sampai selesai barulah memutuskan akan menulis apa, karena sering dari situ bisa dapat sebuah pembelajaran atau ide untuk dituangkan dalam artikel berikutnya …

    masalah artikel dikomentari atau tidak, buat saya tidak masalah, yg penting update jalan terus …

  15. Yaah, kalau saya sendiri, ketika blog saya dikunjungi dan dikomentari (tentunya bukan spam dan tentu saja nyambung) merupakan kesenangan tersendiri. Saya bisa berkunjung balik ke orang2 yang mengomentari dan bisa menambah sahabat, baik sesama blogger, maupun pengunjung yg lain.

    1. @Nugraha, kalau saya pribadi, komentar pengunjung adalah support terbesar dalam aktivitas blogging saya. tanpa mereka, bagai sayur tanpa garam.

  16. kalo saya termasuk komentar jenis yang mana yah

    secara ini ga pake WP, ga pernah muji dan ga pernah nyepam

    hehehe

  17. salam kenal, kalau saya lebih suka kombinasi ketiganya mas, selain berkomentar sesuai topik yg dibahas, biasanya sy menyisipkan pujian bahwa artikel yg diblog itu memang bagus, jadi sudah sepatutnya sy ucapkan bahwa isinya emang bagus atau keren, selain itu ada unsur promosi juga sih walaupun tidak terlihat secara langsung, jika komentar kita bagus n orang yg baca juga senang pasti mereka yg baca komentar kita jadi penasaran, spt apa seh org yg menulis komentar itu n otomastis mereka akan mengklik link blog kita, he… jadi semuanya bagus asal kita bisa meramunya dengan benar

  18. hahaha benar tuch mas ! gak semuanya membawa manfaat, tapi yang paling seru tuch, kalo nambahin link artikel pendukung atau ayat suatu kitab, dan juga seru tuch, kalo jadi bahas yang tetap berhubungan tapi membutuhkan pemikiran tinggi. 🙂 makasih atas komentarnya di blog saya ya mas… maaf baru berkunjung balik, sibuk UTS dan ada masalah pada wordpressku…

    saya akan stay TUne mas… 🙂

  19. salampagii mas aguus selamat pagiii
    kunjungan pertamaa bri kesini
    semoga nanti kita bisa bersahabat
    __that is praying and im praying^^__

  20. ampun mas agus… saya ngga akan jadi spammer lagi… Huhuuhuhu

    udah ga jaman spam2…

    enaknya baca artikel dari blognya… ini juga salah satu transfer ilmu tho.. setelah itu baru berkomentar sesuai isi hati nurani…

  21. Mas Agus mo tanya nih… apa setiap yang koment harus kita balas satu persatu atau yang kira2 memerlukan jawaban atau bantuan aja yang harus kita jawab….

    Trims infonya, semoga suksess n tetap semangat

    1. Tidak ada aturan pasti bahwa setiap komentar harus dibalas. Namun, seperti halnya dalam dunia nyata, ada etika yang harus kita pegang. Misalnya, Kalau ada tamu berkunjung ke blog kita, masak ya di diamkan saja. Paling tidak kita sapa say hello. hehehe… 😀

  22. ada tidak ada komentar blogging harus tetap berjalan. Tapi tentunya dengan adanya komentar, ini akan membuat kita lebih bersemangat lagi. Seperti diberi segelas es teh manis yang melepaskan dahaga.

    Bener juga tuh mas, kalo komentar isinya memuji mulu bisa bahaya, Kalau kata tukul, “Pujian itu Teror” 😀

  23. Assalaamu alaikum. selama ini biasanya ( terutama belakan ini )saya akan kasi komentar kalo merasa tergelitik unutk kasi komentar. nah kalo yang jenis ini komentar jenis apa ya ?

  24. Hello,thanks you for this wonderful blogg, i really find many new things on it and i really loved the design of the blogg. I found it on yahoo. I also want to wish you a happy new year.

    1. Hi Tracey, welcome to my 'home'…!

      Nice to know you. I'll be glad if you find something usefull in my blog.

      Happy New Year too…! 😀

  25. Thank you for sharing superb informations. Your website is very cool. I am impressed by the details that you’ve on this blog. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found just the info I already searched everywhere and just couldn’t come across. What a perfect web-site.

  26. Hello There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful info. Thanks for the post. I’ll definitely comeback.

  27. I appreciate, cause I found exactly what I was looking for. You’ve ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *