Tidak Ada Rahasia Supaya Blog Kebanjiran Komentar

Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo
Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

Sampai detik ini saya masih tidak percaya bahwa posting game Facebook masih menyedot perhatian dan komentar dari teman-teman blogger. Meski sempat dicap sebagai posting nggilani, toh tidak menyurutkan rasa penasaran mereka terhadap isi tulisan tersebut.

Walaupun ย Oom JS yang saya tunggu-tunggu reaksinya tidak kunjung datang, saya tetap bersyukur saat melihat antusias para komentator yang berlomba-lomba mengkritisi posting tak biasa tersebut .

Dan efeknya memang langsung terasa. Baik di blog ini, inbox facebook saya maupun inbox gmail kebanjiran pertanyaan newbie. Rata-rata pertanyaannya sama: adakah tips khusus supaya posting kebanjiran komentar.

Dengan munculnya artikel hari ini, saya katakan dengan tegas: Tidak Ada Rahasia Supaya Tulisan Menghasilkan Ratusan Komentar. Mohon maaf jika ada reseller RB yang merasa tersinggung kalimat ini. Tapi inilah adanya.

Lalu apa penyebab tulisan kemarin rame komentar dan jadi bahan pembicaraan selama beberapa hari terakhir?

Jawabnya: berani beda. Berani keluar dari pakem yang selama ini membatasi pemikiran. Saat menulis, sebisa mungkin saya membiarkan imajinasi pikiran menjadi liar dan tak terkendali. Apapun yang terlintas di pikiran langsung saya tuangkan dalam draft posting. Saya tidak ambil pusing perkara isinya benar atau tidak. Yang penting ide harus terus mengalir.

Saya sebenarnya cepat bosan saat membaca artikel tutorial bla bla bla dan seterusnya. Dan Anda pun pasti sudah terlalu sering menjumpai posting seperti itu. Atas dasar itulah saya memberanikan diri membuat topik pembicaraan yang sedikit gila dan sempat dikatakan cari popularitas semata.

Nah, terhadap mereka yang mengatakan saya sebagai seleblogger mendadak tenar, yuk mari kita lihat dari sisi mana penilaiannya.

Melihat arsip tulisan blog ini, kebanyakan ide dan pemikiran tersebut berasal dari pengalaman sehari-hari saya. Kalau ada moment menarik, segera saya rekam dalam ingatan kepala tentang detail peristiwa. Pas ada jadwal posting artikel, segera saya buka kran pikiran lebar-lebar dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Jadi, semua memang sudah berjalan alami dan tidak saya buat-buat.

Alasan kedua sudah terjawab: berani menanggung segala resiko yang muncul setelah tulisan terpublikasikan.

Kalau sekedar berani beda tapi nggak siap resikonya, bisa-bisa Anda terkena serangan jantung akibat kritikan yang datang bertubi-tubi. ๐Ÿ˜€ Sebaliknya, jika berani terhadap segala kemungkinan, tapi tulisan yang Anda buat masih kategori ‘aman’ ya silakan menikmati traffic blog yang seperti biasanya.

Demikian ulasan kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang memimpikan ledakan traffic blog. ย Satu guru satu ilmu, yang nggak suka artikel ini jangan ganggu.

:ngakak ย :ngakak ย  :ngakak

130 Replies to “Tidak Ada Rahasia Supaya Blog Kebanjiran Komentar”

    1. RAHASIANYA kunjungi blog triwahyudi.com wakakakakakakakakaka……. :sup: :sup:

      Tapi memang benar adanya mas…. Sebetulnya semuanya TIDAK ADA RAHASIA, dan itu adalah FAKTA!!

      Yang jadi pertanyaan lagi? bagaimana caranya biar beda!! Ya… ikutin aja kata hati…. dan jaman sekarang… nulis artikel makin GILA makin rame blognya…. yang penting jangan :nosara :nosara

      mantap gan….. :maho :maho :alay :alay :alay

      1. betul betul betul.. coba ada emoticons upin ipin kan lebih rame mas agus.. btw blogwalking ke blog mas agus memang banyak untungnya… :cendol :cendol :cendol

          1. bukan senang mas harusnya bangga karya sendiri menjadi panutan buat orang lain :thanks2

      1. Baru baca detail niy. Emang tuh kebanyakan temen-temen yang baru ngeblog ngebahas tetang hal yang sama yang sebelumnya dah ada yang ngepost. Bagus juga siy buat referensi, tapi kalo semua blogger nulis itu, gak ada variasi. Thanks Sob, dah nulisin isi hati Saya. Saya juga sempat terpikir ide yang sama dg tulisan Sobat. Tapi belum sempet nulis. Hehe.

    1. Selama ini belum pernah terjadi blogger yang terkena jerat pasal pencemaran nama baik. Itu artinya blogger Indonesia masih sopan-sopan. Mungkin Master mau coba? Hehehe…

    1. Seperti tulisan di atas. Beda itu boleh. Asal bisa mempertanggungjawabkan dan ada usaha untuk mempromosikan. Nah, diantara dua hal tersebut mana yang belum Anda miliki?

    1. bukan luar biasa lagi mas budhi.. super duper hyper jumbo sangat sangat luar biasa !! :cendol :cendol :cendol

      1. Mas Arief terlalu berlebihan menilai blog ini. Kalau mau jujur, masih banyak PR yang harus saya kerjakan untuk memperbaiki performa blog. Salah satunya memakai plugin seperti yang mas Arief sarankan. Makasih ya…
        :thanks2

        1. bukan melebih-lebihkan.. memang itu kesan saya buat blog mas agus… hehehehe… sama-sama mas agus :cendol :cendol

          1. hehehe ada dong… tapi ga terlalu berharap juga dikabulkan sama mas agus… tapi emang blog mas agus sekarang lagi rame nih.. buktinya aja saya nulis artikel ada backlink mas agus komentar langsung deres kaya' ujan :supermaho :supermaho :cendol

    1. Yo’i… :alay
      semuanya jelas las dan gamblang… :batabig

      Kalau selama ini ada yang bilang susah cari traffic blog, ya karena dua hal di atas belum dilakukan.

  1. blogger kambing belom komeng neh :maho

    kok judulnya mirip blog mashengky: tidak ada rahasia kambing mas! wakakakak :ngakak :bigo

  2. Sebenarnya sudah menjadi "rahasia umum" simpel saja "take and give" kalau ingin dikomentari ya harus memberi komentar :alay

    1. Itulah yang saya tahu yang dilakukan Mas Agus selama ini. Disamping itu memang tulisannya juga beda dari gaya ataupun alur ceritanya….saya tebak…mungkin mata kuliah Bahasa Indonesianya dapat A :cendol Benar gak mas?

      1. Hahaha. Nggak juga Pak.

        Cuma, sejak kecil saya memang suka menulis buku harian. Sampai sekarang, buku harian SD saya masih saya simpan rapi di rumah.

        Selain itu saya suka sekali baca majalah. Majalah apa saja. Baik yang saya ngerti maupun tidak. Jadi kebiasaan itu terbawa terbawa sampai sekarang dan mempengaruhi gaya penulisan blog ini.

  3. Saya cukup bingung juga ketika membaca cara rahasia kebanjiran komentar. Karena, untuk apa sih komentar jika tidak berkualitas (maaf yang tersinggung!hehehe), maksudnya tidak memberikan feedback dari artikel yang kita tulis.

    Bagi saya sedikit ataupun banyak bukan masalah, yang penting dapat feedback yang berkaitan dengan artikel kita.

    Oleh karena itu, saya dukung sekali isi dari artikel ini.

    1. Ada kepuasan tersendiri saat tulisan kita mendapat sambutan luar biasa dari teman-teman blogger. Bagi saya, kesenangannya lebih membahagiakan daripada makan sekarung buah durian. Hehehe…

  4. tetap akan menjadi rahasia bagi blogger yang jarang mengunjungi blog dengan artikel-artikel seperti ini…. ๐Ÿ™‚

    Salam Kreatif,

    Octa Dwinanda

      1. Bukan maksud saya membuat sensasi mas. Tapi akhir-akhir ini alam pemikiran saya sedang bebas tak terkendali. Jadi apapun yang terlintas di otak, bisa menjadi bahan posting blog.

        Apalagi saat lihat koleksi foto mas Umar di Fesbuk, makin besar rasa penasaran saya untuk menampilkan sesuatu yang unik dan beda. Mas Umar, boleh nggak saya pinjam fotonya?

        mengharap.com

        :hope

  5. Saya pribadi sih tidak terlalu punya obsesi untuk mendulang banyak komentar. Yang penting bagi saya apa yang saya tulis bisa memberikan pencerahan atau manfaat optimal bagi si pembaca. Itu sudah menjadi kepuasan batin buat saya.

    Bosan baca tutorial? Mungkin karena topiknya terlalu luas, terlalu general, atau pembahasannya KLISE (alias tidak ada sesuatu yang baru). Mudah-mudahan ke depannya saya lebih baik lagi dalam menulis tutorial/tips ngeblog.

    Oya, topik yang kontroversial emang terbukti banyak mengundang komentar. Saya juga pernah membukikan beberapa kali di blog saya ๐Ÿ™‚

      1. Kenapa belum berani, mas?

        Asal isinya memang fakta, tidak seharusnya kita takut. Just sharing apa saja yang terpikir. Perkara nanti mendapat respons apa tidak, itu urusan belakang.

  6. hem… berani berbuat, berani tanggung jawab…betul mas Agus? berani beda, berarti berani terima kritik atau pujian dari orang lain…LUarbiasa mas^_^

    salam hangat :cendol

    1. Kalau saya pribadi, lebih baik menerima kritikan daripada pujian. Karena kritikan adalah multivitamin yang membantu kinerja tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak. Sementara pujian justru sering membuat kita terlena dan malas introspeksi diri.

  7. oooooh…ternyata itu toh rahasianya…

    pantesan gak ketemu2, wong memang nggak ada…

    ketemunya ya kalo sering berkunjung ke blog seperti punya mas agus ini…

    :cd :cd

    dengar2 sudah jadi seleblogger ya…

    :shakehand2 :shakehand2

  8. seringnya berkunjung ke blog lain juga bisa bikin blog kita kebanjiran komentar. Memang ga butuh rahasia-rahasiaan ya mas… :ngacir2

  9. Walaupun Mas Agus sudah membuat artikel dengan judul tidak ada rahasia…., ternyata kalau kita simak isinya walaupun secara samar sesikit banyak sudah membeberkan bagaimana rahasianya agar tulisan kita kebanjiran komentar….he….3x

    1. Nggak salah! Inti marketing adalah penawaran. Maka semakin banyak teman semakin banyak kesempatan bagi kita untuk menawarkan produk yang kita jual.

  10. Dofollow adalah suatu blog yang fungsinya memberi baclink secara cuma-cuma kepada si pemberi komentar. jadi, kita ga sia-sia tuwh komentar di blog ya dofollow, karena link kita dalam berkomentar akan secara otomatis backlink oleh si blog tersebut. dan tanda blog itu dofollow atau tidak, dengan adanya gambar/logo yang menunjukkan dofollow, biasanya logonya seperti di blog saya, dan ada pula yang dengan logo U COMMENT I FOLLOW, untuk cara pengaturannya blog ini menjadi dofollow, cari aja di google," mengubah blog menjadi dofollow", semoga dapat membantu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *