Tiga Sekawan di Acara Gathering CafeBisnis

Hari Sabtu kemarin saya menghadiri acara gathering member CafeBisnis di THR Mall, Surabaya. Ini adalah acara kopdar yang ke sekian kalinya saya hadiri, nggak tahu yang ke berapa ya. Kalau biasanya acara digelar di foodcourt plaza atau mall, baru kali ini saya memilih tempat di ruang seminar. Suasananya jadi terasa agak resmi meski aslinya banyak yang ketawa-ketiwi waktu dengar sharing kawan-kawan lain.

Yang datang di acara kali ini kebanyakan member dari Surabaya dan Sidoarjo. Namun ada tiga orang yang berbeda dalam pandangan saya. Mereka bertiga adalah mahasiswa yang berkawan dekat dan sedang membangun bisnis online bersama di bidang pengajaran bahasa. Namanya Wiwin (dari Kediri), Endra (dari Jogja) dan Irham (dari Lombok). Apa yang berbeda? Mereka mengaku masih newbie banget, nggak malu bertanya kepada peserta kopdar lain dan tentu saja memiliki semangat untuk maju.

Sebagai mahasiswa dengan keuangan yang pas-pasan, kalau nggak boleh dibilang terbatas, saya sempat ngobrol banyak dengan mereka.

Dan kesimpulan saya, mereka punya misi dan visi yang bagus dan mereka bersedia memperjuangkannya. Banyak lho orang yang punya daftar impian yang panjang berderet kayak polisi lagi baris, tapi nggak semua mau memperjuangkan dalam tindakan. Seringkali orang macam ini menyalahkan keadaan untuk berkata ā€œSudahlah, hidup nggak usah neko-neko. Yang biasa-biasa saja sudah oke kokā€ Mungkin mereka yang doyan mengeluh lupa dengan kalimat ini:

Memang kesuksesan itu sulit di raih, tapi hidup akan lebih sulit lagi kalau kita nggak bisa jadi orang sukses.

Ada banyak mahasiswa selain Wiwin, Endra dan Irham yang tengah membangun impian mereka. Dan saya selalu memandang takjub kepada anak muda yang tak pernah lelah berusaha mencapai impian. Bertemu dengan orang-orang semacam mereka adalah motivasi terbesar bagi saya buat melangkah ke depan.

We Are Not Alone

Nggak peduli mereka berada pada level apa (newbie dan senior hanyalah sebutan, not a value) setidaknya sharing sesama anak muda (Eh, saya termasuk anak muda lho) bisa membuat saya tersadar, Iā€™m not alone. Yes, you are not alone. Masih ada banyak pejuang yang merangkai mimpi-mimpi mereka di luar sana, bisa jadi salah satunya adalah Anda. Apakah Anda akan tercatat ke dalam golongan orang yang sukses sebagai pemenang atau pecundang, Anda sendiri yang menentukan. Bukan orang tua, mentor bahkan pacar sekalipun.

Sayang obrolan di ruang kopdar terbatas oleh waktu karena buru-buru satpam datang melakukan check list property dan mau closing ruangan, maklum sudah jam 18.00 dan sudah overtime dari jadwal semula yang hanya sampai jam 16.00. Obrolan kami berlanjut di angkot sampai Wonokromo saat saya memberi petunjuk arah pulang menuju terminal Bungurasih, biar nggak kesasar gitu. And, so far I enjoy that moment (sampai lupa foto bareng). Ketemu orang-orang baru dan membawa semangat baru untuk esok hari, itulah salah satu manfaat mengikuti kopdar.

Ada yang punya pengalaman seru sepulang dari kopdar?

54 Replies to “Tiga Sekawan di Acara Gathering CafeBisnis”

  1. saya juga mahasiswa loh mas, yang punya banyak cita2, lagi target mengejar satu hal pelan-pelan karena gak bisa dikebut terbatasan dana dan kompentensi diri (masih belajar maksudnya) hehe, tapi sayangnya gak ikut kopdar. lebih enak punya cita2, daripada gak, karena di masa depan banyak yang bisa kita ceritakan pada anak cucu kita karena pengalaman berharga itu memang telah kita lakukan… šŸ˜€

  2. saya pelajar mas.. keren nih.. keuangan pas-pasan juga hehe saya sekarang lagi nyari modal untuk bisnis online yang besar sekarang.. baru kekumpul gope’an sih…

  3. greeeeennnnn…hmmmm serasa wangi grass di ruangan ini…..
    sayang kemaren, pas nyempet2in waktu, pake ngabur ngabur buat kopdar, mas agusnya malah ndak datang hehehe belum jodohhh

  4. Wah kisahnya “Gua Banget” tu mas.. hehehe

    sayangnya saya bukan member CB jadi b bisa nimbrung gathering di surabaya ne.. hehehe

  5. jati motivasi untuk saya yang sudah tua ini untuk tetap memperjuangkan impian saya…. ga mau kalah ah sama yang muda-muda

  6. Thank Mas Agus dan Mas Lutvi, Mas Zainal dkk atas terlaksananya acara kopdar kemaren. Amat sangat Bermanfaat sekali bagi saya. Minimal saya bisa kenal banyak teman dan saling membantu. Walau pulangnya di guyur hujan, eh malah dapet inspirasi di jalan. Trus Berjuang Bersama.

  7. mas agus fotonya kok gak ngajak saya,saya lagi dimna ya…???
    lain kali mungkin bisa dilanjutkan kopdarnya karena banyak sekali ilmu yang didapat,selain itu meningkatkan semangat lagi karena cerita keberhasilan teman2 dan tidak mundur karena kegagalan,memang ke gagalan senantiasa di alami untuk mencapai kesuksesan.

    1. Sorry mas, kayaknya kemarin waktu mas Ari lagi sholat ashar kami gantian foto-foto gitu. Oke, mudah-mudahan bulan depan kita bisa ketemuan lagi. Topiknya apa ya? Ada ide?

  8. wah..sementara ini baru sekali kopdar bloggerjogja.net hehehe

    seru ,dan ketemu orang2 yang luar biasa..dibalik layar sebuah website šŸ˜€

  9. Wah kalau diadakan diBanjarmasin saya bisa ikut nih kopdara, sayangnya dipulau Jawa terus.
    Oh ya saya juga mahasiswa juga lho mas, sedang mengikuti beberapa jenis bisnis online ya meskipun yang didapat gopean tapi mendinglah daripada nggak dapat apa-apa…

      1. Ya kelanjutannya. Saya kan tidak ikutan jadi tidak tahu udah sampai mana . Mungkin tips optimasi penempatan iklan, atau cara mencari keyword yang berharga mahal, biar 1 klik bisa dapat $10 he he šŸ˜€

  10. sangat menarik dan menyentuh terutama gaya penulisan dan bahasa yg digunakan…. mas agus gmn caranya supaya bisa menulis artikel spt mas agus

  11. saya ga pernah kopdar mas…
    apakah sebegitu besar manfaatnya?? karena waktu yang saya habiskan banyak untuk mengajar disekolah dan butuh ekstra tenaga untuk mengatur acara seperti kopdar diatas.. waktu untuk menuju sekolah dari tempat tinggal 2 jam kadang lebih berarti dalam satu hari saya menghabiskan waktu 4 jam lebih untuk macet2an dijalan..

    mohon diperjelas lagi manfaat kopdar agar saya dapat mengubah pandangan yang agak ortodok ini..
    terimakasih mas..

    1. Banyak manfaat kopdar yang saya dapat selama ini. Yang utama tentu saja nambah kenalan. Lalu membangun relasi, calon mitra, membuka peluang baru, menciptakan ide baru, menambah kepercayaan diri, membangun branding di satu bidang, dapat jodoh dan lain-lain.

  12. Waduh saya belum pernah ngalamin kopdar jadi nggak bisa cerita nih mas
    BTW lama nggak berkunjung blognya udah jadi sejuk mas

  13. Hello just wanted to provide you with a fast heads up. The written text inside your article seem to be operating from the screen within Internet explorer. I am not sure if this can be a format problem or something like that to do with internet browser compatibility however i figured Id publish to let you know. The look look great although! Hope you obtain the issue solved quickly. Many thanks

  14. Sampai ketemu lagi bulan depan dengan topik yang berbeda. Hope you obtain the issue solved quickly. mohon diperjelas lagi manfaat kopdar agar saya dapat mengubah pandangan yang agak ortodok ini..

  15. I have been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts in this kind of house . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Studying this information So i am glad to express that I have an incredibly excellent uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I most indubitably will make sure to do not omit this web site and provides it a glance on a relentless basis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *