Tips Menulis Artikel Tutorial

Sebenarnya ini bukanlah kebiasaan saya untuk menulis artikel tutorial. Tapi ada kejadian khusus yang mau saya bagikan. Ceritanya bulan lalu saya lagi kena deadline setor artikel untuk penerbitan majalah online CafeZine Edisi 3.

Tidak seperti tulisan saya di Cafezine Edisi Perdana yang murni artikel lepas, kali ini saya kebagian artikel tutorial karena artikel jenis lainnya sudah keburu dipakai penulis lainnya seperti mas Arief, Pak Asmuni dan lain-lain.

Awalnya saya pesimis bisa menulis tutorial, tapi jiwa adrenalin saya menjawab: “Masak nggak berani terima tantangan. Kemon boy, panggil tuh arwah ghost writer. Hahaha…!”

Akhirnya selama tiga jam saya memacu otak untuk menyelesaikan panduan membangun website forum. Meski masih terlihat acak-acakan, tapi akhirnya selesai juga. Hehehe.

Berkaca dari pengalaman tersebut, berikut ini adalah sedikit tips untuk menulis artikel tutorial:

1. Sistematis.

Penjelasan dimulai dengan penjelasan sederhana disertai contoh-contoh ringan hingga terberat. Kalau perlu, tuliskan sedikit latar belakang dan sejarah peristiwa akan menjawab alasan kenapa pembaca harus terus mengikuti tutorial Anda.

2. Mendapatkan Studi Kasus.

Memang tidak mudah mencari studi kasus. Tapi kalau Anda sering mengoprek blog dan bertukar pikiran dengan pakar seperti Rudy Azhar, Tri Wahyudi dan Satrya akan Anda dapatkan penjelasan detail hal ini. Misalnya, manfaat dan efek samping pemakaian sebuah tool untuk dua blog yang berbeda themes.

3. Menemukan Kasus Variatif.

Kecanggihan teknologi otomatis diikuti pula oleh semakin beraneka ragamnya masalah yang muncul. Sesekali Anda perlu mengembangkan wawasan supaya cara pemecahan masalah juga berkembang. Misalnya, kenapa sebuah plugin jadi error dipakai pada themes Thesis dengan platform WordPress 3.0. Atau bagi yang jualan VCC, Anda mesti berpikir bagaimana problem solving menjawab pertanyaan yang sama pada orang yang berbeda yang setiap hari mengganggu hidup Anda. 😀

4. Bahasa Populer.

Agar tulisan tutorial anda lebih akrab dengan pembaca, gunakan bahasa yang sederhana dan rileks. Memakai bahasa resmi yang sesuai EYD memang bagus menurut guru bahasa. Tapi ini dapat Anda abaikan pada pembuatan artikel tutorial. Bahasa percakapan sehari-hari yang ‘gue banget’ bisa jadi solusi terbaik dalam transfer pemikiran.

5. Perbanyak Screen Shoot.

Ada sebagian netter yang cocok dengan metode belajar visualis. Artinya, banyak melihat banyak belajar. Saat ini semakin banyak extention yang bermanfaat untuk membuat screen shoot. Tinggal pilih yang sesuai dengan browser yang Anda pakai saat ini.

6. Selingan Humor.

Harap diingat bahwa yang membaca artikel Anda adalah manusia, bukan robot. Oleh karena itu, sesekali menuliskan humor kilat bisa bermanfaat untuk mengurangi keangkeran hal-hal teknis. Misalnya Anda menyisipkan kalimat: “Eh, Anda paham dengan penjelasan di atas?” atau “Jreeng… jreeeng… jadi deh sebuah themes unik ala Si Bejo”.

7. Dapat dihubungi.

Kalau Anda berani menulis artikel tutorial, berarti Anda siap menerima efek tulisan Anda. Hal ini bisa berupa komplain atas ketidaksesuaian hasil, hal-hal yang masih belum jelas, tindakan lanjut setelah proses akhir dan sebagainya. Oleh karena itu, penyertaan alamat email ataupun URL blog menjadi hal yang penting sebagai bentuk tanggungjawab kalau ada apa-apa.

Bagaimana, sudah siap membuat membuat tutorial?

22 Replies to “Tips Menulis Artikel Tutorial”

    1. bukan repost, tapi update otomatis plugin old tweet post. kebetulan komentar lama pada kehapus waktu pindahan hosting, jadi seperti muncul artikel baru. hehehe.

  1. Buildings are quite expensive and not everyone is able to buy it. However, loans was created to support different people in such kind of hard situations.

  2. Thanks for your posting. What I want to say is that while looking for a good internet electronics go shopping, look for a web-site with complete information on key elements such as the security statement, basic safety details, any payment guidelines, as well as other terms plus policies. Often take time to look at help plus FAQ areas to get a far better idea of what sort of shop works, what they can perform for you, and just how you can make best use of the features.

  3. Hi there very cool website!! Guy .. Beautiful .. Wonderful .. I’ll bookmark your web site and take the feeds additionally?I’m glad to find numerous useful information right here within the publish, we need develop extra strategies on this regard, thanks for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *