Tolak Ukur Kesuksesan Seorang Penulis

Penulisan artikel dan motivasi blogging adalah sepotong bagian dari luasnya belantara blogging. Masih ada bagian lain yang tak kalah banyak jumlahnya. Ada topik marketing, menejemen diri, perencana keuangan, adsense dan lain-lain.

Maka, saat beberapa artikel kawan blogger membahas tolak ukur kesuksesan, saat itulah saya tertarik ikut nimbrung membahas dalam kerangka berpikir ala Agus Siswoyo.

Kalau kita bicara sukses atau tidaknya seorang penulis, maka tolak ukur yang digunakan berbeda dengan topik blog lainnya. Kalau blog marketing sudah jelas. Berapa banyak uang yang dihasilkan itulah yang dilihat pertama kali. Sehingga muncul idoim, jika traffic tidak bisa diubah menjadi uang maka anda belum layak disebut Internet Marketer.

Namun, kesuksesan seorang penulis tidak selalu diukur dengan jumlah uang yang dihasilkan. Uang adalah efek samping yang ditimbulkan. Kalau saya sebut efek samping, Anda jangan tanya efek depan dan belakang ya. :-)

Bagi saya, kesuksesan seorang penulis adalah kemampuan menyampaikan pesan kepada pembaca untuk memberikan manfaat berupa wacana baru dalam berpikir dan bersikap ke arah perkembangan kecerdasan emosi dan intelektual.

Lalu, untuk blog motivasi sudah jelas parameternya. Jika setelah membaca sebuah artikel lantas para pengunjung menjadi lebih bersemangat dari kondisi semula, itulah salah satu tanda kesuksesan.

Kalau dunia penulisan dan motivasi diri digabung, maka setiap kali saya publish artikel, saya dikatakan sukses kalau tulisan-tulisan saya bisa membuat Anda tergerak secara lahir dan batin untuk tetap aktif men-update blog.

Bagaimana menurut Anda? Adakah parameter lainnya yang bisa digunakan untuk mengukur kesuksesan seorang penulis?

10 thoughts on “Tolak Ukur Kesuksesan Seorang Penulis

  1. Wonderful goods from you, man. Ive research your own stuff ahead of as well as youre just as well amazing. I like what you have right here, really like what youre stating and exactly how you state it. You are making it enjoyable and you nonetheless have the ability to help to keep this wise. We cannot wait around to go through additional of your stuff. That is really an incredible website.

  2. I’m very influenced along with your website as smartly with the structure for your blog. Is this fact the compensated theme or even did you colorize it for you your self? In either case continue the superb high quality composing, it’s unusual to determine a great blog such as this one nowadays.

Leave a Reply