Windows Live Writer, Sahabat Koneksi Lola

Sebagian besar blogger menyalahkan koneksi internet sebagai biang kerok minimnya frekuensi posting artikel blog. Sudah capek mondar-mandir mencari lokasi strategis tempat mangkalnya sinyal-sinyal provider, eh hasilnya tetap saja lola alias loading lambat. Akibatnya, kita sering uring-uringan sendiri. Mau komplain provider internet jawabnya pasti itu-itu saja, dibiarkan malah bikin sakit kepala.

Saya pun pernah mengalami sebagian hal-hal di atas. Tapi itu dulu, sebelum ketemu Windows Live Writer, software buatan Microsoft yang sangat membantu para blogger mengakali keadaan di atas. Penjelasan detail mengenai Windows Live Writer, link donlod, install software dan sebagainya silakan buka blog Satrya dalam artikel Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

Lalu, apakah manfaat Windows Live Writer (WLW) dibanding tool sejenis yang beredar di internet? Beberapa diantaranya adalah:

1. Mendukung kinerja beberapa blog sekaligus.

WLW membantu Anda mengelola beberapa blog sekaligus, bahkan untuk blog yang berbeda platform. Ini cocok bagi Anda yang punya aktivitas ternak blog (baca: dummy blog) untuk mengoptimalkan langkah monetisasi blog.

2. Mampu menampilkan tema secara live.

Saat mengedit tulisan, Anda dapat melihat langsung tema blog yang sedang Anda pakai. Seolah-olah Anda tidak sedang menulis di dashboard tapi langsung di halaman utama.

3. Adanya WYSIWYG Editor.

Cara kerja WLW adalah WYSIWYG. Jadi, apa yang Anda lihat adalah apa yang akan Anda dapatkan. Ketika Anda melakukan perubahan format tulisan, Anda akan mendapatkan preview yang sama pada blog Anda.

4. Fitur backup draft artikel.

WLW mampu menyimpan draft setiap artikel yang Anda tulis. Hal ini membantu Anda dalam hal antisipasi kalau sewaktu-waktu system Windows yang tertanam di PC atau laptop Anda mengalami crash.

5. Kemampuan mengedit file gambar, video dan media lainnya.

WLW mampu mengupload file-file seperti gambar screenshoot, video tutorial, image artikel dan media lainnya langsung saat Anda menulis draft.

6. Efektif bekerja offline.

Keuntungan utama memakai WLW adalah Anda dapat menggunakannya secara offline. Anda memiliki ide posting blog tapi tidak ada koneksi Internet? Saatnya WLW beraksi. Mulailah menulis artikel Anda pada WLW lalu simpan. Kapan-kapan kalau ada jadwal tayang tinggal submit saja.

7. Adanya keyboard shortcuts.

Siapa yang tidak suka menulis pakai cara pintas atau shortcuts? WLW punya tuh. Coba tekan F2 saat WLW aktif, Anda akan melihat serangkaian fitur baru yang membantu Anda mengefektifkan waktu ngeblog.

Nggak usah berlama-lama lagi, langsung dicoba aja gan…

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Windows Live Writer, Sahabat Koneksi Lola”

  1. That might be this kind of a superb cleverness which you can be delivering and also you allow this separate with regard to totally free. We absolutely love discovering webpages which comprehend the actual benefit associated with delivering the top quality useful resource with regard to no cost. It is the actual previous just what about occurs about regime .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *