Duta Guru Sanggar Yatim Mandiri, Tempat Anak Yatim Belajar Membaca dan Menulis Alquran

Keceriaan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017
Keceriaan Motif Baju Batik pada Acara Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017

Pendidikan anak yatim di Indonesia harus dilakukan secara menyeluruh, baik dari sisi kemampuan kognitif, mental, spiritual, maupun sikap mereka terhadap lingkungan di sekitarnya. Pendidikan anak yatim yang telah dilaksanakan oleh Yayasan Yatim Mandiri di Indonesia bukan hanya di bidang pendidikan matematika melalui Program Sanggar Genius Yatim Mandiri.

Yayasan Yatim Mandiri juga aktif melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran membaca dan menulis Alquran untuk anak-anak yatim melalui program Duta Guru Sanggar. Program Duta Guru merupakan kegiatan pendidikan anak-anak yatim yang telah dilaksanakan paling awal oleh Yayasan Yatim Mandiri, jauh sebelum dilaksanakannya program sanggar genius dan sangat genius unggulan yatim Mandiri.

Program duta guru sanggar Yatim Mandiri dilaksanakan di lokasi-lokasi Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri yang tersebar di lebih dari 45 kota atau Kabupaten di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peserta didik program data guru sanggar Yatim Mandiri adalah anak-anak yatim kelas 1 sampai kelas 6 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Anak-anak yatim binaan Yatim Mandiri mengikuti kegiatan belajar membaca dan menulis Alquran dengan frekuensi 3 kali pertemuan dalam sepekan. Anak-anak yatim itu belajar ditemani dengan seorang ustadz atau Ustadzah yang telah memiliki kualifikasi khusus sebagai pengajar al-quran binaan Yayasan Yatim Mandiri.

Program Duta Guru Sanggar Yatim Mandiri tidak jauh berbeda dengan kegiatan pembelajaran di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) yang ada di desa-desa di seluruh wilayah Indonesia. Program duta guru sanggar Yatim Mandiri memiliki kurikulum yang mengadopsi dari program membaca al-quran dengan metode Tilawati. Setiap ustadz dan ustadzah pengajar sanggar Yatim Mandiri harus telah memiliki sertifikat lulus uji mengajar Alquran dengan metode Tilawati.

Buka Puasa Bersama Bank Jombang dan Yatim Mandiri KCP Jombang
Buka Puasa Bersama Bank Jombang dan Yatim Mandiri KCP Jombang

Pendidikan Agama Islam untuk Anak Yatim

Setiap peserta didik Duta guru sanggar Yatim Mandiri dibekali dengan kemampuan membaca Alquran mulai dari paket dasar jilid 1 hingga tingkat Mahir. Selain itu mereka diajarkan menulis huruf-huruf hijaiyah dan ayat-ayat dalam kitab suci Alquran. Bagian paling penting dalam kegiatan Duta guru Sanggar adalah menghafal doa pilihan sehari-hari dan menghafal surat-surat pendek dalam kitab suci Alquran.

Setiap peserta didik duta guru sanggar Yatim Mandiri akan diberikan rapor penilaian hasil akhir setiap semester. Setiap bunda yatim ataupun wali anak yatim diwajibkan menghadiri kegiatan pembagian raport di sanggar genius atau sanggar Duta guru Yatim Mandiri. Mereka harus mengetahui perkembangan belajar anak-anaknya yang menempuh pendidikan di sanggar genius.

Mendidik anak yatim merupakan kewajiban bagi setiap umat beragama. Anda dapat berpartisipasi dan bersinergi dalam program pendidikan Duta Guru sanggar Yatim Mandiri untuk anak-anak yatim di seluruh Indonesia. Bantuan dan donasi Anda sangat berguna bagi kelangsungan program pendidikan anak yatim di Indonesia. Anda dapat menghubungi petugas zakat di kantor-kantor cabang Yayasan Yatim Mandiri di seluruh wilayah Indonesia. Mari bersedekah!

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Duta Guru Sanggar Yatim Mandiri, Tempat Anak Yatim Belajar Membaca dan Menulis Alquran”

  1. Barakallah Ustadz. semoga segala bentuk kepedulian kepada anak yatim di Jombang bisa membuat hidup kita lebih berarti bagi sesama manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *