Gathering Sanggar Genius Guwo Mojowarno Jombang

Memasuki kegiatan belajar semester genap tahun ajaran 2018-2019 sanggar genius Al-Mujahidin Guwo melaksanakan gathering pada Sabtu, 12 januari 2019 lalu. Acara pertemuan wali murid, peserta didik dan guru Genis ini berlangsung di kediaman koordinator sanggar Genius. Sanggar Genius adalah salah satu program pendidikan yang dilaksanakan oleh Yayasan Yatim Mandiri untuk pendampingan belajar di luar sekolah bagi anak-anak yatim dan dhuafa.

Setiap murid Genius mendapatkan pendidikan matematika dan ilmu sains secara gratis dengan frekuensi pertemuan tiga kali dalam satu minggu. Kegiatan belajar sanggar jenius berlangsung secara santai namun tetap mengutamakan tujuan pendidikan Islami. Kurikulum yang digunakan oleh sanggar Genius terpaku pada modul Genius. Modul tersebut terdiri dari berbagai level dan tingkat kesulitan mulai dari level dasar hingga level mahir sesuai dengan penamaan abjad dan angka A1, A2, B1, B2, C1, dan seterusnya.

Gathering sanggar Genius dihadiri 11 anak didik dan 7 orang bunda yatim dari Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Pertemuan rutin enam bulan sekali ini diawali dengan doa bersama dan pembacaan surat-surat pendek dalam juz amma. Kemudian satu per satu murid-murid sangat Genius menampilkan kemampuan terbaik mereka dalam mengapresiasi seni. Mereka menampilkan nyanyian, puisi dan tarian dengan dekorasi sederhana namun tetap tidak mengurangi kemeriahan acara. Kegiatan gathering Sanggar Genius dimulai pukul 13.00 dan berakhir pukul 15.00 WIB. Cuaca hujan tidak mengurangi antusias mereka dalam mengikuti kegiatan gathering sanggar Genius ini.

Ajang Kreasi Seni

Pada kesempatan tersebut telah dibagikan rapor murid Genius. Rapor tersebut merupakan catatan perkembangan belajar peserta didik di sanggar Genius selama enam bulan terakhir. Rapor Genius memberikan deskripsi penilaian terhadap aspek kemandirian, spiritual, perkembangan intelektual, dan kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran. Sumber penilaian rapor adalah aktifitas belajar siswa selama mengikuti kegiatan les di Sanggar Genius. Acara diakhiri dengan doa penutup dan pembagian hadiah untuk semua peserta dan tamu undangan yang hadir di acara tersebut. Anak-anak pun menyambut hadiah itu dengan riang-gembira.

Pengalaman penulis menjadi guru Genius memberikan banyak pengetahuan tentang cara berdakwah di masyarakat pedesaan. Mereka pada umumnya masih mengutamakan pemenuhan kebutuhan pokok, yaitu makanan, minuman, pakaian dan tempat tinggal. Sangat sedikit di antara mereka yang mengutamakan pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak yatim dan dhuafa sehingga perlu dilakukan pembenahan mental supaya mindset yang terbentuk lebih baik.

Anak-anak yatim itu bukanlah sumber penghasilan bagi bunda yatim. Mereka tidak boleh dijadikan alasan untuk meminta-minta bantuan orang lain. Sebaliknya, pendidikan setiap anak merupakan kewajiban orang tua, baik orang tua tunggal maupun orang tua yang masih berada dalam keluarga lengkap. Semoga gathering sanggar Genius bisa memberikan dampak yang baik bagi semangat anak-anak yatim dan juga bunda yatim di Dusun Guwo.

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Menulis dan Mengerjakan Soal Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

Bagikan artikel ini melalui:

11 Replies to “Gathering Sanggar Genius Guwo Mojowarno Jombang”

  1. Salut utk konsistensi pak agus dalam mendidik anak-anak yatim di sekitar tempat tinggalnya. bagaimanapun mereka adalah anak-anak yang membutuhkan pendampingan belajar serta kasih sayang seorang bapak untuk menemani masa kecil mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *