Indonesia Mengaji dan Buka Puasa Bersama 400 Anak Yatim Jombang

Artikel Ushul Fiqh - Penggalian Hukum Islam dari Dalil-dalil
Mari membaca, memahami dan mengamalkan Kitab suci Al-Quran

Yayasan Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang mengadakan kegiatan Indonesia Mengaji bersama 400 anak yatim dari seluruh Kabupaten Jombang. Program Indonesia Mengaji dilaksanakan pada Jumat, 24 Mei 2019 di Gedung Aula SMK Negeri 3 Jombang. Acara Indonesia Mengaji dimulai pukul 14.00 WIB. Satu per satu peserta kegiatan hadir dan memenuhi ruangan aula. Mereka lantas membuka lembaran-lembaran kertas pada kitab suci Alquran. Dua orang perwakilan pengajar program Duta Guru tampil di atas panggung. Mereka membimbing para peserta buka puasa untuk mengaji bersama.

“Indonesia Mengaji merupakan program pendidikan Yayasan Yatim Mandiri yang dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia,” demikian dijelaskan oleh Muslichudin, Branch Manager Yatim Mandiri Jombang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Al-quran pada diri setiap anak. Syukur-syukur kebiasaan membaca Al-quran di bulan Ramadhan ini bisa mereka lanjutkan seterusnya usai Lebaran Idul Fitri,” imbuh pria asal Jogoroto ini.

Penulis hadir di acara ini bersama 15 orang peserta didik Sanggar Genius Al-Mujahidin. Sebanyak 400 anak yatim mengikuti kegiatan Indonesia Mengaji. Mereka membaca ayat-ayat Alquran dalam juz 30 dengan khusuk meskipun beberapa anak kecil masih belum mampu membaca Alquran dengan lancar. Para prserta berasal dari 20 buah sanggar Genius di Kabupaten Jombang. Mereka tetap antusias mengikuti kegiatan ini hingga berakhir pukul 15.00 WIB.

“Sungguh merupakan suatu berkah bagi saya untuk bisa mendampingi anak anak yatim di Jombang dalam acara Indonesia Mengaji,” ujar Ustadz Amin Habibie, salah satu qori’ yang membimbing anak-anak membaca Alquran juz 30.

Indonesia mengaji adalah program khusus di bulan Romadhon yang dilaksanakan di berbagai sanggar genius binaan Yayasan Yatim Mandiri. Setiap peserta didik Sanggar Genius memiliki tugas untuk menyelesaikan bacaan kitab suci Alquran sesuai juz yang ditentukan panitia pelaksana. Setiap anak memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas membaca Al-quran di sanggarnya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini semua anak didik Sanggar Genius berkumpul untuk mengkhantamkan Alquran secara bersama-sama. Kegiatan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan ketakwaan anak-anak dalam beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, kegiatan ini juga melatih anak-anak untuk hidup disiplin dan bertanggung jawab.

“Semoga anak-anak terbiasa mencintai Al Quran, membacanya setiap hari, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran sebagai pedoman hidup mereka,” imbuh Ustadz Amin Habibie.

Acara Tadarus Al Quran pada acara Indonesia Mengaji berakhir menjelang pukul tiga sore. Setiap anak pun segera bersiap untuk melaksanakan salat jamaah Ashar bersama panitia pelaksana. Setiap peserta kegiatan telah membawa perlengkapan ibadah dari rumah. Mereka masih memiliki wudhu. Mereka pun menata diri untuk membentuk barisan salat secara rapi. Usai mengikuti salat jamaah ashar, para peserta acara pun menerima materi tausiyah dari Ustadz Asad Umar.

Bagian terakhir dari acara hari itu adalah penampilan seni drama pantomim oleh dua orang orang orang seniman dari Rumah Pantomim Nusantara. Sekitar lima ratus hadirin di gedung aula itu dihibur oleh penampilan pantomim yang dibawakan Kak Alfan. Peserta kegiatan bukber tampak senang dan menikmati acara buka puasa bersama sampai usai.

“Sampai jumpa di acara buka puasa Yatim Mandiri tahun depan,” pungkas Dwi Indrianto, penanggung jawab acara sekaligus Staff Program Yayasan Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Indonesia Mengaji dan Buka Puasa Bersama 400 Anak Yatim Jombang”

  1. Di manakah lokasi kantor yatim Mandiri Jombang? Apakah ada layanan petugas zakat yang mau menjemput ke rumah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *