Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017

Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017
Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017

Selasa, 13 Juni 2017 lalu menjadi hari yang inspiratif bagi saya. Saya berkesempatan mengikuti buka puasa Ramadhan bersama (bukber) dua puluh lima anak yatim di Kantor Yatim Mandiri Jombang. Mereka adalah anak-anak istimewa yang tinggal di sekitar Desa Sengon Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Acara bukber Yatim Mandiri ini merupakan  salah satu rangkaian kegiatan Berkah Cahaya Ramadhan di Kabupaten Jombang.

Acara bukber diawali dengan ramah-tamah dengan anak-anak yatim sekitar pukul setengah empat. Saya sengaja datang jauh-jauh dari Mojowarno ke pusat Kota Jombang untuk bisa bercanda dengan anak-anak calon penghuni surga. Kegiatan nonton beberapa film pendek bergenre anak-anak menjadi pembuka yang manis. Acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan singkat dari pemimpin Yatim Mandiri Jombang. Bu Didik selaku Bunda Yatim yang mengantar anak-anak turut senang mendampingi 25 anak istimewa itu.

Saya mulai menyampaikan motivasi Islami kepada anak-anak sekitar jam setengah lima sore. Yel-yel motivasi yang saya dapatkan dalam acara Training Endhorphine Teacher saya terapkan dalam kegiatan bukber kali ini. Yel-yel tersebut terbukti ampuh membuyarkan rasa kantuk anak-anak yang sore itu hadir dengan pakaian berwarna-warni. Beberapa anak perempuan yang agak dewasa tampak malu-malu mengikuti kata-kata motivasi saya. Sebaliknya, audiens anak-anak sangat menyenangi kata-kata inspiratif saya.

Isi presentasi saya kali ini tidak terlalu banyak mengambil ayat-ayat kitab suci dan hadist nabi berbahasa Arab. Saya lebih suka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam inspirasi bukber anak yatim Sengon ini. Sebagai anak Indonesia, mereka lebih mudah mencerna kalimat-kalimat saya yang berbahasa Indonesia. Ah, senang rasanya bisa menginspirasi mereka sore hari kemarin. Saya sangat bersemangat membagikannya untuk kawan pembaca blog The Jombang Taste.

Yayasan Yatim Mandiri adalah lembaga amil zakat nasional yang konsen pada pendidikan anak yatim di Indonesia. Yayasan Yatim Mandiri membuka kantor cabang di Jombang sejak tahun 2013 lalu dan secara rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan santunan di bulan Ramadhan untuk anak-anak yatim dan kaum dhuafa. Yayasan Yatim Mandiri memberikan perhatian serius untuk pendidikan dan kesehatan anak yatim. Selain itu, Yatim Mandiri juga bergerak dalam pembinaan bunda yatim untuk menjadi wirausahawan sukses.

Tahun ini saya berkesempatan berkontribusi dalam acara buka puasa bersama anak yatim. Inspirasi buka puasa bersama anak-anak yatim Sengon saya akhiri ketika jam menunjukkan waktu berbuka puasa kurang lima menit. Kebersamaan bukber Yatim Mandiri di Jombang itu diakhiri dengan doa bersama dan makan takjil bersama. Semoga keberkahan bulan Ramadhan selalu hadir bersama anak-anak istimewa di Sengon, para donatur Yatim Mandiri dan para pengasuh Yayasan Yatim Mandiri Jombang. Sampai jumpa di acara bukber berikutnya! Saya tak sabar untuk segera berbagi semangat kehidupan dengan anak-anak istimewa selanjutnya.

5 Replies to “Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017”

  1. Saya senang baca artikel begini. Mas Agus tidak pernah lelah memotivasi anak-anak. Keep posting mas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *