Kemeriahan Lomba Mewarnai di Acara Inspiring Muharram 2018 Bersama Yatim Mandiri Jombang

Kaligrafi Santri TPQ Al-Mujahiddin
Kaligrafi Santri TPQ Al-Mujahiddin

Minggu yang sangat ceria terasa hari ini (7/10/2018) karena dilaksanakan lomba mewarnai untuk peserta tingkat kelompok belajar dan taman kanak-kanak. Lomba mewarnai Ini dilaksanakan oleh Yayasan Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang dalam rangkaian kegiatan Inspiring Muharram 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Masjid Moeldoko Desa Kayen Kecamatan Bandar Kedung Mulyo Kabupaten Jombang. Sebanyak 520 murid PAUD se Kabupaten Jombang mengikuti lomba mewarnai yang hilir-mudik mendatangi masjid mulai jam 08.00 pagi. Ayah Bunda pengantar peserta lomba mewarnai pun turut meramaikan aula masjid yang memiliki arsitektur sangat indah ini. Mereka tampak antusias mengantarkan para peserta lomba sejak awal hingga akhir acara. Beberapa dari mereka ikut kegiatan parenting yang dilaksanakan di dalam masjid.

Hari ini saya bertugas sebagai pembawa acara di lomba mewarnai. Menjadi pembawa acara di lomba anak-anak usia dini memiliki tantangan yang cukup berat. Seorang pembawa acara harus bisa menguasai keadaan dan mengendalikan alur acara dari awal hingga akhir. Selain itu tantangan dalam menjalankan acara ini adalah mengatur lalu lintas pergerakan massa yang tidak sedikit. Sebanyak 1500 orang yang memenuhi Kompleks Masjid memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendampingi anak-anak mereka berlomba sehingga diantara mereka sering terjadi aksi saling dorong mendorong ketika berjalan menuju aula. Peran pembawa acara harus bisa optimal dan hari ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi saya karena tingkat kesulitan cukup tinggi. Belum lagi buruknya sound system menambah kacaunya persiapan lomba mewarnai. Udara panas di dalam ruangan pun mengurangi konsentrasi saya dalam memandu acara.

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Menulis dan Mengerjakan Soal Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

Lomba mewarnai dimulai sejak pukul setengah sembilan dan berakhir pukul 10.00 WIB. Selanjutnya tim juri menilai gambar hasil karya anak-anak yang kreatif dan spontan itu. Para pemenang lomba mewarnai hari ini didominasi oleh peserta dari TK Dharma Wanita Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Ternyata mereka mampu mewarnai gambar dengan sangat bagus. Selain peserta dari TK dan Playgroup, lomba mewarnai Ini juga dihadiri oleh anak-anak yatim dari Sanggar Genius yatim Mandiri. Mereka berasal dari 19 sanggar Genius yang tersebar di seluruh kabupaten Jombang. Setiap peserta lomba mewarnai berhak mendapatkan piala. Anak-anak pun tampak senang menerima piala itu meskipun mereka tidak menang. Bagi mereka lomba mewarnai hari ini menjadi hiburan yang menyenangkan saat libur sekolah. Para ibu muda kekinian pun ikutan nampang dan bergaya di depan kamera dengan latar belakang anak mereka yang sedang berlomba.

Lomba mewarnai hari ini dimeriahkan oleh penampilan dongeng anak dari Kak Max. Kak Max menceritakan kisah yang menarik dan lucu di hadapan para peserta yang tersisa dan bertahan hingga akhir acara. Anak-anak mendengarkan cerita itu dengan serius. Sesekali mereka tertawa saat melihat pendongeng berlaku lucu dengan gerakan hewan-hewan yang diceritakan dalam tokoh cerita. Pada akhir acara diumumkan pemenang lomba dan penghargaan khusus kepada koordinator ikatan guru taman kanak-kanak Indonesia Kecamatan Bandar kedungmulyo. Bagian paling ditunggu dari acara ini adalah pemberian piala kepada para pemenang Olimpiade Matematika dan Al-Quran (OMATIQ) tahun 2018. Sebanyak 8 peserta terbaik telah diberikan piala dan mereka akan melaju ke babak final OMATIQ 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta bulan depan.

Rangkaian acara Inspiring Muharram 2018 dilaksanakan oleh Yayasan yatim Mandiri Kabupaten Jombang dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat kepada anak-anak yatim di Kabupaten Jombang. Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan dibekali informasi seputar program-program pendidikan yang dilaksanakan oleh Yayasan yatim Mandiri untuk anak-anak istimewa di Kabupaten Jombang. Sebagian besar orang tua tersebut merasakan manfaat dari kegiatan ini yaitu untuk membantu mendidik anak-anak mereka agar lebih bersyukur dalam kehidupan. Acara ini ditutup dengan meriah di aula masjid Moeldoko Bandarkedungmulyo. Para peserta pun membubarkan diri secara rapi dan kembali ke rumah masing-masing. Bagian dari acara Inspiring Muharram ini adalah kegiatan parenting yang dilaksanakan di masjid Moeldoko Lantai 2. Nantikan terus ulasan kegiatan-kegiatan Yatim Mandiri hanya di blog ini.

Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Kemeriahan Lomba Mewarnai di Acara Inspiring Muharram 2018 Bersama Yatim Mandiri Jombang”

  1. Walaupun acaranya tak jauh tetapi anak-anak tetap senang karena Pulang membawa piala. Semoga acara tahun depan bisa lebih baik lagi.

  2. Apakah lomba menggambar dan mewarnai di atas terbuka untuk umum? ataukah peserta dibatasi hanya dari sanggar Genius yatim Mandiri saja?

  3. Kalau boleh tahu tempat kantor yatim Mandiri Jombang itu di mana Mas? kami berminat untuk mengunjungi anak-anak yatim di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *