Ketika Anak Sanggar Genius Belajar Menerbangkan Drone Pertama Kali

https://www.instagram.com/p/BxfBxyigMOE/?igshid=pxkajj6m5kyh

Pelaksanaan Pesantren Ramadhan Kreatif hari pertama (11/5/2019) berlangsung dengan meriah. Acara pondok Ramadan ini dilaksanakan oleh Yayasan Yatim Mandiri kantor cabang Jombang di PAUD Ar-Rahman Jombang. Kegiatan pesantren Ramadan hari pertama adalah mengajarkan anak-anak untuk menerbangkan pesawat drone. Drone yang digunakan kali ini untuk membuat dokumentasi foto dan video dari udara. Anak-anak diajarkan untuk mengoperasikan drone oleh Kak Fanani dari Komunitas Drone Malang. Awalnya anak-anak ragu memegang alat elektronik ini. Tapi lama-lama mereka tertarik juga untuk mengoperasikannya.

Menurut tujuannya, pesawat drone dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu drone untuk tujuan dokumentasi, drone untuk tujuan militer, maupun drone untuk tujuan hiburan. Jenis drone yang digunakan pada acara pesantren ramadhan kreatif kali ini adalah pesawat drone yang digunakan untuk dokumentasi foto dan video dari udara. Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti acara ini sejak pukul tiga sore hingga menjelang pukul empat sore. Kak Fanani mengajarkan adik-adik sangat genius untuk menerbangkan pesawat drone dengan menggunakan connector antara telepon genggam dan pesawat drone.

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Menulis dan Mengerjakan Soal Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

Kegiatan menerbangkan drone dilakukan panitia pelaksana bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi terkini dalam kehidupan sehari-hari kepada sangat genius. Anak-anak sanggar genius selama ini tinggal dan belajar di desanya masing-masing. Pada kesempatan kali ini mereka dikumpulkan bersama oleh yayasan Yatim Mandiri kantor cabang Jombang. Sebanyak 65 anak genius mengikuti arahan dari Kak Fanani tentang piranti elektronik drone. Dikatakan olehnya bahwa pesawat drone dapat bekerja dan berfungsi dengan baik pada telepon genggam yang memiliki spesifikasi RAM minimal tiga gigabyte.

Kendati cuaca Kabupaten Jombang siang itu cukup panas, namun para peserta Pesantren Ramadan Kreatif tidak berkurang antusiasnya untuk mengikuti petunjuk dari Kak Fanani. Anak-anak itu pun membuat video bersama yang menggambarkan kerjasama dan persatuan para peserta kegiatan pesantren ramadhan kreatif. Selain menerbangkan drone, kegiatan yang dilakukan oleh para peserta adalah mengikuti motivasi islami dari Ustadz Fandi Bachtiar. Kemudian anak-anak juga diajarkan bermain drama pantomim dan bermain dolanan anak nusantara. Wah, seru sekali!

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

2 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *