Komunitas Pola Pertolongan Allah (PPA) Kunjungi Sanggar Genius Yatim Mandiri di Bajang, Mojowarno, Jombang

Perayaan Kemerdekaan Indonesia Bersama Anak Yatim Jombang (9)
Perayaan Kemerdekaan Indonesia Bersama Anak Yatim Jombang – Photo by ARCHA

Untuk pertama kalinya di masa pandemi ini penulis kembali menjumpai peserta didik Sanggar Genius Yatim Mandiri dalam sebuah acara yang melibatkan peserta lebih dari 30 orang. Hari ini Kamis, 27 Agustus 2020 telah dilaksanakan kegiatan pembagian bingkisan tanda kasih dari Komunitas Pola Pertolongan Allah (PPA) Learning Center (LC) Kabupaten Jombang. Penulis menyambut antusias acara ini. Lebih istimewa lagi acara santunan yatim ini dilaksanakan di bulan Muharram 1442 Hijriyah.

Komunitas PPA LC Jombang mengunjungi peserta didik Sanggar Genius. Kegiatan santunan anak yatim di bulan Muharram ini dilaksanakan tadi siang mulai pukul 13.30 WIB di gedung Madrasah Diniyah (Madin) Dusun Bajang Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Gedung Madin Bajang memiliki sejarah tersendiri bagi penulis. Inilah tempat pertama kali yang menjadi penugasan penulis sebagai Guru Genius Yatim Mandiri pada tahun 2012 silam. Kembali kesana merupakan reuni rohani setelah bertahun-tahun melanglang buana dari sanggar ke sanggar.

Sebanyak 30 orang anak-anak yatim dan beberapa orang pengurus Sanggar Genius Yatim Mandiri telah berangsur-angsur mengumpulkan diri di gedung Madin Bajang sejak pukul satu siang. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan santunan anak yatim di bulan Muharram ini. Bisa dipahami jika antusias anak-anak cukup besar untuk mengikuti acara kali ini mengingat pada bulan Ramadan tahun 2020 ini tidak dilaksanakan kegiatan buka puasa bersama. Buka puasa Ramadhan tidak dilaksanakan oleh Laznas Yatim Mandiri pada tahun 2020 ini mengingat protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 melarang aktifitas berkerumun lebih dari 10 orang.

Penulis memulai acara santunan anak yatim dari Komunitas PPA LC Jombang ini dengan permainan anak-anak. Penulis sengaja bermain menggunakan bendera dan huruf hijaiyah. Penulis menggunakan bendera merah putih sebagai atribut permainan karena menyesuaikan dengan situasi di bulan Agustus 2020. Bagaimanapun juga, anak-anak membutuhkan kegiatan rekreatif di tengah pelaksanaan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) yang berlaku di sekolah dan madrasah di seluruh wilayah Kabupaten Jombang.

Pada saat ini tengah berlangsung perayaan hari ulang tahun kemerdekaan negara Republik Indonesia. Tetapi karena kondisi Jombang saat ini masih dibayangi wabah Covid-19 maka perayaan lomba-lomba Agustusan tidak dilaksanakan di Sanggar Genius di seluruh wilayah binaan lembaga amil zakat nasional Yatim Mandiri Cabang Jombang. Bahkan kegiatan belajar di sanggar Genius pun telah dibekukan sejak Mei 2020 dengan alasan memutus penyebaran COVID. Adanya acara santunan anak yatim dari PPA LC Jombang sedikit memberikan penyegaran bagi mereka.

Acara santunan anak yatim yang dilaksanakan oleh komunitas PPA LC Jombang berakhir pada pukul tiga sore. Para peserta berangsur-angsur membubarkan diri setelah menerima bingkisan tanda kasih dari ibu-ibu pengurus komunitas Pola Pertolongan Allah Learning Center Jombang. Anak-anak merasa senang bisa mengikuti kegiatan ini. Demikian juga dengan para anggota komunitas Pola Pertolongan Allah Jombang mereka bahagia bisa memberikan tanda kasih di bulan Muharram yang dikenal sebagai bulannya anak yatim ini.

Komunitas PPA Jombang selama ini konsisten menebar kebaikan di berbagai kegiatan. Mereka yakin Allah akan memberikan pertolongan dengan cara yang tidak disangka-sangka oleh manusia. Semoga keberkahan selalu menyelimuti langkah kita dalam melaksanakan aktivitas di masa pandemi ini.  Aamiin. 

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Komunitas Pola Pertolongan Allah (PPA) Kunjungi Sanggar Genius Yatim Mandiri di Bajang, Mojowarno, Jombang”

  1. Subhanallah! acara yang sangat bagus sekali. mudah-mudahan kita bisa meniru teman-teman dari PPA LC Jombang yang sudah sangat peduli dengan anak-anak yatim.

  2. Barokalloh… saya ikut senang karena di masa pandemi ini masih ada komunitas yang peduli terhadap anak-anak yatim di pedesaan semoga langkah teman-teman dari komunitas pola Pertolongan Allah ini bisa menjadi contoh yang baik bagi teman-teman komunitas lain di Indonesia.

  3. Kalau boleh tahu Kantor Sekretariat komunitas PPA di Jombang ada di mana? kami tertarik untuk bekerja sama melaksanakan kegiatan seminar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *