Komunitas Youth for Change Jombang Bangun Personal Branding Lewat Blog Pribadi

Yayasan Yatim Mandiri berkomitmen mendampingi proses pemberdayaan potensi para remaja yatim agar bisa menjadi pengusaha sukses dan tahan banting. Hari ini Minggu, 5 Februari 2019 telah dilaksanakan pertemuan ketiga Alumni Super Camp 2018. Super Camp 2018 telah dilaksanakan di Padepokan Wonosalam Lestari (PWL) Kabupaten Jombang pada akhir Desember 2018 lalu. Super Camp di PWL diikuti oleh 90 orang peserta dari 4 kota di Jawa Timur. Super Camp 2018 dilaksanakan selama tiga hari dengan memadukan penyampaian materi di dalam ruangan dengan praktek kewirausahaan di lapangan. Acara tersebut terbilang cukup sukses dalam memantik semangat setiap peserta untuk bisa menjadi enterpreneur hebat. Motivasi hidup mereka pun meningkat.

Para alumni Super Camp tergabung dalam Komunitas Youth for Change dan tersebar di puluhan kota se-Indonesia. Kini saatnya mereka mengikuti program pendampingan pembekalan diri untuk bisa menjadi entrepreneur yang handal dan sukses di kota/kabupaten masing-masing. Kegiatan pendampingan anggota Youth for Change di Jombang hari ini diikuti oleh 15 orang peserta dari Jombang. Penulis bertindak sebagai fasilitator kegiatan Youth for Change. Pertemuan ketiga Komunitas Youth for Change hari ini berisikan pelatihan membuat blog pribadi. Pada pertemuan sebelumnya para peserta telah diberikan penjelasan manfaat membangun branding melalui sosial media dan blog pribadi. Kali ini mereka praktek secara langsung membuat blog pribadi.


Belajar Membuat Blog

Sebagian besar peserta kegiatan alumni Super Camp Jombang hari ini mengaku telah memiliki alamat email dan aktif memeriksa inbox email. Namun sayangnya tidak satupun di antara 15 orang peserta yang hadir ini telah memiliki blog pribadi. Blog pribadi merupakan website personal yang dibangun khusus untuk menampung pikiran seseorang dan berbagi cerita pengalaman hidup sehari-hari. Seorang narablog (blogger) bisa berinteraksi dengan pengguna internet di seluruh dunia melalui teks, audio dan video. Fakta yang cukup memprihatinkan adalah aktivitas internet remaja saat ini didominasi oleh kegiatan update status di sosial media seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram. Hanya sebagian kecil di antara mereka berminat menekuni kegiatan menulis secara aktif di blog pribadi.

Menulis adalah kebiasaan kaum terpelajar. Berkat kecanggihan teknologi, setiap pengguna internet saat ini dapat menjadi seorang penulis melalui media blog pribadi. Blog pribadi adalah website yang berisikan tulisan hasil pemikiran seseorang secara orisinil dan terstruktur. Blog pribadi juga menyajikan video dan foto hasil liputan citizen jurnalism. Inilah usaha efektif membangun branding yang paling tepat dilakukan di internet. Konten blog pribadi bernilai lebih baik dan lebih dapat dipertanggungjawabkan dan mampu mewadahi sisi ilmiah sebuah gagasan atau ide yang disampaikan kepada pembaca. Berbeda halnya dengan update status di Facebook dan Twitter yang cenderung emosional, spontan dan tidak ilmiah. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta memahami arti penting membangun personal branding di internet sehingga tingkah laku mereka di internet bisa lebih terkendali.

google domination
Harus kita akui google domination masih ada.

Belajar Menulis Bebas

Setiap peserta pelatihan hari ini membawa laptop ataupun smartphone untuk mempraktekkan instruksi dari penulis. Mereka tampak antusias mengikuti pelatihan membuat blog pribadi hari ini. Kegiatan pelatihan berlangsung di kantor Yatim Mandiri Cabang Jombang. Acara dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB. Sesi diskusi dilanjutkan usai sholat dhuhur secara berjamaah. Mereka mengikuti kegiatan ini dengan serius. Sesekali mereka bertanya ketika mendapatkan kesulitan memahami istilah-istilah dunia blogging dalam Bahasa Inggris. Mereka praktek membuat blog secara gratis menggunakan sistem manajemen konten WordPress. Mula-mula penulis ajarkan kepada mereka cara membuat akun WordPress dan mengenal panel-panel WordPress. Dengan sedikit utak-atik menu, para peserta telah bisa membuat blog pribadi. Setelah alamat blog pribadi mereka telah online, para peserta belajar menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan melalui teknis menulis bebas. Tulis saja apapun yang terlintas di dalam otak.

Penulis cukup terbantu oleh pengalaman pribadi selama 3 tahun menekuni bisnis online di Surabaya. Penulis telah mendampingi para blogger pemula Surabaya mengenal bisnis online lebih dekat. Penulis menduplikasi program training bisnis online yang telah penulis jalankan selama bertahun-tahun di lingkup Jawa Timur dan sekitarnya dalam studi kasus Alumni Super Camp. Alasan utama mengapa penulis mengajarkan cara membuat blog dengan WordPress adalah karena Content Management System (CMS) WordPress memiliki banyak keunggulan. Keunggulan WordPress adalah kelengkapan berbagai fitur yang bisa digunakan oleh blogger untuk menjadi nomor satu pada halaman hasil pencarian mesin pencarian Google. Harus diakui bersama bahwa Google adalah pusat informasi teknologi internet. WordPress adalah platform blogging yang memiliki reputasi bagus di mata Google.

Keunggulan WordPress

Selain itu, CMS WordPress juga memiliki keunggulan pada kemudahan mengganti tata letak dan layout dari tampilan sebuah halaman website blog pribadi. Saat ini WordPress menggunakan teknologi block layaknya permainan lego. Pengguna WordPress dapat lebih mudah mengekspresikan karakter mereka dalam mengelola tampilan blog pribadi. Dengan berbagai keunggulan tersebut, seorang blogger pemula pun dapat segera beradaptasi dengan panel-panel pada WordPress. Mereka bisa segera mempublikasikan tulisan, dibaca ribuan orang, mendapat respons netizen, dan menginspirasi jutaan pengguna internet diseluruh dunia. Disinilah nilai personal branding seorang blogger ditingkatkan dari level nol menjadi lebih berarti. Proses ini butuh konsistensi dan ketekunan diri. Alhamdulillah hari ini semua peserta pelatihan mampu membuat blog pribadi dan mempublikasikan artikel perdana.

Kelemahan kegiatan pelatihan membuat blog hari ini adalah para peserta pelatihan belum terbiasa menggunakan istilah-istilah asing dalam bahasa Inggris. Penulis pun harus menjelaskan terjemah beberapa kalimat dalam bahasa Inggris yang baru pertama kali mereka dengar. Para anggota komunitas Youth for Change Jombang memiliki antusias tinggi sehingga penulis menambah durasi pelatihan hingga 120 menit dari jadwal semula. Kegiatan pendampingan Alumni Super Camp seperti ini memang menguras waktu dan menguji kesabaran. Meski demikian, penulis semakin tertantang memberikan kontribusi terbaik manakala membayangkan betapa hebatnya anak-anak istimewa itu kelak saat mereka berdiri di puncak kesuksesan.

Penulis mengadakan kuis untuk meningkatkan semangat Alumni Super Camp dalam berlatih menulis artikel blog. Kuis tersebut adalah bagi siapa saja peserta yang berhasil menjadi orang pertama yang mampu mempublikasikan 10 buah artikel sepanjang sedikitnya 100 kata dalam blog pribadi mereka maka peserta terbaik itu akan mendapatkan hadiah domain berbayar dan hosting secara gratis dari penulis. Langkah ini penulis lakukan supaya setiap peserta dapat berpacu dengan dirinya sendiri untuk menjadi yang terbaik dalam mempelajari perkembangan teknologi internet untuk membangun personal branding mereka. Kelak para peserta pelatihan akan menyadari bahwa investasi membeli domain dan hosting melalui blog pribadi memiliki dampak yang cukup signifikan dalam membangun kepercayaan publik.

Selamat belajar dan berkarya di jagat dunia maya!

Bagikan artikel ini melalui:

14 Replies to “Komunitas Youth for Change Jombang Bangun Personal Branding Lewat Blog Pribadi”

  1. Semangat pak agus. Lama nggak ketemu rupanya skrg rajin turun gunung cari penerus blogger muda. Sukses pak. Semoga anak didiknya jadi blogger hebat.

  2. Diantara sekian banyak blogger senior yg msh eksis, cuma mas Agus yg punya jiwa sosial tinggi. Smoga ilmunya barokah mas. Klo bth bantuan apa saja tlg bilang saya. Nanti saya usahakan bantu.

  3. Akan lbh baik lagi kalau acara pelatihan gini di dokumentasikan lbh layak. Itu knp ada tumpukan kardus di blkg peserta. Bikin jelek foto aja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *