Komunitas Youth for Change Jombang Belajar Online Branding

Keberadaan internet sangat membantu proses pemasaran sebuah produk dan jasa kepada masyarakat luas. Teknologi internet sudah diakui oleh masyarakat secara umum bisa mempercepat proses pengenalan sebuah produk kepada masyarakat. Oleh karena itu penulis memandang perlu untuk memberikan dasar-dasar internet marketing kepada para Alumni Super Camp 2018 yang dilaksanakan di Padepokan Wonosalam Lestari akhir Desember 2018 lalu. Mereka tergabung dalam komunitas Youth for Change Kabupaten Jombang.

Pada Minggu, 27 Januari 2019 lalu telah dilaksanakan pertemuan kedua komunitas Youth for Change Jombang. Acara dimulai pukul 14.00 dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Pada kesempatan tersebut penulis membagikan materi online branding kepada 11 orang peserta yang hadir di kantor Yayasan Yatim Mandiri Cabang Jombang.

Istilah online branding bagi remaja kekinian mungkin terdengar masih asing tapi sebenarnya mereka telah mempraktekkannya dalam berbagai aktifitas di sosial media. Walaupun mereka tidak memahami beberapa istilah dalam internet marketing namun sebenarnya mereka telah menjadi konsumen dari pemasaran yang dilaksanakan dengan kecanggihan teknologi online marketing.

Online branding secara sederhana dapat diartikan sebagai cara pandang pengguna internet (netizen) terhadap diri kita. Cara pandang tersebut hadir melalui aktivitas sosial media yang kita ikuti, baik melalui facebook, twitter, whatsapp, youtube, maupun blog pribadi. Tanpa diminta pun netizen akan memberikan sebuah imej kepada diri kita.

Inspirasi Bisnis Online

Di antara sekian banyak platform sosial media yang digunakan oleh anggota komunitas Youth for Change, sebagian besar beserta mengaku hanya menggunakan whatsapp dan facebook sebagai media berinteraksi dengan pengguna internet lainnya. Sebaliknya, tidak ada satu pun diantara mereka yang aktif melakukan kegiatan berbagi pikiran melalui tulisan di blog pribadi.

Pengaruh blog pribadi semakin besar di era industri internet karena blog pribadi merupakan bentuk media penulisan online yang memiliki reputasi lebih bagus dibanding update status di facebook. Penulis pun memberikan gambaran manfaat apa saja yang bisa di peserta peroleh melalui rutinitas menulis di blog pribadi. Selain membangun kepercayaan publik pengguna internet, rutinitas blogging juga bisa menghasilkan uang secara konsisten.

Proses menjadikan blog pribadi sebagai sumber penghasilan bagi sebagian orang mungkin terlihat sangat rumit. Namun bila kita mau menjalaninya dengan sabar, telaten dan berkomitmen penuh pada tujuan, maka kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Penulis memberikan gambaran perbedaan antara menulis di blog pribadi dan menulis di jejaring sosial.

Keduanya sama-sama menulis tapi mampu memiliki dampak yang berbeda terhadap branding seseorang dalam jagat dunia maya. Penulis mengajak peserta untuk mereview kembali perjalanan mereka dalam menggunakan internet secara bijak, baik untuk keperluan komunikasi maupun untuk mempromosikan sebuah produk yang telah mereka miliki atau mereka pasarkan.

Information overload. Conceptual image of male and female figures with an array of television images that are breaking over them in a wave. This image may represent the concept of information overload, where too much information is provided and it becomes difficult to select what is needed.
Information overload. Conceptual image of male and female figures with an array of television images that are breaking over them in a wave. This image may represent the concept of information overload, where too much information is provided and it becomes difficult to select what is needed.

Penulis pun berbagi pengalaman menekuni dunia blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Berbagai bukti yang bisa penulis tunjukkan antara lain transfer penghasilan, daftar mitra bisnis online, dan screenshot grafik kunjungan ke website blog pribadi. Semua itu penulis lakukan sebagai modal awal untuk memancing motivasi para anggota komunitas Youth for Change supaya mereka lebih bersemangat dalam menekuni internet marketing.

Setelah pertemuan ini akan dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya yang membahas online marketing. Semoga para Alumni Super Camp 2018 ini bisa mengambil manfaat dari materi yang penulis sajikan. Menjadi anak yatim bukanlah alasan untuk minta dikasihani. Sebaliknya, menjadi anak yatim bisa menjadi ajang untuk mendapat apresiasi karya terbaik anak negeri.

Bagikan tulisan ini:

12 Replies to “Komunitas Youth for Change Jombang Belajar Online Branding”

  1. motivasi hidup seorang blogger senior memang berbeda dengan blogger pemula.
    kalau kebanyakan goober pemula itu masih mencari popularitas dan mencari duit sebanyak-banyaknya maka blogger senior lebih banyak keinginan untuk berbagi kepada masyarakat di sekitarnya.
    sukses terus pak. semoga bermanfaat dan membawa barokah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *