Menyapa Anak-anak Yatim Dhuafa di Dusun Sedati Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang

Semangat Anti Padam Untuk Siswa SDN Catakgayam 1 Mojowarno di Perayaan Idul Adha Tahun 2017
Semangat Anti Padam Untuk Siswa SDN Catakgayam 1 Mojowarno di Perayaan Idul Adha Tahun 2017

Liburan akhir tahun 2017 ini tidak memberikan waktu luang bagi saya. Saya beruntung memiliki banyak kawan yang terjalin dalam silaturahim erat. Beberapa hari jelang liburan akhir tahun dilaksanakan, saya dihubungi Staf Program Yayasan Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang untuk membantu kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk anak-anak yatim dan janda dhuafa. Lokasi kegiatan tersebut di Dusun Sedati Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.

Kamis, 21 Desember 2017, usai mengajar di Sanggar Genius Al Mujahidin, jam setengah sembilan saya bergegas ke lokasi. Menyusuri jalanan lembab akibat hujan semalam di Kauman mengingatkan saya pada Living English Course yang turut membesarkan saya. Ah, sudahlah. Ini bukan waktunya bernostalgia. Sesampai di lokasi, telah hadir puluhan anak-anak kecil di teras Masjid Baiturrahman Sedati. Saya mengawali percakapan dengan menanyakan kabar, cari tahu kegiatan selama liburan dan aktifitas sore hari usai pulang sekolah.

Beberapa icebreaking saya laksanakan untuk memecah kebekuan komunikasi dengan anak-anak. Alhamdulillah, 35 anak yatim dhuafa yang hadir ikut serta dalam icebreaking dan kuis yang saya lontarkan. Saya berkenalan dengan Bayu, Rifky, Maya, dan beberapa anak lainnya. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan masing-masing. Maya mampu menghafal doa sehari-hari. Bayu pintar menyanyi. Sedangkan Rifky hafal sebagain besar surat-surat dalam Al-Quran Juz 30.

Usai mengikuti kuis dan perkenalan, masing-masing anak diperiksa oleh Tim Medis Rumah Sehat Mandiri. Mereka tampak senang mengikuti acara ini. Tidak sedikitpun tampak ketakutan saat melihat dokter dan suster yang membawa alat-alat periksa kesehatan. Saya pun merasa bahagia bisa kembali hadir di tengah-tengah acara kebersamaan dengan anak-anak yatim di luar desa tempat tinggal saya. Mereka seolah menjadi pengingat bagi saya bahwa saya memiliki kehidupan yang lebih beruntung dibanding anak-anak istimewa tersebut.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini selain dimotori oleh Yayasan Yatim Mandiri dan Rumah Sehat Mandiri, juga didukung sepenuhnya oleh Komunitas Dzikir Nafas dan STIKES ICME Jombang. Ketika anak-anak telah selesai diperiksa oleh Dokter Zulhar yang gantengnya nggak ketulungan, giliran nenek-nenek yang diperiksa gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol oleh Tim Medis STIKES ICME Jombang. Hari liburan yang menyenangkan dengan mereka. Sampai jumpa dalam tatap muka berikutnya!

Bagikan artikel ini melalui:

7 Replies to “Menyapa Anak-anak Yatim Dhuafa di Dusun Sedati Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *