Penyaluran Beasiswa Yatim Mandiri Periode 36 Tahun 2020 Untuk Anak Yatim Dhuafa di Jombang

Keceriaan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017
Keceriaan Motif Baju Batik pada Acara Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Yatim Mandiri adalah organisasi nirlaba yang memiliki komitmen untuk memandirikan keluarga anak yatim dan dhuafa di Indonesia melalui sejumlah program. Program-program penyaluran donasi melalui Laznas Yatim Mandiri terbagi menjadi tiga bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang kemanusiaan, dan bidang pemberdayaan bunda yatim.

Program pendidikan anak yatim dan dhuafa merupakan bidang yang paling banyak dikerjakan Laznas Yatim Mandiri dengan bersinergi bersama banyak instansi Pemerintah maupun swasta. Program pendidikan anak yatim dan dhuafa Laznas Yatim Mandiri antara lain Bestari. Bestari adalah program pemberian beasiswa pendidikan untuk anak yatim dan dhuafa. Bestari tahun 2020 ini dibagikan di masa pandemi Covid-19 berlangsung.

Penerima bantuan beasiswa Yatim Mandiri sebagian besar berasal dari Sanggar Genius. Sanggar Genius adalah program pendampingan belajar anak yatim dan dhuafa yang tersebar di ribuan desa dan kelurahan di Indonesia. Yatim Mandiri mengirimkan pengajar ke sanggar-sanggar yang telah didirikan di pelosok desa. Secara berkala, peserta didik sanggar genius dilibatkan dalam program edukasi yang rekreatif seperti pesantren Ramadhan kreatif, wisata genius, Super Camp, dan gathering sanggar genius.

“Selain mengirimkan guru matematika di sanggar, Laznas Yatim Mandiri juga menugaskan pengajar Al-Quran untuk anak-anak yatim. Harapan kami adalah agar setiap anak yatim dhuafa binaan Yatim Mandiri memiliki kecerdasan fikir dan juga kecerdasan amal,” demikian disampaikan oleh Muslichudin, Brand Manager Yatim Mandiri Jombang. Penulis menemui beliau pada acara santunan anak yatim bersama Komunitas Pola Pertolongan Allah di Sanggar Genius Bajang pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Laznas Yatim Mandiri pada tahun 2020 menyerahkan bantuan beasiswa untuk anak-anak yatim dan dhuafa di Jombang. Sebagian besar penerima beasiswa adalah peserta didik Sanggar Genius. Bantuan pendidikan berkelanjutan yang dilakukan oleh Laznas Yatim Mandiri diharapkan bisa memberikan solusi alternatif bagi aktifitas belajar anak yatim dhuafa di masa pandemi.

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Menulis dan Mengerjakan Soal Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

“Saat ini terdapat 18 lokasi Sanggar Genius Yatim Mandiri di Jombang. Penyaluran bantuan beasiswa pendidikan anak yatim dhuafa periode 36 diterima oleh 357 orang. Jumlah nominal bantuan untuk tahun 2020 sebesar Rp201.756.000,” ujar Dwi Indrianto, Staf Program Laznas Yatim Mandiri Jombang.

Pria yang akrab dipanggil Pak Andre ini menjelaskan bahwa pembagian bantuan beasiswa pendidikan untuk anak yatim dan dhuafa dilakukan setahun sekali. Beasiswa pendidikan diberikan untuk anak yatim dhuafa mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. Besar nominal beasiswa berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan.

“Jangan sampai ada anak yatim dhuafa mengalami putus sekolah. Terlebih lagi masa pandemi ini penuh keprihatinan. Mudah-mudahan beasiswa ini bisa mengurangi beban bunda yatim dalam menyekolahkan anaknya,” imbuh Pak Andre.

Bunda Yatim menyambut gembira pembagian Bestari tahun ini. “Terima kasih Yatim Mandiri sudah membagikan bantuan beasiswa untuk anak-anak saya. Uang ini sangat membantu saya membiayai pendidikan mereka,” demikian dikatakan oleh Uswatun Chasanah, bunda yatim asal Dusun Guwo.

Wanita berusia 43 tahun ini harus berjuang sendirian membesarkan tiga anaknya tanpa dukungan suami sejak suaminya meninggal 3 tahun lalu. Saat ini tiga anak perempuannya masing-masing bersekolah di SD, SMP, dan SMK. Beasiswa pendidikan ini sangat membantu mereka.

Senada dengan Uswatun Chasanah, ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Egy Ratnawati. Egy adalah alumni Sanggar Genius Al-Mujahidin yang saat ini bersekolah di SMP Pancasila. Meskipun sudah tidak lagi belajar di sanggar genius, dia tetap menerima bantuan biaya pendidikan secara rutin dari Laznas Yatim Mandiri.

“Saya senang mendapat beasiswa dari Yatim Mandiri. Semoga bapak dan ibu donatur serta bapak-bapak yang kerja di Yatim Mandiri selalu sehat dan banyak rejeki,” pungkasnya saat ditemui penulis di kediamannya hari ini.

Semoga penyaluran donasi beasiswa pendidikan untuk anak yatim dhuafa bisa meningkatkan semangat mereka untuk giat belajar di masa pandemi.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Penyaluran Beasiswa Yatim Mandiri Periode 36 Tahun 2020 Untuk Anak Yatim Dhuafa di Jombang”

  1. subhanalloh! saya ikut senang msh ada pemuda yg peduli anak yatim di jaman sekarang. semoga mas agus dan teman2 yatim mandiri hidupnya selalu diberkahi Alloh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *