Sanggar Genius Yatim Mandiri Untuk Pendidikan Anak Yatim Indonesia

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Menulis dan Mengerjakan Soal Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

Yayasan Yatim Mandiri merupakan lembaga amil zakat nasional yang bekerja menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat serta menyalurkan kepada anak-anak yatim dhuafa di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yayasan Yatim Mandiri saat ini telah membuka cabang di lebih dari 45 kota atau Kabupaten di seluruh wilayah Indonesia. Jangkauan wilayah kerja Yayasan Yatim Mandiri sudah menyentuh Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Bali, dan Pulau Sulawesi.

Yayasan Yatim Mandiri kerap mengadakan kegiatan kemasyarakatan, baik di bidang sosial, pendidikan maupun pemberdayaan. Yatim Mandiri juga melaksanakan kegiatan sosial di daerah terkena dampak bencana alam. Semua hal itu dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kehidupan anak-anak yatim yang kurang mampu.

Sebagian besar program penyaluran dana yang dilakukan oleh Yayasan Yatim Mandiri berlangsung di bidang pendidikan anak yatim dhuafa. Salah satu program pendidikan yang dijalankan oleh Yayasan Yatim Mandiri adalah sanggar genius. Sanggar Genius merupakan tempat pendidikan diluar sekolah yang ditujukan untuk anak-anak yatim dhuafa dari jenjang kelas 1 sampai kelas 6 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Mereka mengikuti kegiatan pembelajaran diluar sekolah dengan frekuensi pertemuan tiga kali tiap minggu. Mata pelajaran yang diajarkan di Sanggar Genius Yatim Mandiri adalah Matematika dan ilmu pengetahuan umum. Setiap anak diajarkan untuk dapat belajar secara mandiri dan pintar memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang tersedia.

Penulis adalah salah satu pengajar Sanggar Genius sejak tahun 2012 lalu sampai sekarang. Telah banyak pengalaman penulis menemani anak-anak yatim di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang di bawah koordinasi Yayasan Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang. Suka duka menemani anak-anak yatim belajar di sanggar genius tentu saja telah banyak penulis rasakan.

Tantangan utama dalam mengembangkan pembelajaran diluar sekolah di sanggar genius Yatim Mandiri adalah rendahnya tingkat kesadaran orang tua anak yatim, yaitu Bunda yatim. Kerap kali para orang tua atau wali anak yatim ini memanfaatkan status anak yatim untuk mendapatkan materi yang sebanyak-banyaknya. Tentu saja hal ini bertentangan dengan konsep dasar kemandirian yang dibangun oleh Yayasan Yatim Mandiri. Memandirikan dan memanjakan adalah dua hal yang sangat berbeda pelaksanaannya. Meskipun dalam prakteknya seringkali terlihat mirip, namun hakikat keduanya berbeda.

Memotivasi Peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 1 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016
Memotivasi Peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 1 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016

Pendidikan Anak Yatim

Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri merupakan pendidikan fundamental bagi anak yatim yang ingin mengembangkan bakat dan minat mereka dalam pelajaran matematika dan ilmu sains. Anak-anak yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata yang bergabung dengan sanggar Genius Yatim Mandiri akan dikumpulkan dalam program khusus yang bernama Sanggar Genius Unggulan.

Sanggar Genius Unggulan adalah kelompok belajar anak-anak yatim yang disiapkan secara khusus untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan di bidang matematika dan sains. Mereka melakukan pertemuan secara rutin 2 kali dalam sebulan untuk berlatih soal-soal Olimpiade dan sejenisnya.

Kompetisi paling tinggi yang dapat diikuti oleh peserta didik Sanggar Genius Yatim Mandiri adalah Olimpiade Matematika dan Alquran (OMATIQ) yang dilaksanakan setahun sekali di Kota Jakarta. Anak-anak yatim itu sangat termotivasi untuk bisa mengikuti lomba di ibukota negara.

Mereka akan sangat bangga bila berhasil menginjakkan kaki di kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan negara Republik Indonesia. Kebahagiaan mereka akan bertambah lengkap jika mereka berhasil mencapai babak final OMATIQ, apalagi menjadi juara 1. Itulah salah satu kunci utama dalam pendidikan anak yatim, yaitu memotivasi mereka untuk berprestasi setinggi mungkin.

Hambatan ekonomi dan lingkungan sosial yang tidak mendukung bukanlah alasan bagi mereka untuk berdiam diri. Setiap anak berhak mendapatkan prestasi terbaik dalam hidupnya, termasuk anak-anak yatim di Indonesia. Anda pun dapat bersinergi dalam mendirikan anak yatim melalui program pendidikan Yayasan Yatim Mandiri. Anda bisa menghubungi kantor-kantor cabang Yayasan Yatim Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bagikan tulisan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *