Seleksi Olimpiade Matematika Quran (OMATIQ) Yatim Mandiri Tahun 2017 Untuk Sanggar Genius Guwo Mojowarno Jombang

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste hadir lagi melalui artikel inspirasi pendidikan anak yatim di Kabupaten Jombang. Pada bulan Agustus 2017 ini dilaksanakan seleksi Olimpiade Matematika Quran (OMATIQ) Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sanggar-sanggar Genius se-Kabupaten Jombang. Sanggar Genius adalah salah satu program pendampingan belajar anak-anak yatim dhuafa dari Yayasan Yatim Mandiri. Saya mengajar di Sanggar Genius Al-Mujahiddin yang terletak di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Wilayah tersebut merupakan bagian paling selatan dari kawasan Jombang Kota Beriman.

OMATIQ adalah salah satu kejuaraan di bidang pendidikan yang digagas oleh Yatim Mandiri sebagai bentuk upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Sanggar Genius. Sebelum lahir OMATIQ, dulu kita mengenal lomba OASE (Olimpiade Anak Yatim Soleh). Apa yang membedakan keduanya? OASE hanya terfokus pada lomba bidang keagamaan saja sementara OMATIQ 2017 memperlombakan Matematika, Hafalan Juz Ama, dan Cerdas Cerdas Agama Islam (CCI). Lomba-lomba dalam OMATIQ lebih sedikit namun memerlukan persiapan yang tidak mudah.

Dan pada hari Minggu, 13 Agustus 2017 kemarin telah dilaksanakan seleksi OMATIQ 2017 tingkat sanggar. Terdapat 19 sanggar genius di Kabupaten Jombang dan masing-masing sanggar Genius akan mengirimkan satu peserta untuk berlomba di kategori Matematika, Hafalan Juz Amma dan Cerdas Cermat Agama Islam. Kegiatan seleksi di Sanggar Al-Mujahiddin Guwo sendiri berlangsung dengan sederhana. Dari 15 peserta didik yang terdaftar di sanggar tersebut, hanya enam anak yang hadir dan mengikuti seleksi OMATIQ 2017. Rendahnya minat anak mengikuti seleksi OMATIQ menunjukkan masalah krusial pendidikan anak yatim di Jombang adalah menumbuhkan mental juara.

Seleksi OMATIQ 2017 tingkat sanggar berlangsung selama satu jam untuk setiap sesi lomba. Enam anak yang mengikuti seleksi OMATIQ di Sanggar Guwo kurang mampu berkonsentrasi. Bulan Agustus adalah pelaksanaan lomba Agustusan dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ramenya suasana di luar ruangan turut mempengaruhi tingkat penyerapan materi pelajaran yang saya ajarkan. Apapun hasilnya nanti, para peserta didik Sanggar Genius Guwo tetaplah anak-anak yang perlu mendapat bimbingan dan dukungan dalam proses tumbuh kembang mereka. Semoga OMATIQ 2017 ini bisa memberikan manfaat dalam meningkatkan motivasi belajar mereka.

4 Replies to “Seleksi Olimpiade Matematika Quran (OMATIQ) Yatim Mandiri Tahun 2017 Untuk Sanggar Genius Guwo Mojowarno Jombang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *