Serunya Permainan Outbond Bersama RCI dan PT. CJ Feed Jombang

tataplah matahari dan abaikan bayanganmu
Gambar anak-anak sedang bermain dan bergaya memakai kacamata.

Sabtu ini (6/10/2018) menjadi hari yang menyenangkan sekaligus melelahkan bagi saya. Usai melatih anggota Pramuka di sekolah, saya lanjut ke pabrik PT. CJ Feed Jombang yang berada di Mojoagung. Saya sampai disana sekitar jam satu siang. Saya menjadi salah satu anggota tim provider outbond Rumah Cerdas Islami (RCI). PT. CJ Feed telah melakukan kerjasama secara rutin dengan RCI untuk mengadakan kegiatan santunan anak yatim di bulan Muharam. Hari ini tema yang diusung adalah kemandirian dan ketangguhan hidup. Telah hadir 60 anak yatim yang didampingi Bunda Yatim. Mereka semua berkumpul sejak jam satu sampai malam hari sesudah sholat isya’. 

Kegiatan tadi sore banyak diisi dengan permainan kerjasama tim. Banyak fun games dikreasikan oleh RCI untuk pembelajaran peserta didik di luar ruangan. Permainan tersebut antara lain estafet balon, balap bakiak, estafet tepung, balap barongsai, dan sejumlah icebreaking seru lain. Para peserta mengikuti permainan dengan antusias. Beberapa karyawan PT.  CJ Feed juga ikut bermain dengan anak-anak yatim dan guru-guru RCI. Kegembiraan mereka berlangsung mulai dari siang sampai sore hari menjelang maghrib. Anak-anak istimewa dari sejumlah desa di Kecamatan Mojoagung itu berbaur dengan puluhan staf PT. CJ Feed Jombang.

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Menulis Cita-cita

Permainan pertama outbond bersama Rumah Cerdas Islami adalah estafet bola. Pada permainan ini setiap peserta outbound diwajibkan membuat kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10 anak. Mereka harus saling membantu untuk menuliskan nama-nama profesi atau pekerjaan yang dicita-citakan. Setiap kali menulis, mereka harus terikat satu sama lain dengan perantara sebuah balon. Sehingga dari 10 anak tersebut terdapat 9 buah bola yang menghubungkan badan anak. Kegiatan ini cukup mengasyikkan dan menciptakan gelak-tawa diantara mereka. Permainan ini bertujuan melatih kerjasama peserta dalam mencapai mimpi-mimpi hidup. Permainan ini mengajarkan anak-anak untuk terlibat kerjasama secara aktif dalam mencapai cita-cita hidup mereka tidak bisa mencapai sendirian tanpa bantuan orang lain.

Melatih Konsentrasi

Outdoor fun games berikutnya adalah memindahkan sebuah bola dengan bertumpu pada sebuah lempeng bulat. Terdapat sepuluh tali yang terikat pada sisi melingkar lempeng plastik. Sebuah tim harus bekerjasama memindahkan bola hingga sampai di baki tujuan. Permainan outbond ini bertujuan untuk melatih daya konsentrasi anak saat bekerjasama dengan rekan satu tim. Setiap peserta belajar menyesuaikan kekuatan tenaga agar tidak terlalu kencang dan tidak terlalu lemah. Mereka harus bisa mengendalikan energi agar bola tidak jatuh di tengah perjalanan.

Permainan Bakiak

Sesi outbond berikutnya adalah bermain dengan menggunakan bakiak berukuran besar. Bakiak atau terompah adalah alas kaki yang terbuat dari kayu dengan model selop. Hanya saja kali ini bakiak tersebut dibuat untuk lima pasang kaki. Setiap tim terdiri dari lima orang. Mereka harus kompak dalam melangkah menuju titik yang dituju. Kesalahan komunikasi dalam tim bisa menyebabkan semua anggota tim terjatuh. Permainan ini mengajarkan kepada setiap peserta outbond untuk bekerjasama. Selain itu dalam permainan ini peserta harus memukul sebuah kantong yang berisi tepung di atas kepala mereka. Ketika tepung telah dipukul maka benda itu akan jatuh di atas kepala mereka. Badan mereka pun menjadi kotor dan berlumuran dengan tepung. Hal ini mengajarkan bahwa suka duka di dalam tim harus dilalui bersama. Ketika ada satu orang tim yang mengalami masalah maka semua anggota tim harus ikut menanggungnya.

Hujan Tepung

Bagian paling menyenangkan dalam kegiatan outbond hari ini adalah bermain estafet tepung. Setiap tim duduk berbaris dengan membawa piring plastik. Setiap anggota harus bisa mengirimkan tepung dengan media piring dan lewat di atas kepala. Aksi ini tentu saja mengundang keramaian peserta karena banyak serbuk tepung yang terjatuh di rambut mereka. Jerit dan tawa para peserta perempuan terdengar nyaring. Para peserta mulai bersikap brutal di akhir sesi ini. Mereka saling melempar tepung ke wajah sesama peserta baik dari tim yang sama maupun dari tim yang berbeda. Hujan tepung tak terhindarkan lagi. Udara di lapangan tenis PT. CJ Feed dipenuhi butiran tepung yang berterbangan di angkasa. Pemandangan ini seperti Festival Holy di negara India. Anak-anak dan orang dewasa saling melempar tepung untuk meluapkan kegembiraan mereka setelah melalui permainan yang menyenangkan ini.

Barongsai Berjalan

Bagian paling akhir dalam permainan outbound hari ini adalah barongsai berjalan. Setiap tim terdiri dari 10 orang. 10 orang tersebut harus berjalan di atas kain yang dibentangkan menyerupai permainan barongsai menuju ke titik yang ditentukan. Dalam permainan ini setiap peserta harus bisa menyesuaikan panjang langkah kaki dan ketinggian tubuh supaya roda manusia ini bisa berjalan dengan baik. Tantangan dalam permainan ini adalah peserta yang memiliki tubuh paling tinggi harus bersedia merendahkan sedikit tubuhnya supaya bisa mengimbangi peserta yang memiliki tinggi tubuh di bawahnya. Permainan anak ini juga mengajarkan setiap tim untuk fokus pada tujuan. Permainan hari ini juga mengajarkan ternyata arah laju barongsai tidak lurus ke depan. Mereka berjalan secara serong atau tidak lurus ke arah tujuan dan akibatnya adalah pimpinan tim yang paling depan harus menyesuaikan arah seperti yang diharapkan.

Permainan hari ini sangat menyenangkan dan menguras tenaga. Semoga setiap peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini. Sampai jumpa dalam acara outbond bersama PT. CJ Feed dan Rumah Cerdas Islami tahun depan!

Bagikan artikel ini melalui:

17 Replies to “Serunya Permainan Outbond Bersama RCI dan PT. CJ Feed Jombang”

  1. Hebat nih dari blogging ke outbound. kegiatan yang sangat menyenangkan pastinya apalagi kalau ditulis di dalam artikel blog. hebat dan bisa menginspirasi orang lain dan juga para blogger untuk terus mengoptimalkan potensi nya.

  2. Kelihatannya seru dan menarik. Tapi sayangnya acara outbound dilaksanakan di pabrik yang memiliki udara tercemar dan lingkungan yang panas. Kasihan anak-anak kurang mendapatkan pasokan Oksigen yang cukup.

  3. Permainan outbound di atas seru dan menarik. Terima kasih sudah memberi inspirasi untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas. saya sudah mencoba beberapa permainan di atas. murid-murid menjadi senang karena mereka bisa belajar dengan gembira dan tanpa merasa disuruh oleh guru. outdoor learning merupakan solusi belajar yang tepat untuk kids zaman now yang suka bergerak di luar ruangan.

  4. Permainan kerjasama yang sangat bagus bisa menciptakan tim yang solid. Selamat berkarya. Semoga bisa menginspirasi yang lain.

  5. Rumah Cerdas Islami apakah memiliki hubungan dengan lembaga sosial PT CJ feed Jombang? setiap tahun kok mengadakan acara bersama. Apakah mereka memiliki ikatan kerjasama hitam diatas putih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *