Cerita Motivasi Hidup: Memandang Langit Atau Lumpur?

Motivasi diri seseorang bisa bertambah dan berkurang sesuai perjalanan hidup. Melalui cerita motivasi hidup, kita berusaha menambah semangat hidup melalui pengalaman orang lain.

Dalam cerita motivasi hidup kali ini, dikisahkan terdapat sepasang suami isteri yang diasingkan oleh masyarakat ke sebuah gurun yang gersang. Rumah tersebut terpencil, jauh dari peradaban manusia. Karena kehidupan mereka yang serba sulit, sang isteri pun tak tahan dan berniat meninggalkan suaminya sendirian di gurun itu. Dia ingin kembali kepada keluarganya. Sebelum pergi, lelaki tersebut berkata kepada isterinya dengan maksud memberi nasehat.

“Aku telah mendapat surat dari ayah yang memuat dua baris kalimat motivasi. Dua baris kalimat itu akan aku sebutkan. Karena dua baris isi surat ini telah mengubah perjalanan hidupku. Dua baris itu adalah:

Di balik potongan-potongan jeruji penjara, ada dua orang yang terpenjara muncul ke tepi jalanan. Salah satu dari keduanya menghadapkan pandangannya ke lumpur di jalanan, sedangkan yang satunya lagi mengarahkan pandangannya ke bintang-bintang di langit….”

Lelaki itu lanjut berkata berkata kepada isterinya:

“Aku membaca kata-kata ini dan mengulanginya berkali-kali. Aku malu terhadap diriku sendiri sendiri karena dulu pernah mencoba berlari dari kenyataan hidup yang susah. Lantas aku berusaha untuk mengarahkan pandanganku ke bintang-bintang di langit. Hingga saat ini, ketika kita berdua terasing disini”

cerita motivasi hidup - wanita arab memeluk pria demonstran
cerita motivasi hidup - wanita arab memeluk pria demonstran

Manfaat Cerita Motivasi Hidup

Apa nilai yang bisa kita petik dari cerita motivasi hidup ini? Sejak dulu, sudah diketahui bahwa tinggi rendahnya harapan dan cita-cita dilatarbelakangi oleh perbedaan kemampuan dalam mengambil manfaat dari kesusahan-kesusahan dan situasi-situasi sulit yang dihadapi. Hidup tidak pernah lepas dari permasalahan. Bagaimana cara kita menyikapi sebuah permasalahan, itulah yang akan mempengaruhi makna hidup manusia.

Cerita motivasi hidup ini saya tambahkan kutipan yang sebagaimana dikatakan oleh William Both:

“Hal terpenting dalam hidup ini bukanlah pekerjaan-pekerjaan Anda dapat menghasilkan buahnya. Sebab, semua orang bodoh dapat melakukannya. Sebaliknya, sesuatu yang sangat penting dalam hidup ini adalah mengubah kesulitan-kesulitan Anda menjadi pekerjaan dan aktivitas yang menguntungkan Anda.”

Hal ini adalah satu hal yang menuntut kecerdasan, sehingga akan dapat dibedakan antara orang yang cerdas dan tidak. Semoga cerita motivasi hidup yang saya bagi kali ini bisa berguna untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

10 thoughts on “Cerita Motivasi Hidup: Memandang Langit Atau Lumpur?”

  1. Yuuup sangat setuju sekali….

    Dan bagi yang masih dalam kesulitan, ingatlah bahwa dibalik setiap kesulitan ada kemudahan,
    Kemudian yakinlah bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahahan.

  2. Mas Agus… apa kabar? semoga tetap baik dan sehat terus menulis untuk memotivasi saya dan “loyal visitor” blog ini yang lain…

    oya, banner IBN ganti PPA aja mas yang ada iklannya… yang PPC lama nggak ada campaign …. he..he..

  3. permasalahn hidup adalah datang dan pergi mengisi setiap langkah kehidupan kita harus berusaha untuk bisa menyelesaikan permasalahn sampai tuntas, dari masalah satu ke masalah lain membentuk suatu pengalaman bila dikenang akan akan terasa indah bila mana ada masalah terselesaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>