Halal Bihalal Bani Karso 2016 Bertabur Kreatifitas dan Kejutan

Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Halal bihalal Bani Karso telah dilaksanakan pada Sabtu, 9 Juli 2016 di kediaman Bu Masripah di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Saya sudah menyiapkan konsep acara halal bihalal sejak jauh-jauh hari setelah bukber Bani Karso. Keluarga besar Mbah Karso pun sangat mendukung pelaksanaan kegiatan perekat tali silaturahmi ini. Hasil musyawarah dalam bukber Bani Karso 2016 lalu memberikan banyak kontribusi dalam menggali ide-ide kreatif terkait susunan acara yang interaktif dan tidak membosankan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Acara halal bihalal Bani Karso 2016 dimulai pukul delapan pagi lewat beberapa menit. Beberapa cicit Mbah Karso dari sejumlah keluarga sudah bersiap di depan mikrofon untuk membaca surah-surah dalam Al-Quran Juz 30. Setiap anak sudah mendapat tugas membaca surat-surat tertentu sesuai edaran dalam Grup WhatsApp (WA) Bani Karso. Dan tampaknya para orang tua mereka sudah menyiapkan latihan khusus untuk anak-anak tersebut. Alhamdulillah khotmil quran yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu berjalan lancar. Saya menyukai antusias mereka dalam mengikuti acara halal bihalal ini.

Usai khotmil quran, Dinda dan saya berduet melantunkan lirik-lirik Syi’ir Tanpa Wathon yang dipopulerkan oleh Almarhum Gus Dur. Bagaimanapun juga, anak-anak harus selalu didampingi dalam beraksi pegang mic. Mereka memiliki antusias dan energi yang melimpah. Hanya saja perlu kendali dalam partisipasi mereka supaya tetap sesuai koridor acara. Tembang syi’ir selesai dan dilanjutkan dengan acara utama, yaitu qiroah dari Andika, pildacil dari Zahfa, dan ceramah agama dari Lek Man, Lek To dan Pakdhe Di. Acara saling bermaaf-maafan pun berlangsung dengan hangat dan akrab. Sesekali kami tertawa saat menyaksikan ulah lucu anak-anak yang berjoget ria saat mendengar musik.

Terakhir, bagian paling seru dalam acara halal bihalal kali ini bukanlah saat makan bersama, tetapi saat pembagian hadiah dan foto bersama. Hadiah atau doorprize yang ada sebanyak enam belas paket alat-alat rumah tangga dan dua puluh lima bingkisan kue. Semua hadiah tersebut merupakan hasil partisipasi keluarga besar tanpa perlu menyebutkan pengirimnya. Acara foto bersama kali ini dipermanis dengan kehadiran bingkai atau frame Bani Karso yang saya buat secara dadakan. Tidak terlalu bagus memang. Namun sudah cukup jadi pembeda dari perhelatan halal bihalal Bani Karso tahun-tahun sebelumnya. Khusus untuk frame dan background halal bihalal, saya menyiapkan banyak desain yang bisa dipilih untuk tahun-tahun mendatang.

Acara halal bihalal Bani Karso 2016 secara umum berjalan lancar dan bisa memberikan keceriaan dan kebanggaan bagi diri saya, baik sebagai panitia maupun anggota keluarga. Partisipasi anggota keluarga besar sudah meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, meski masih ada beberapa keluarga yang tidak terlalu merespons acara kumpul-kumpul keluarga penyambung tali silaturahmi ini. Saya masih memiliki banyak mimpi dan rencana untuk menghadirkan sajian halal bihalal yang lebih menarik dan berkesan bagi setiap keluarga yang hadir. Semoga Allah memberikan kesehatan dan keselamatan bagi kami semua agar bisa tetap menjalin persaudaraan lebih erat di tahun-tahun mendatang. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *