Kisah Sukses Werner Heisenberg Menemukan Arti Hidup Dari Ilmu Fisika

Kisah sukses para ilmuwan Fisika menginspirasi saya untuk berbagi kisah hidup Werner Heisenberg. Werner Heisenberg menemukan arti hidup dan kehidupan dengan menggali konsep dasar ilmu Fisika yang membawanya kepada pemahaman makna hidup.

Werner Heisenberg adalah murid Niels Bohr yang menemukan hukum-hukum matematis teori kuantum pada tahun 1925. Werner Heisenberg merumuskan prinsip kepastian Heisenberg yang terkenal pada tahun 1927. Menurut prinsip ini, adalah sebuah kegiatan mustahil untuk mengukur baik posisi persis dan kecepatan sebuah partikel dalam waktu yang bersamaan.

Selama Perang Dunia II, Werner Heisenberg tetap berada di Jerman. Pada waktu itu Jerman berada di bawah kekuasaan Adolf Hitler sebagai salah satu diktator terkejam yang pernah dikenal di dunia. Werner Heisenberg menjabat sebagai kepala program senjata nuklir Hitler yang gagal. Ia diasingkan ke Inggris seusai Perang Dunia II tetapi pada akhirnya kembali ke Jerman untuk melanjutkan riset teoritisnya sebagai direktur Institut Max Planck.

Noboribetsu_Onsen 7 of the Most Remarkable Onsens in Japan
Noboribetsu_Onsen 7 of the Most Remarkable Onsens in Japan

Pandangan-pandangan filosofis Werner Heisenberg dapat dilukiskan dengan paling baik sebagai bentuk ilmiah modern dari mistisisme Plato. Ilmu Fisika membawa Werner Heisenberg untuk mempelajari nilai-nilai agama yang mempengaruhi kehidupan manusia. Werner Heisenberg menulis sebuah kalimat yang inspiratif:

“Pencarian pada yang ‘satu’ untuk sumber terakhir pengertian, tak diragukan lagi telah memainkan suatu peran yang sama di dalam asal-usul agama maupun ilmu”

Demikian kisah sukses kehidupan ilmuwan Fisika Werner Heisenberg yang mendapatkan pencerahan dalam hidupnya berkat menekuni bidang ilmu Fisika. Kita pun saat ini bisa mendapatkan ilham yang sama dalam pekerjaan yang kita tekuni. Pepatah mengatakan ‘Ilmu tanpa agama adalah buta’ dan ‘Agama tanpa ilmu adalah hampa’. Semoga kisah sukses ini berguna untuk Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>