Tepat Memilih Baju Hamil Untuk Olahraga Senam

Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan
Memilih baju hamil yang tepat untuk aktifitas olahraga luar ruangan

Bagaimana kabar bunda hamil hari ini? Semoga bunda dan kandungan selalu sehat dan bugar menjalani aktifitas sehari-hari. Kesehatan fisik dan kandungan harus selalu dijaga, terlebih lagi selama hamil dan menyusui. Aktifitas yang tidak boleh diabaikan oleh ibu hamil adalah berolahraga. Olahraga berperan penting sama baiknya dengan asumsi nutrisi untuk janin. Hanya saja olahraga untuk bunda hamil tidak boleh disamakan dengan olahraga wanita bukan hamil, baik dalam hal frekuensi olahraga, durasi senam, jenis gerakan, maupun baju hamil yang dipakai.

Berdasarkan pengalaman para bunda dan anjuran para dokter, wanita hamil disarankan menjalankan olahraga lima kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing setengah jam. Gerakan olahraga yang sesuai untuk ibu hamil adalah senam kegel, jalan kaki, senam jongkok, memiringkan panggul, dan pose kupu-kupu dalam yoga. Hindari melakukan gerakan olahraga yang terlalu banyak gerak, kecepatan tinggi dan membutuhkan energi besar. Harap diperhatikan juga kondisi fisik bunda setelah berolahraga apakah tetap bugar atau kelelahan berlebihan karena setiap wanita berbeda daya tahan fisiknya.

Diantara sekian banyak olahraga untuk wanita hamil, senam hamil adalah yang paling banyak dipilih bunda karena kepraktisannya. Perlengkapan yang digunakan untuk senam hamil antara lain celana senam, baju senam, bra khusus olahraga, dan sepatu olahraga. Pemilihan baju hamil yang tepat bisa mendukung kesehatan kulit bunda selama mengikuti senam hamil. Baju hamil yang tepat dapat menunjang gerak senam hamil. Usahakan agar baju hamil yang dipakai selama senam ukurannya agak longgar dan tidak press body sehingga janin tidak terkekang.

Baju hamil untuk senam hendaknya terbuat dari bahan yang menyerap keringat, misalnya katun. Bahan katun cenderung cocok untuk dipakai wanita yang tinggal di iklim tropis karena memberi kesan dingin ke kulit pemakainya. Menentukan baju hamil yang sesuai dengan jenis kulit bunda hamil juga tidak kalah penting karena ada sebagian bunda yang kulitnya sangat sensitif untuk bahan-bahan tertentu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kesehatan bunda hamil dan janin dalam kandungan. Selamat mempraktekkan dan selamat menyambut kehadiran buah hati!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Tepat Memilih Baju Hamil Untuk Olahraga Senam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *