Wujudkan Semangat Cinta Tanah Air dengan Berprestasi

Perayaan Kemerdekaan Indonesia Bersama Anak Yatim Jombang (9)
Perayaan Kemerdekaan Indonesia Bersama Anak Yatim Jombang – Photo by ARCHA

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1436 H! Awal tahun adalah masa tepat untuk membuat resolusi tahunan. Setiap orang dapat menjadi yang terbaik bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negaranya.

Apakah wujud cinta tanah air kepada bangsa? Apa peranan pemuda dalam membangun negara? Setiap kali dilaksanakan peringatan hari ulang tahu kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di istana negara, kita selalu menyaksikan banyak warga negara Indonesia yang berhasil menjadi teladan atau berprestasi dalam bidangnya, dan mendapat penghargaan dari pemerintah.

Para warga teladan itu diundang ke Ibu kota negara oleh departemen atau pemerintah yang terkait dengan prestasi atau keteladanannya untuk ikut serta merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Medali MGMP Kabupaten Jombang menyatakan bahwa mereka merupakan warga negara yang berprestasi dilingkungan kerja dan bidang masing-masing.

Orang-orang berprestasi yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah tersebut berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Para penerima penghargaan tersebut jika dilihat dari jenis dan ragam asal mereka, sudah pasti memiliki posisi dan potensi yang amat penting bagi proses pembangunan nasional. Apa yang mereka dapatkan dari pemerintah berupa penghargaan ataupun hadiah yang lain, tentu tidak diperoleh secara tiba-tiba, melainkan dengan usaha dan kerja keras yng dilakukan secara terus menerus.

Semua penghargaan tersebut hendaknya diimbangi dengan mempertahankan dan meningkatkan prestasi untuk membangun bangsa dan negara. Sebab mereka adalah aset pembangunan yang sangat berharga untuk dijadikan kekuatan penggerak pembangunan sesuai bidang masing-masing. Mereka adalah orang yang terpilih, mereka berkewajiban mengaktualisasikan dirinya secara maksimal dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negaranya.

Lalu, bagaimana cara berbagi pengalaman hidup? Pengabdian kepada bangsa dan negara ini dapat ditujukan dengan berbagai cara, misalnya, mensosialisasikan pengalamannya dalam mencapai prestasi, mempraktekkan prestasi yang pernah diraihnya, mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah diraihnya, dan menyusun perencanaan untuk pengembangan potensi diri demi masa yang akan datang.

Negara yang maju antara lain ditandai dengan majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Kemajuan ini disejajarkan dengan prestasi warga negaranya. Hanya warga negara yang berprestasi yang dapat mengangkat dan memajukan negaranya, dan dengan berprestasi yang tinggi warga negara dapat membangun rasa cintanya terhadap tanah air dan bangsa.

Semoga terinspirasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *