Persilangan Antara Fleksibilitas dan Fokus

Logo Yin dan Yang
Yin dan Yang. Setiap kelebihan ada kekurangan. Dalam santai terdapat keseriusan.

Mari kita bersikap realistis. Suatu kejadian memang bisa muncul tanpa rencana. Dengan dunia masa kini yang dipenuhi gejolak perubahan yang terjadi setiap waktu, kalau Anda tidak bisa melakukan perubahan di tengah jalan ketika informasi sedang masuk, langkah Anda bisa mati. Oleh sebab itu Anda harus kuat dan fleksibel. Anda harus bisa membungkuk tapi tidak patah. Fleksibel bukan berarti mengalah. Fokus bukan berarti tidak menghiraukan perubahan yang terjadi.

Bagaimana Anda bisa fokus dan sekaligus fleksibel? Itu mudah saja. Yang menjadi pokok dari setiap sistem pertanggungjawaban yang lancar adalah sebuah kalimat sederhana: “Jika terjadi sesuatu, lakukan perubahan secepatnya.” Kalimat ini merupakan perkawinan antara fleksibilitas dan fokus. Dalam lima kata tersebut terdapat dua unsur yang berlawanan yang menyatu secara serasi, layaknya unsur yin dan yang.

Meskipun kata-kata di atas mungkin tidak berlaku secara mutlak bagi setiap orang, namun situasi yang berkembang sangat mungkin mempengaruhi motivasi diri kita pribadi. Misalnya, ketika Anda sudah membuat proposal bisnis dan menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan agar bisnis tersebut dapat berjalan sesuai harapan. Perubahan situasi dan kondisi sangat mungkin mengubah strategi dan langkah Anda, bahkan ketika hal itu sudah sangat matang direncanakan.

Tetaplah tenang menghadapi gejolak perubahan. Berkonsentrasi pada tujuan tidak semestinya melupakan aspek kreatifitas dan inovasi yang berorientasi pada perubahan. Kendati demikian, tetaplah mengukur segenap perubahan dalam kerangka kerja sesuai visi dan misi utama. Dalam keramaian terdapat keheningan. Dalam sepinya waktu terdapat jiwa yang terus bergolak. Percayalah alam akan menuntun Anda. Semoga artikel sederhana ini bisa memberi inspirasi untuk Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *