Sakitmu Menjadi Sakitku Juga

gambar burung dan bayangannya
gambar burung dan bayangannya

Komunikasi dalam persahabatan memegang peranan penting dalam membangun pemahaman antar individu. Kita akan tahu maksud hati seseorang kalau kita sudah saling bicara, baik melalui tatap muka maupun dengan memanfaatkan media yang ada. Hindari menebak-nebak isi hati karena pada umumnya kita semua bukanlah dukun. Bahasa tubuh dan gerak-gerik manusia hanyalah sebagian kecil dari isyarat hati yang tampak pada pandangan mata. Selebihnya Anda harus banyak berpikir.

Segala bentuk permasalahan dapat kita pecahkan bila kita bersedia menceritakannya. Begitu juga dengan berteman, percayakan permasalahan itu untuk dibagi dengan kawan terdekat. Mungkin Anda terlalu naif untuk curhat. Tapi sadarilah bahwa permasalahan Anda bukanlah milik Anda sendiri. Sakitmu menjadi sakitku juga, begitu prinsip seorang sahabat sejati.

Karakter asli manusia akan terlihat manakala dia sedang sendirian atau disitu hanya ada dia dan Anda seorang. Selanjutnya, Anda akan tahu betapa pedulinya sahabat Anda ketika Anda hanya berdua saja. Anda dapat menilai seberapa bagus nilai persahabatan itu ketika waktu menguji Anda dengan menghadirkan beragam masalah. Alam akan menyeleksi siapa-siapa saja orang yang benar-benar memposisikan diri sebagai sahabat Anda dan mana yang hanya numpang lewat saja.

Dan sejatinya Tuhan itu Maha Adil, bahkan sangat adil untuk memberikan keputusan terhadap permasalahan manusia, bahkan saat manusia tidak meminta keadilan Dia sudah memberikannya. Hadapi masalah yang ada dalam hidup Anda dengan lapang dada. Tak apa jika mimpi-mimpi Anda yang setinggi langit tidak tergapai, minimal kaki Anda detik ini masih menginjak bumi dan nafas masih berdesah di dada. Itulah modal utama bagi Anda untuk melanjutkan hari esok.

Anda tidak perlu risau dan galau menghadapi dunia yang terus berputar. Manusia memang mudah berubah hati, sama seperti halnya musim yang terus berganti. Manusia mudah beralih arah, sama mudahnya dengan angin yang tak henti berdesah. Perubahan adalah abadi. Tetaplah berbuat baik dimanapun Anda berada. Perkara orang lain akan merespons baik atau tidak, itu urusan belakang. Teruslah berusaha memberi manfaat dan selebihnya serahkan segalanya pada yang Maha Kuasa. Semoga terinspirasi.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *