3 Hal Yang Mampu Membangkitkan Motivasi Blogging

Motivasi diri buat ngeblog lagi kendor? Itu wajar kok. Setiap orang punya grafik naik turun semangat untuk berlama-lama online di depan laptop. Apalagi kalau kerjaan di kantor lagi menumpuk dan banyak deadline, nggak bakalan sempat nulis dan publish artikel baru. Sebagian blogger ada yang mensiasati dengan merekrut layanan penulis lepas. Namun ada pula yang membiarkan begitu saja. Sudahlah, nggak ngeblog pun saya nggak bakalan masuk penjara. Lebih asyik ngetwit dan becanda sama teman-teman. Mungkin itulah bahasa sederhananya.

Pilihan itu ada di tangan Anda. Buat Anda yang masih ingin lanjut ngeblog, kita perlu penambah semangat supaya ngeblog makin enjoy dan nggak terasa menyiksa. Hal apa saja yang bisa membangkitkan semangat blogging kembali menyala-nyala bak pejuang 45. Beberapa diantaranya adalah:

1. Motivasi karena duit, duit dan duit.

Bagi pebisnis online, fulltime blogger dan online freelancer, aktif di internet adalah satu kebutuhan agar duit tetap mengalir. Terutama kebutuhan untuk menulis melalui blog pribadi, update secara rutin bisa menjamin usaha Anda tidak akan hilang begitu saja dari peredaran. Blog pribadi bisa jadi media yang bagus untuk membangun persepsi publik, membangun komunitas, menunjukkan potensi dan kompetensi diri, dan juga dapat penghasilan tambahan melalui kontes blogging.

Khusus untuk pembahasan kontes ngeblog saat ini lagi rame banget dan menjadi trend menarik sepanjang tahun 2011 ini. Ada banyak kontes menulis dilakukan melalui media blog dan social media dengan beragam topik. Mulai dari isu disabilitas, property, software akuntansi, jualan ban mobil hingga politik pencitraan anggota DPD RI. Masing-masing punya tantangan tersendiri. Dengan ikutan kontes ngeblog bisa ‘memaksa’ seorang blogger lebih tekun belajar SEO dan teknik menulis copywriting.

Reality Show Penghuni Terakhir Dunia Blogging
3 Hal Yang Mampu Membangkitkan Motivasi Blogging

2. Motivasi meraih mimpi di masa depan.

Setiap orang punya mimpi, termasuk juga Anda bukan? Entah itu mimpi untuk tujuan kepentingan pribadi maupun orang banyak. Mimpi pribadi misalnya pengen naik haji bareng ortu, ingin mengunjungi kota Los Angeles dan main ke bukit yang ada tulisan Hollywood, punya kantor di daerah segitiga emas dan lain-lain. Untuk mimpi yang bisa dinikmati orang banyak contohnya membangun masjid, bikin perpustakaan umum, membuat rumah singgah untuk anak jalanan, lebih banyak bersedekah untuk warga sekitar rumah dan lain-lain.

Apakah blogging bisa mewujudkan mimpi kita? Sangat mungkin. Dalam perjalanannya mungkin saja kita tidak sendirian mewujudkan mimpi itu dan melibatkan campur tangan orang lain. Misalkan ada pengunjung blog yang tertarik baca tulisan Anda dan memiliki ide yang sama untuk masa depan. Lalu dia mengajak menyebarluaskan mimpi tersebut ke teman-temannya yang lain sehingga makin banyak yang ikutan. Secara nggak langsung internet membantu kita menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan mimpi dengan kita.

3. Terlanjur ngetop dan takut kehilangan penggemar.

Apakah Anda saat ini sudah punya ribuan subscriber blog dan teman-teman dalam beberapa komunitas di internet? Maka saran saya jangan keburu berhenti ngeblog. Jaringan kerja di internet adalah salah satu modal penting untuk menjadi sukses di masa depan. Sekali Anda memutuskan kontak dengan mereka, apa lagi dalam jangka yang lama, maka diperlukan usaha ekstra untuk meraih kembali. Kalau Anda terlanjur jadi orang ngetop di internet, maka jangan tinggalkan penggemar, fans berat dan komunitas Anda begitu saja.

Apapun persepsi Anda tentang arti popularitas, entah baik atau buruk, jika Anda bisa bijak memanfatkannya maka akan menghasilkan banyak keuntungan. Jadi orang beken itu memang mengandung resiko. Resiko dimintai tanda tangan #halah, resiko kehidupan pribadi diganggu, maupun resiko jadi pusat perhatian publik. Tapi sejauh mana kita bisa mengelola resiko tersebut menjadi sebuah keuntungan disitulah letak seni blogging. Kecanggihan teknologi dengan majunya social network menjadikan kita harus pintar mengambil langkah.

Itulah beberapa hal yang mampu membangkitkan semangat blogging seseorang. Bagaimana dengan Anda, hal apakah yang bisa membuat Anda tetap bertahan ngeblog sampai saat ini?

Enjoy blogging, enjoy writing!

55 Replies to “3 Hal Yang Mampu Membangkitkan Motivasi Blogging”

  1. Target akhir saya adalah ngasilin duit dari blog ini. Dengan share ilmu, akhirnya traffic terus meningkat, dan sudah bisa mulai jualan produk dan lain-lain. Alhamdulillah. Makasih atas artikel motivasinya. Barakallah fiika.

  2. itupun yang dirasakan sebagian besar para blogger .

    Banyak tantangan, halangan, toh kalau memang memiliki tujuan pasti dan jelas , seperti yng diutarakan pada poin 2
    sesakit apapaun saya, anda dan kita semua, pasti bangkit untuk menulis, menulis dan menulis
    meskipun hingga tengah malam, sampai latopatau pcanda panas…

  3. kesenangan berbagi ilmu. Itu mungkin salah satu hal kenapa aku masih konsisten ngeblog, even income from internet marketing udah jauh ga seperti dulu lagi. Orientasi pun sudah mulai berubah. Sekarang lebih suka sharing. πŸ˜€

  4. artikelnya sangat mengena nich bagi blogger terutama yang pertama he he tapi fokus pada duit akhirnya jenuh juga. Yang penting blogging dan blogging. Bisa bermanfaat buat orang lain sudah sangat bahagia. Duit soal yang kedua.

  5. Nice sharing info mas…
    Sebagai newbie di dunia nge-blog, saya bikin blog buat bagi-bagi ilmu dulu lah walaupun ga terlalu aktif maklum kerjaan kantor lagi numpuk.. πŸ™‚

  6. I simply want to say I’m new to weblog and absolutely liked this web site. Almost certainly I’m want to bookmark your site . You definitely come with good article content. With thanks for sharing with us your blog site.

  7. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *