3 Jurus Berpikir Kreatif Dari Creathinx

Menggali ide itu gampang-gampang susah. Seringkali kita sudah jungkir balik menyusun kata-kata tapi nggak dapat hasil yang menyenangkan. Sebaliknya, seringkali ide datang di tempat-tempat yang nggak pernah terpikirkan sebelumnya, misalnya di kamar mandi. Eh, kalau yang ini sepertinya dialami oleh sebagian besar orang. Waktu di kamar mandi pikiran bisa rileks dan tanpa beban. Sehingga ide-ide segar bermunculan secara bebas.

Namun apakah Anda harus mengandalkan kamar mandi supaya punya ide segar? Memangnya Anda mau camping di kamar mandi. Hehehe.Yang pertama dilakukan adalah siapkan diri untuk menjadi kreatif, baik secara fisik maupun pikiran. Secara fisik Anda harus sehat supaya kuat ngetik di depan laptop berjam-jam. Secara mental Anda seharusnya merasa bergembira menyambut datangnya ide, bukannya lagi terpaksa seperti orang dipaksa bayar cicilan kredit motor.

Kalau sudah siap, selanjutnya adalah melancarkan 3 jurus berpikir kreatif yang disusun Oom Hengki Setiawan dalam seminar menggali ide kemarin. Kali ini saya batasi untuk ide menulis artikel saja. Kalau untuk aplikasi bidang lain, mungkin bisa Anda dapatkan di melalui Googling. Apa saja 3 jurus itu? Ini dia…

1. Lirak Lirik.

Yang dinamakan lirak-lirik bukan hanya mata lho, tapi juga bermain persepsi atau pikiran sendiri. Amati kondisi sekeliling Anda, lihat hal apa yang belum ada dan apa yang sudah ada. Nggak peduli ide Anda terkesan khayalan tingkat tinggi atau bahkan mustahil. Let it flow! Bebaskan diri berkreasi. Kalaupun nanti ide itu sudah ada yang punya, nggak masalah. Telat satu langkah itu lebih baik daripada nggak melangkah sama sekali.

2. Mudah Terangsang.

Eits! Jangan keburu berpikiran jorok. Mudah terangsang bukan berarti pengen buru-buru bercinta lho. Dalam konteks ini mudah terangsang berarti berpikiran positif terhadap karya orang lain, mudah mengagumi karya spektakuler yang telah ada dan tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Kalau sekedar kagum tapi tidak mau ambil tindakan maka tak ubahnya Anda seorang groupies yang tersepona lihat penampilan grup band idola.

3. Tidak Pernah Puas.

Bisa jadi saat ini Anda sudah termasuk ke dalam golongan orang-orang kreatif. Namun kreatifitas yang tidak pernah dikembangkan akhirnya akan berkarat dan hilang sentuhan masterpiece-nya. Oleh karena itu, kreator sejati tidak pernah berhenti berkarya, selalu mencari ide-ide baru dan punya nyali untuk tampil beda dan mendapatkan pro-kontra di kalangan pembaca.

Lalu ada pertanyaan, gimana dengan pola ATM (Amati-Tiru-Modifikasi) yang selama ini banyak dilakukan para pemula di dunia blogging? Kalau kita bicara kreatifitas, sebenarnya kreatifitas itu ada levelnya. Nah, menurut Oom Hengki prinsip ATM adalah kreatifitas KW 5 alias kreatifitas paling bawah di kelasnya. Mengapa paling bawah? Karena ide awalnya sudah ada dan pelaku ATM tinggal permak sana-sini untuk memberi sentuhan khas sesuai karakternya.

So, seberapa kreatifkah Anda? Tulisan Anda masuk KW berapa? πŸ™‚

58 Replies to “3 Jurus Berpikir Kreatif Dari Creathinx”

  1. Kreatif??

    I like it…

    Kalau saya justru lebih condong pada nomer 3 mas. hehehe
    saya tidak pernah puas ketika menuangkan suatu ide. Meskipun banyak juga yang mendukung dan yang mencemooh ide saya, pada akhirnya saya bisa buas juga akan hasil kreatifitas saya.

    Nah, saya mau penilaian mas agus ne, postingan saya di http://ismailonline.com itu sudah kreatif blm mas jika dilihat dari sudut “Internet Marketing” ?

    Penilaian jelek juga saya terima ko’. hehehe

    1. Sekilas saya menilai blog mas Ismail kurang greng. Dalam artian, nggak ada satu hal yang bikin saya kangen main kesana. Kita bisa menciptakan candu bagi pembaca dalam beberapa hal, misalnya: lay out blog, gaya penulisan, topik artikel, frekuensi penerbitan dan hubungan antar blogger di luar sekup blogging.

  2. Jurus maut nih mas dan harus ada jika ingin kreativitasnya berkembang,,, Saya mungkin masih yang KW 5 itu soalnya masih rancu juga dengan pengertian modifikasi di ATM dan inti tulisan ini.. Seperti kata mas Agus telat satu langkah tak apa, hehe

  3. numpang lewat aja setelah membaca artikel ini dan menyerap ilmunya. Tidak pernah puas, point terpenting menurut saya.

  4. Kayaknya semua jurus di atas harus dicoba siapa tahu bisa membangkitkan chi kreatifitas di otak kita. Mantap.

  5. saya berusaha se kreatif mungkin..
    smoga benar2 kreatif.
    karena yang dapat menilai orang lain bukan saya..
    bagaimana tulisan saaya diblog mas agus ? uda kreatif atau kaga kreatif ?

  6. yg saya alami mempunyai ide kreatif itu sudah didapat dan tahap berikutnya menjadikan ide itu menjadi kenyataan.. Ini yg tantangannya cukup besar dan membutuhkan networking yg luas

  7. Saya mudah terangsang mas, apalagi kalo baca artikel2 jenis ini hehe πŸ˜€
    Dan terus terang, saya juga masih repot ngurus liarnya ide-ide kreatif ini. Apa memang sulit ya menyetir daya kreativitas?

  8. mmmmm saya lebih ke nomer satu mas….
    suka mikirin hal-hal yang menurut saya kurang dan biasanya dari situ nongol dah ide”
    tapi terkadang susah menyalurkan hasrta eh maksudnya ide yang udah ketemu apalagi kalo saking khayalan tingkat tinggi πŸ˜€
    dan kalo masalah tulisan saya KW berapa? hmmmmmm ori dong, kan saya sendiri yang bikin bukan hasil jiplak πŸ˜†

  9. askum smua saya asal dri medan tpi sekarang menetap di kuala lumpur…..ya saya ingin brkenalan sama smua nya……..

  10. I guess that to receive the loan from creditors you must present a firm reason. However, one time I’ve got a consolidation loan, just because I wanted to buy a house.

  11. I have been browsing online greater than 3 hours today, but I never discovered any attention-grabbing article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all site owners and bloggers made excellent content as you did, the web shall be much more useful than ever before.

  12. Awas jangan salah pungut buah busuk loh. Tulisan mas Akbar menurut saya masih KW 5 deh. askum smua saya asal dri medan tpi sekarang menetap di kuala lumpur…..ya saya ingin brkenalan sama smua nya……..

  13. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *