Apa Kabar Para Jawara Kontes Menulis?

Hari ini adalah tepat setahun saya mengumumkan pemenang kontes menulis. Kontes yang berlangsung marathon dari tanggalΒ 1 Maret 2010 sampai dengan 29 April 2010 ini menampilkan 27 artikel kiriman kawan-kawan blogger. Acaranya berlangsung seru dengan menampilkan 4 juri yang memiliki kapasitas berbeda-beda sesuai bidangnya. Yaitu Arief Maulana, Fadly Muin, Hengky Kusuma Jaya dan saya sendiri.

Ada banyak kesan yang tertinggal dalam kontes yang sempat bikin saya stress ini. Ada rasa bangga, senang, lelah luar dalam, puyeng menghandle tulisan kontroversi hingga pengumuman penjurian yang sempat molor karena terlalu banyak peserta sementara jurinya pada sibuk sendiri. Hehehe. At least, saya sudah mencoba memberi warna baru blogging Indonesia yang sedang dilanda kelesuan.

Bagaimana dengan nasib para jawara dan kontestan? Meski syarat tulisan harus bisa memotivasi blogger untuk rajin update artikel, ternyata sebagian besar penulisnya sendiri kesulitan mempraktekkan. Bahkan ada yang sudah pensiun dari dunia ngeblog πŸ™‚ Yah, saya nggak bisa memaksa mereka untuk terus menulis. Bisa jadi mereka memiliki prioritas lain yang lebih penting dan darurat untuk dilakukan.

Tiga orang juara kontes menulis yang hadiahnya hasil urunan 4 juri adalah Heri Suarakelana, Budhi K. Wardhana dan Joko Santoso. Untuk Pak Heri sudah lama nggak menulis sejak bulan November. Kalau mas Budhi ini sekarang sudah keluar dari kerjaan kantor dan lagi membangun bisnis pribadi. Yang paling mendingan adalah Pak Joko yang sedang membangun ulang blognya setelah database hangus karena serangan spammer.

Lalu apa kesimpulannya? Ngeblog itu seperti orang cari jodoh. Ada yang cocok ada pula yang tidak. Biasanya kita mencoba menjalani beberapa bulan. Selama itu kita menerka-nerka gimana karakter blogging, bagaimana prospek ke depan, apakah menguntungkan atau justru hanya buang-buang waktu. Dan setelah melewatkan masa bulan madu, akhirnya seleksi alam berlangsung dan menyisakan orang-orang yang secara mental sudah kecanduan ngeblog dan menjadikannya sebagai budaya hidup.

Enjoy blogging, enjoy writing!

35 Replies to “Apa Kabar Para Jawara Kontes Menulis?”

  1. Wah, dulu saya ikutan. Tapi ngga menang.. Dulu masih newbie dan sekarang juga masih dink.. hehe.
    Ngga ngadain kontes lagi mas? Hadiahnya iPad gitu.. πŸ˜€

  2. hehehhe entah kenapa saya paling anti ikut kontes. Karena menurutku biasanya orang ikut kontes utk diakui sebagai penulis. Padahal kita baru bisa menjadi penulis jika kita menulis rutin dan konsisten… terus… hehehe
    Karenanya aku tidak mau menulis pekerjaan : Penulis. Cukup tulis : Blogger πŸ˜€

    EM

  3. kalau diadain lagi saya pengen ikutan juga mas. hehe, mumpung masih berjodoh dengan blog nih. hehehe.

    1. iya deh..
      sepertinye ente cocok pake kamaropini . . daripada demo,mending nulis wkwkwkwkw
      kalo ude cinte ame blogging ga bsa lepas

  4. kalo ngeblog buat cari duit, mau gak mau harus tetep ngeblog. untuk saya, ngeblog gak harus ngoyo. palagi sekarang bisnis saya makin banyak dan makin serius.. better fokus di bisnis lah, daripada ngeblog cuma ngumpulin komentar :))

    1. Hahahaaa, betul itu… Kata-katanya dalem banget… Coba aja banyak blogger yang baca ini pasti tertusuk.. :-p

      Ikut kontes itu menurut saya dapat juga dijadikan sebagai tolak ukur, seberapa bagus kita membuat tulisan yang mudah dipahami pembaca dan pembaca selalu inggin kembali melihat tulisan-tulisan kita selanjutnya,…

      1. Saya juga kena nyesek ma komengnya mas hengky tuh, makanya saya mengurangi porsi “ngumpulin receh komeng”. hehehe sekarang saya lagi fokus ngumpulin artikel dengan backlink internal. Blogging lancar bisnis lancar insyaallah sukses.

  5. Mau koreksi saja mas, saya belum keluar kerja kok. Yang sudah keluar adalah isteri saya dan sekarang saya sedang support dia untuk merintis bisnis pribadi. Kalau tidak aral melintang dan bisnis isteri saya sukses, saya akan mengikuti jejaknya. Mudah-mudahan akhir tahun ini atau awal tahun depan saya berencana untuk resign.

    Tentang ngeblog, saya lagi menyisihkan waktu untuk kembali menulis yang sempat tersita karena kesibukan kerja. Kerinduan untuk menulis selalu ada. Mudah-mudahan dalam minggu ini saya bisa menulis lagi buat mengisi dunia kaum blogger.

  6. Wah waktu itu saya tidak mengikuti nih mas… Waktu itu belum aktif ngeblog baru instal wp aja…
    Ngeblog juga butuh konsistensi mas, perlu banyak belajar nih dengan para mastahnya…

  7. Sampai sekarang saya masih berkomitmen untuk terus ngeblog. Bagi saya, ngeblog bukan sekedar untuk cari uang atau menemukan komunitas baru, lebih dari itu, bagi saya ngeblog adalah bagian penting dalam pengembangan diri saya. Semoga saya bisa tetap konsisten ngeblog.

    Terima kasih buat mas Agus Siswoyo untuk tulisan-tulisannya yang menginspirasi.

  8. hehe jadi terkena juga nih. nasib saya mudah-mudahan berjalan terus cuma perjalanannya tidak ngebut-ngebut seperti dulu πŸ™‚

  9. wah.. sayang sekali tanggal segitu blog saya belum lahir, adakan lomba menulis lagi donk mas.. hehehe πŸ˜€

  10. An exceptionally good post. This short article covers for me exactly what this particular topic depends upon and some of the important benefits that can be resulting from being aware of it as being if you. A friend once remarked that you have a completely different way of thinking when you make a move for several instead of when youre simply just toying by using it. In the case of this sort of topic, I believe you are taking, or even start to think of, a more professional in addition to comprehensive approach to each exactly what and just how you are writing, which in turn helps you to carry on and get much better and guide other people who have no idea anything about what you’ve discussed here. Thanks.

  11. First off, I wish to thanks in the outstanding as well as educational entry. I will need to acknowledge which often, We havent noticed relating to this info. We have noticed quite a few brand new information with regard to cause. Many thanks a lot for giving this particular effective as well as fascinating information. We’re waiting around pertaining to other thrilling posts due to you from the closest long run.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *