Arti Kata Iwak Peyek Bagi Warga dan Blogger Jombang

Foto Trio Macan
Foto Trio Macan

Hallo blogger Indonesia yang unyu-unyu! Semoga hari ini masih semangat ngeblog dan aktif membangun jejaring sosial. Sesuai judul di atas, artikel ringan kali ini akan membahas arti kata iwak peyek bagi masyarakat Jombang, khususnya kalangan blogger Jombang. Apa sih arti iwak peyek? Bagaimana awal mula lagu iwak peyek bisa populer di telinga masyarakat Indonesia? Benarkah lagu iwak peyek bermuatan pornografi? Ayo kita obrolin disini.

Lagu iwak peyek, setahu saya, pertama kali dinyanyikan oleh kelompok musik Sagita dari kota Nganjuk, Jawa Timur. Siapakah grup musik Sagita? Untuk mengetahui profil Sagita Grup, silakan baca artikel Fenomena Dangdut Sagita dan Salam Asolole yang pernah saya tulis di blog The Jombang Taste. Orkes Melayu (OM) Sagita ngetop karena pertunjukan musik dangdut yang mereka tampilkan menggabungkan unsur kuda lumping sebagai kesenian asli Jawa Timur. Setiap kali OM Sagita manggung, dipastikan masyarakat setempat akan tumpah ruah ke lokasi pertunjukan.

Kosakata iwak peyek terdiri kata iwak dan peyek. Iwak artinya ikan. Ikan juga menjadi sebutan untuk lauk-pauk yang dimakan bersama nasi. Sedangkan peyek adalah singkatan dari rempeyek, yaitu sejenis makanan gorengan yang terbuat dari adonan tepung, kacang tanah, kedelai atau ebi kering. Rempeyek biasanya disajikan bersama makanan nasi pecel, baik Pecel Kediri, Pecel Nganjuk, Pecel Jombang maupun beragam varian nasi pecel di seluruh tanah air.

Lirik Lagu Iwak Peyek Mudah Dihapal

Lagu iwak peyek saat ini sedang ngetop dan dinyanyikan oleh Trio Macan. Aksi panggung tiga wanita berpenampilan atraktif tersebut terbilang fenomenal. Apalagi Andre OVJ berkreasi membuat gerakan yang unik dan lucu. Lagu Iwak Peyek yang semula dicap agak seronok, malah balik populer dan disukai oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena nada dan lirik lagu Iwak Peyek sangat familiar dan mudah dihapal. Lagu bernada riang ini disukai oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Beberapa kawan blogger Jombang sendiri pernah membahas lagu-lagu Album Ngamen 1, Ngamen 2 dan Ngamen 3 dari OM Sagita, salah satunya adalah lagu Iwak Peyek. Mereka suka bikin pantun lucu-lucuan untuk mengakrabkan percakapan antar blogger. Lirik lagu Iwak Peyek pun diubah menjadi kata-kata kocak dan membuat pendengarnya tertawa. Bagi blogger Jombang, lirik Iwak Peyek yang diplesetkan misalnya…

Iwak peyek… iwak peyek… iwak peyek nasi jagung, Sampai tuwek, sampai matek, blogger Jombang tetap disanjung. Iwak peyek… iwak peyek… iwak peyek nasi krawu, Sampek tuwek, sampek matek, blogger Jombang tetap bersatu.

Terlepas dari isu pencekalan lagu Iwak Peyek dan pro-kontra yang ditimbulkan, meroketnya popularitas lagu Iwak Peyek adalah bukti bahwa masyarakat Indonesia masih cinta dengan budaya sendiri di tengah arus modernisasi. Kreatifitas menciptakan lagu berdasarkan pengalaman hidup sehari-hari akan mampu menjadi media ekspresi berbagai kesenjangan sosial yang berlaku di masyarakat. Bagaimana dengan Anda Anda? Suka lagu Iwak Peyek juga? Salam Iwak Peyek!

Iwak peyek… iwak peyek… iwak peyek susun empat, Sampai kakek, sampai nenek, blogger Indonesia tetap semangat!

One Reply to “Arti Kata Iwak Peyek Bagi Warga dan Blogger Jombang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *