Artikel Blog Terkesan Berat Dibaca, Salah Siapa?

Pilihan kata dalam artikel blog hendaknya diciptakan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami pembaca. Untuk segmentasi pembaca yang berbeda membutuhkan cara penyajian yang berbeda juga.

Waktu jajak pendapat di artikel minta saran kemarin ada beberapa teman blogger yang bilang kalau artikel blog motivasi blogging ini akhir-akhir ini cenderung semakin berat dibaca dan dipahami. Mereka menyatakan agak susah memahami kata-kata yang saya pilih dalam posting. Well, hal ini mengingatkan saya kepada hal serupa yang dialami oleh mas Fadly Muin saat masih aktif ngeblog dulu. Apa yang menyebabkan artikel jadi sulit dipahami? Mari kita bahas.

macam macam artikel blog
macam macam artikel blog

Kesalahan Dalam Pemilihan Kata

Diksi atau pilihan kata memang hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap blogger jika mereka ingin membangun komunikasi intensif dengan pembaca. Kecuali kalau nggak butuh komentar pembaca, Anda bisa nulis semaunya sendiri. Kesalahan memilih kata-kata yang tepat bisa menimbulkan miskomunikasi. Memang saya akui, beberapa waktu kemarin saya terlalu kaku ketika bertutur dalam artikel. Yah, menyesuaikan kebutuhan personal branding lah. Hehehe. Tapi ternyata dalam perjalanannya terdapat hal-hal yang berkembang di luar prediksi.

Ya sudah, akhirnya saya menyadari hal ini sebagai salah satu warna dalam perjalanan blogging saya. Saatnya kembali menjadi diri sendiri dengan bahasa yang gue banget. Bagaimana gaya penulisan saya? Nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Terlalu indah untuk diungkapkan. #lebaydotcom Buat teman-teman blogger lama yang masih rajin main kesini pasti paham bagaimana karakter saya sebenarnya. Baik hati, rajin menabung, patuh pada orang tua, dan makannya sedikit. Hahaha.

Artikel Blog Terkesan Berat Dibaca, Salah Siapa?
Artikel Blog Terkesan Berat Dibaca, Salah Siapa?

Peningkatan Vocabulary Vs Keinginan Pembaca

Hal lain yang mempengaruhi gaya penulisan artikel blog ini adalah kebiasaan saya baca-baca blog luar negeri sono. Ada beberapa blog favorit yang berhubungan dengan topik bisnis online, freelance writer, wordpress, dan self development. Saya berlangganan feed mereka melalui akun Twitter. Jadi, tiap kali mereka update saya mendapat notifikasi dari Twitter dan nggak pernah ketinggalan info. Akibatnya adalah bahasa saya jadi tertular mirip-mirip mereka. Inilah susahnya kalau terlalu rajin pantau jejaring sosial.

Celakanya, penambahan vocab yang saya miliki ternyata nggak sesuai dengan keinginan pembaca blog ini. Karena audience blog ini memiliki bermacam-macam latar belakang pendidikan dan interest, mereka tidak serta merta langsung ngerti kalimat yang saya tulis di artikel. Mungkin terkesan too high akibat saya terlalu memaksakan kosakata yang niche banget. Seharusnya pilihan kata yang tepat adalah dengan melakukan generalisasi kata atau menjadikan pembahasan hal yang terlalu sempit jadi memiliki makna lebih luas.

Dan kesimpulannya, kalau artikel blog jadi terlalu berat untuk dipahami itu salah siapa? Jawabnya: yang salah adalah yang masuk penjara. Hehehe. Peningkatan kosakata adalah hal yang wajar seiring dengan banyaknya referensi yang didapat. Meski demikian, pembaca juga perlu selalu meng-upgrade kemampuan yang dimiliki agar mampu mengikuti perkembangan dunia blogging. Narablog bisa senang, pembaca juga senang.

foto jonas sulzbach mister brazil 2010 dan miss brazil 2010
foto jonas sulzbach mister brazil 2010 dan miss brazil 2010

Bagaimana menurut Anda? Masih terasa berat buat pahami artikel ini?

53 Replies to “Artikel Blog Terkesan Berat Dibaca, Salah Siapa?”

  1. Saya sendiri sebenarnya agak sulit menghindari penggunaan kosakata yang berpotensi tidak dipahami pembaca. Terlebih belakangan ini saya cukup sering membahas hal-hal seputar teknologi informasi. Namun sebisa mungkin saya imbangi dengan penjelasan yang sekiranya bisa membuat pembaca mengerti (walaupun ada juga beberapa kata/istilah yang tidak saya jelaskan maknanya.

    Oya, kesan berat menurut saya tidak sebatas terkait pada pilihan kata, namun juga bagaimana mengemasnya dalam gaya bahasa atau rangkaian kalimat yang baik. Dalam artian, kita tetap bisa menggunakan pilihan kata yang teknis atau berpotensi kurang dipahami, namun bagaimana caranya agar tetap bisa dipahami oleh target pembaca. Itu tantangan juga bagi penulis…heheheh

  2. intinya singkat, padat dan jelas πŸ™‚ loading blog jg jgn lma2 ntr visitor kbur kelamaan nunggu πŸ˜€ jgn lupa mampir ke eMingko Blog

  3. saya sendiri dalam penulisan sering kali membingungkan diri sendiri dalam kosakata…
    rangkaian kata yang tidak jelas menjadikan pembaca kebingungan
    luo punya solusi!!! mohon solusinya

  4. Di blog saya belum ada keluhan penggunaan kata terlalu tinggi, atau memang artikel saya masih “rendahan” kali ya. πŸ˜€
    Saya termasuk pembaca yang aktif, seringkali berulang-ulang membaca pada bagian yang tidak paham atau jika tidak mengerti saya akan mencari referensi lain dari Google. Tapi sayangnya tidak banyak pembaca yang seperti saya. πŸ˜€

  5. sering saya alami mas, apalagi untuk membuat tulisan itu benar2 dapat dibaca untuk strata pembaca pada umumnya adalah sulit sekali… hehe. tapi tetap bisa dilakukan, hanya butuh waktu yang lama agar artikel itu benar2 renyah dan gurih berisi. ringan dibaca, tapi gak omong kosong. hehe.

  6. Tidak semua orang tahu padahal ini penting,terutama bagi para guru,orang tua dan para pelajar serta orang rumah tangga bahwa dengan majunya teknologi kita semua harus bisa memilah dan mimilih semua informasi dan komunitas di dalamnya terutama yang berkaitan di internet lebih khusus lagi yang berhubungan dengan situs pertemanan.

  7. hmmm kalau menurut saya justru saya belajar kosa kata baru dari blog-blog…tapi memang sih jika dalam satu posting memakai kosa kata berat, dengan topik yang berat, sudah pasti saya skip hehehe.
    Senangnya membaca tulisan mas Agus ini adalah pemakaian bahasa Indonesia baku dan tidak memaksakan pemakaian bahasa Inggris. Hebat deh pokoknya.

  8. I think you will want to put a twitter button to your site. Just marked down this blog, however I had to do it manually. Just my 2 cents.

    My site:

  9. Blogger bukan untuk blogger. Blog bukan untuk blog. Blogger untuk orang lain. Demikian juga blog. Jika membuat blog tidak memperhatikan orang lain pasti blognya akan segera/cepat layu ditinggalkan banyak orang. Jadi buatlah blog yang bisa dimengerti orang lain. Setuju sekali dengan artikel anda. Thanks

  10. It’s important to keep in mind, that not all ghost writers are skilled in all kinds of writing. Many times, ghost writers earn a quite a nice salary do something they love, which is writing. Ghost writers are more common than you think. Of course, not all people who use ghost writers are going to create books. Ghost writers are no new phenomenon. Ghost writers are drawn from those vast majority writers who do not have big book contracts of their own. In many countries, academic thesis ghost writers are a major industry, providing a nice income for students writing for senior executives. Anyway, ghost writers are also sometimes useful but what is surprising in this case is why so much of prominence was given to his “point of view”.

  11. Pretty part of content. I just stumbled upon your site and in accession capital to assert that I acquire in fact loved account your weblog posts. Anyway I’ll be subscribing in your augment or even I success you get entry to consistently rapidly.

  12. This is really interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and sit up for in the hunt for extra of your excellent post. Additionally, I have shared your site in my social networks

  13. I like the helpful info you supply for your articles. I’ll bookmark your blog and test again here regularly. I am quite certain I’ll learn a lot of new stuff proper here! Best of luck for the next!

  14. Hello there, just became alert to your weblog via Google, and found that it’s really informative. I’m going to watch out for brussels. I will be grateful if you happen to proceed this in future. A lot of people will be benefited out of your writing. Cheers!

  15. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  16. I need to say, as very much as I enjoyed reading what you had to express, I couldnt support but lose interest following a while. Its as should you had a good grasp on the subject matter matter, but you forgot to include your readers. Perhaps you should think about this from more than one angle. Or perhaps you shouldnt generalise so much. Its far better if you take into consideration what others may have to say rather than just going for the gut reaction for the theme. Consider adjusting your own thought procedure and giving other people who may study this the benefit of the doubt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *