Berpacu Dalam Blogging

Oleh: Ahmad Subandono

Disadari atau tidak, aktivitas blogging merupakan aktivitas yang sangat menguras tenaga, waktu dan pikiran. Diakui atau tidak, itulah kenyataannya. Yang terbiasa gak jujur silakan tutup blog ini!

Pernah saya membaca pengakuan seorang IM kondang di jagat maya ini, bahwa Internet Marketing sulit. Sampai dia berkata bahwa perkataannya itu berlawanan dengan kebanyakan perkataan para jagoan IM yang lain sejamannya.

Disaat jagoan IM lain berkata bahwa Internet Marketing itu mudah, gampang, cukup 2 jam sehari, tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama, bisa senantiasa berlibur dengan keluarga, dan bla bla bla yang lain, malahan dia menentang arus pendapat saat itu.

Dan saya pribadi lantang berkata..Internet Marketing itu sulit! Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dan ingat! membalikkan tangan kita sendiri pun juga perlu usaha.. Hanya jika engkau tahu caranya! Mana ada bayi baru lahir langsung bisa lari. Hanya kalau bayi itu tahu caranya, si bayi akan berproses…dan akhirnya bisa berlari kencang.

Selalu memacu semangat untuk belajar dan belajar dan belajar…dan terus belajar tiada lelah, akhirnya kita akan tahu caranya menjadi sukses. Ingat! Sukses juga membutuhkan waktu tidak sebentar. Jadi persiapkan bekal dari sekarang.

Ambil contoh, dalam blogging, yang selalu disebut menjadi raja adalah konten / isi artikel. Dan untuk membuat konten yang padat-berisi, butuh proses, ada hal yang harus dijalani. Diantaranya dengan berlatih menulis. Silakan cari referensi tentang latihan menulis ini dengan browsing atau bertanya pada ahlinya.

Yap, hanya dengan berlatih menulis, tentu menulis apa saja, sesuaikan dengan minat dan hobi, perlahan nikmati prosesnya..terus nikmati prosesnya, percayalah lama-lama nikmat juga! Senikmat coffe cappucino di pagi hari :)

Semoga bermanfaat, dan selamat berpacu dalam blogging. Terimakasih.

Salam Luar Biasa Sukses,

23 thoughts on “Berpacu Dalam Blogging

  1. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your site offered us with valuable info to work on. You’ve done an impressive job and our whole community will be thankful to you.

  2. Its like you read my mind! You seem to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the message home a bit, but other than that, this is fantastic blog. A great read. I will certainly be back.

  3. @ghe, okb…syukur kalau bisa dipahami, bahwa semua hal permulaannya pasti susah, yang penting dalam benak kita harus yakin bahwa semua yang terlihat secara fisik pasti bisa dikerjakan, hanya mau apa tidak

Leave a Reply